Jogjakarta Travelling

Mengunjungi Lokasi Wisata Watu Tekek di Kulonprogo

Memiliki Ibukota Wates, Kulon Progo adalah sebuah kabupaten dari provinsi Yogyakarta yang menyimpan banyal lokasi alam yang indah. Memiliki camilan khas bernama geblek, Kulon Progo bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang perlu kamu kunjungi selanjutnya. Cukup naik pesawat dan rental mobil di Jogja, menempuh waktu selama satu jam dari kota Yogyakarta.

Ada lokasi wisata di Kulon Progo yang harus dimasukkan ke daftar perjalanan kamu, yakni Watu Tekek. Seperti apa sih Watu Tekek itu? Yuk, kita lihat!

Lokasi Tempat
Watu Tekek terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Sumigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Dari kota Yogyakarta membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke Kulomprogo. Setelah itu, untuk mencapai tempat ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Gunakan aplikasi peta online seperti Waze atau Google Maps untuk memudahkan mengambil jalur mana yang harus dilalui.

Rutenya dari arah kota Yogyakarta silahkan menuju ke arah Sendangsono lalu berlanjut ke arah Suroloyo. Patokan lokasi Watu Tekek, kamu bisa mencari Kedai Kopi Pak Rahmat, lalu akan menemukan sebuah pertigaan jalan, belok ke kiri. Setelah itu kamu akan menemukan banyak papan jalan yang mengarahkan ke lokasi Watu Tekek ini.

Daya Tarik Watu Tekek Kulon Progo
Nama Watu Tekek sudah menjadi sebutan akrab bagi para warga sekitar sana. Berasal dari bahasa Jawa, Watu berarti Batu dan Tekek berarti hewan Tokek. Konon katanya, dahulu banyak warga sekitar mencari hewan tokek di sekitar bebatuan di daerah ini. Para warga percaya bahwa hewan Tokek dapat memiliki khasiat sebagai obat untuk berbagai penyakit kulit.

Bagi yang pernah mengunjungi tempat wisata Kalibiru, Watu Tekek juga menawarkan pengalaman wisata yang tidak jauh berbeda. Indahnya pemandangan hijau yang luas kamu lihat dari tempat ini. Kamu akan melewati sebuah jembatan kayu untuk menuju sebuah pohon tinggi yang terpasang pagar kayu sebagai tempat untuk para pengunjung bisa duduk atau berdiri. Karena, faktor keselamatan dan keamanan pengelola Watu Tekek hanya memperbolehkan 4 orang yang ada di dekat pohon per sesinya. Tidak heran, jika sedang akhir pekan kamu akan melihat antrian yang panjang untuk ke tempat duduk itu.

Lokasi Watu Tekek kini semakin berkembang dan mulai banyak dikunjungi para masyarakat setempat hingga wisatawan dari luar kota. Banyak bunga-bunga cantik yang ditanam di sekitar area Watu Tekek. Banyaknya tanaman hijau serta warna-warni bunga menjadi objek foto yang bagus untuk selfie bersama teman-teman. Jika kamu bosan mengantri menuju tempat duduk pohon tinggi, coba berkeliling sekitar area Watu Tekek untuk menemukan objek foto lain yang tidak kalah bagusnya.

Tarif Tiket Watu Tekek
Harga tiket masuk tempat wisata Watu Tekek ini tergolong sangat murah. Kamu hanya perlu membayar uang parkir kendaraan sebesar Rp2.000,00* serta tiket masuk sebesar Rp4.000,00* per orangnya. Di sini juga tersedia beberapa penjual jajanan makanan yang bisa dibeli seperti nasi jagung, ingkung sayur serta berbagai lauk seperti tahu, tempe. Harganya juga masuk akal sesuai dengan kantong, sekitar Rp200.000,00* per porsi yang bisa dinikmati hingga 5 orang dengan lauk ayam atau ikan. Lebih murah lagi, dengan lauk tahu tempe akan merogoh kocek sekitar Rp100.000,00* per porsinya.

Jadi, kini jika berkunjung ke Yogyakarta atau Kulonprogo, kamu punya lokasi wisata baru yang bisa dikunjungi bersama kerabat dekat kamu. Watu Tekek merupakan destinasi favorit bagi masyarakat Kulonprogo untuk menghabiskan akhir pekan di tengah alam yang asri.

Selain di Kulonprogo, ada loh tempat wisata lain untuk melihat hamparan pemandangan hijau seperti di Bali. Bernama Bukit Belong di sini kamu bisa meliohat hamparan sawah padi luas yang menakjubkan. Cukup pesan tiket pesawat dan cari sewa mobil di Bali  untuk memulai perjalanan kamu. Selamat berlibur semuanya!

6 komentar

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s