Jangan Gugup Dulu! Ini Dia Kisi-Kisi Tes Psikologi yang Sering Diujikan oleh HRD

Tidak hanya interview, tes psikologi juga sering kali menjadi salah satu tahap yang harus dilewati oleh para calon karyawan sebelum diterima bekerja di sebuah perusahaan. Banyak sekali kejadian ketika seorang calon karyawan telah lolos dalam tahap interview pertama, namun ternyata tidak lolos dalam tahap tes psikologi. Meskipun tidak semua perusahaan memberlakukan tes psikologi ini, tetapi tidak jarang pula banyak karyawan yang gagal dalam tahap ini.

Nah, untuk mempersiapkan tes psikologi yang mungkin akan kamu hadapi besok, yuk kita sama-sama pelajari kisi-kisi soal tes psikologi yang sering diujikan oleh HRD. Siapa tahu ini menjadi langkah awalmu untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian.

Kisi-Kisi Soal Tes Psikologi yang Sering Diujikan

1. Tes Kemampuan Dasar

Tahap pertama yang biasanya akan sering kamu hadapi di soal tes psikologi ialah mengenai kemampuan dasar. Biasanya di dalam soal tes ini akan terdapat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pengetahuan dasar seperti ekonomi, sosial, ilmu alam dan politik. Selain itu, biasanya lembar jawaban tidak berupa essay melainkan pilihan ganda layaknya soal ujian yang sering kamu hadapi di bangku sekolah dulu.

Maka dari itu, untuk mengetahui mengenai kisi-kisi soal tes psikologi tahap ini, ada baiknya untuk mencari tahu contoh-contoh soal melalui mesin pencarian Google, dan pastikan pula bahwa kamu selalu update dengan informasi dan berita-berita terbaru, karena tentunya soal yang akan muncul tidak akan jauh dari isu yang tengah terjadi saat ini.

2. Tes Intelegensi Umum

Selanjutnya ada tes intelegensi umum yang berisikan aneka ragam tes logika dasar, mulai dari matematika hingga deretan gambar. Setiap perusahaan biasanya memiliki tes intelegensi umum yang berbeda-beda, yang biasanya juga diurutkan dari soal paling mudah hingga yang paling sulit. Tujuan dari diadakannya tes ini ialah untuk mengetahui mental dan IQ dari calon karyawan.

Pastikanlah untuk mengerjakan soal ini dengan baik dan benar. Apabila kamu merasakan kesulitan, lewati saja dan langsung mengerjakan ke soal selanjutnya.

3. Tes Kraplien

Hampir diseluruh tes psikologi yang diadakan oleh perusahaan akan ada yang namanya tes kraplien ini. Di dalam tes ini setiap peserta akan diberikan selembar kertas seukuran koran yang berisikan deretan angka tidak urut. Nah, tugas dari para peserta ialah menghitung penambahan setiap dua angka secara vertikal serta mengisi jawabannya di setiap spasi antar angka tersebut.

Tujuan perusahaan dalam mengadakan tes ini ialah untuk mengetahui dan mengukur sikap kerja keras pekerja serta seberapa tahan mereka akan tekanan yang akan dihadapi. Selain itu, keuletan serta konsistensi dan pengendalian diri juga akan dinilai. Salah satu trik agar dapat lolos dari tes ini ialah dengan mengerjakan seluruh soal dengan konsisten dan fokus.

Setelah soal selesai dikerjakan, biasanya hasil jawaban akan membentuk grafik yang unik. Peserta yang dianggap memiliki daya tahan dan prestasi yang baik akan memiliki bentuk grafik yang tidak turun namun menanjak secara bertahap, stabil dan konstan.

Meskipun tes psikologi bukanlah penentu mengenai apakan kamu akan diterima di perusahaan tersebut atau tidak, namun tes ini memiliki peran yang cukup penting di dalam rangkaian proses penerimaan karyawan. Ada beberapa perusahaan yang mengadakan sesi interview terlebih dahulu, namun ada pula yang justru mengadakan tes psikologi sebagai tahap awal. Jika kamu justru hadir di perusahaan yang mengadakan tes psikologi terlebih dahulu, maka inilah yang menjadi penentu apakah kamu akan lolos ke tahap selanjutnya atau tidak.

Cobalah untuk mencari kisi-kisi soal tes psikologi yang terdapat di mesin pencarian google dan lakukan latihan soal secara rutin, dengan begitu kamu akan terbiasa dengan soal-soal yang terdapat di tes psikologi. Selain kisi-kisi dari ketiga soal tes psikologi, masih banyak lagi lho contoh soal yang perlu kamu pelajari. Ingin tahu kisi-kisi soal tes psikologi lainnya serta trik sukses menghadapi psikotes? Baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/soal-test-psikologi-hrd/

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: