tips reveiw ala travel blogger

Tips Review Hotel Ala Travel Blogger

Sudah menjadi ritual jika seorang travel blogger menginap di hotel pasti membuat ulsasan . Tujuan utamanya jelas memberikan informasi  kepada pembaca melalui pengalaman pribadi. Konon  ulasan seorang jurnalis warga terasa lebih lugas  dan jujur karena mewakili sisi konsumen sebenarnya.

Tapi apakah membuat tulisan review kamar hotel itu mudah? Kalau isi tulisan menyadur katalog yang isinya informasi harga , fasilitas dan gambar kamar untuk apa mengulasnya di blog. Saya rasa semua informasi ini dapat mudah diperoleh dari situs resmi dan media sosial hotel.

Berikut beberapa tips review hotel ala blogger:

  1. Nilai Lebih

Sebelum mengulas hotel lebih detail biasanya saya akan mencari kelebihan yang tak dimiliki hotel lain. Kelebihan bukan hanya standar fasilitas hotel yang diwakili oleh bintang. Keramahan petugas hotel bisa menjadi kelebihan yang mungkin dijumpai di tempat lain.

Coba ulas nilai lebih suatu hotel misal hotel cocok untuk liburan keluarga
Coba ulas nilai lebih suatu hotel misal hotel cocok untuk liburan keluarga

Banyak hal yang bisa diulik untuk melihat nilai lebih suatu hotel, mulai dari desain, konsep,  posisi, segmen pasar, kuliner  dan lain-lain. Untuk mudahnya kamu dapat menggali informasi ini dari pemilik hotel,  Marcom hotel dan tamu yang sedang menginap.

2. Tak Hanya Visual

Agar dapat memberikan deskripsi yang lengkap sebuah hotel,  saya akan menyentuh material dinding dan lantai  sebuah bangunan. Kira-kira nuansa  apa yang akan dihadirkan dari materialnya  dan elemen interior yang ada.  Mengamati dengan seksama tak hanya dengan indera penglihatan tapi juga indera lain, seperti penciuman misalnya. Imajinasi yang terlahir dari aroma kayu dan tekstur terkadang melahirkan imajinasi tak terduga.

Tak hanya visual mengenal hotel yang kamu tempati
Tak hanya visual mengenal hotel yang kamu tempati

3. Informasi Super Lengkap

Jika kamu bisa memberikan informasi lebih lengkap dari situs resminya itu adalah hal luar biasa. Jarang blogger yang bisa mengulik secara lengkap dan detail hotel yang ia singgahi. Apalagi jika hanya menginap satu dua malam. Untuk itu dibutuhkan keleluasan waktu dan energi lebih untuk dapat mengenal setiap jengkal hotel.

Kalau informasi yang kamu berikan sama dengan website official untuk apa buka blog kamu?
Kalau informasi yang kamu berikan sama dengan website official untuk apa buka blog kamu?

4. Sentuhan Personal

Bertutur secara alami tentang pengalaman hotel yang kamu singgahi tak hanya memberikan informasi kepada pembaca tapi juga mengajak mereka untuk berimajinasi tentang pengalaman mu di hotel. Pengalaman tak harus indah, terkadang kisah  sedikit horor atau kelenik  akan mengundang rasa ingin tahu orang.

Ceritakan pengalaman personal mu , bisa pengalaman sendiri atau bersama teman-teman
Ceritakan pengalaman personal mu , bisa pengalaman sendiri atau bersama teman-teman

5. Foto Terbaik

Apa buktimu kamu pernah singgah di hotel yang kamu ulas. Jelas foto, biar tidak dibilang hoax. Ciptakan foto terbaik versimu dan bukan dari mesin  pencari google yang kamu tempel kembali di blog mu. Buat foto sebanyak mungkin agar kami bisa menunjukan deatil  hotel yang kamu ulas kepada banyak orang.

Jangan pernah puas memfoto kamar hotel dari satu sisi
Jangan pernah puas memfoto kamar hotel dari satu sisi

Biasanya saya akan sarapan lebih awal untuk dapat memfoto menu sarapan terbaik sebelum diacak-acak oleh tamu lain dan memfoto kamar sebelum ditiduri. Minta ijin kepada petugas untuk memfoto tempat-tempat privasi atau area publik yang banyak orang seperti kolam renang.

6. Video

Jika punya waktu luang saya biasanya  akan membuat ulasan dalam bentuk video. Selain untuk dokumentasi pribadi dan mengasah kemampuan membuat video. Memenuhi hasrat orang-orang  tidak puas dengan foto atau ulasan tulisan di internet. Mereka mau melihat video hotel yang akan mereka sambangi. Nah untuk kamu yang punya channel youtube, lumayan untuk mengisi konten channel kamu dan menambah viewer.

Video di hotel maksudnya video review bukan video pribadi :D
Video yang dimaksud bukan video pribadi kaya gini.

7. Jujur

Meski kamu diendorse oleh hotel buatlah ulasan yang jujur dan berimbang. Tidak terlalu mengada-ada tapi juga tidak menjatuhkan. Daripada kamu menulis hal-hal negatif, sebaiknya memberikan kritik  membangun atau saran. Semoga apa yang kamu tulis memberikan banyak manfaat kepada banyak orang termasuk pemilik atau pengelola hotel agar mereka dapat meningkatkan pelayanan.

Jujur apa yang kamu rasakan ketika duduk di kamar dengan pemandangan seperti ini?
Jujur apa yang kamu rasakan ketika duduk di kamar dengan pemandangan seperti ini?

8. Trip Advisor

Tak ada salahnya kamu membagikan ulasan mu di trip advisor yang merupakan salah satu website jalan-jalan terbaik. Selain kamu bisa mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan reward tertentu. Di situs ini kredibilitasmu sebagai seorang pengulas atau reviewer akan dicatat. Dan tidak menutup kemungkinan  hotel lain akan mengundang karena kepiawaianmu. Karena hotel-hotel besar selalu memantau trip advisor sebagai salah satu cara mengukur tingkat kepuasaan tamu.

9. Cantumkan Alamat & E-mail

Hal remeh tapi sering terlupakan adalah mencantumkan alamat hotel, kontak dan email hotel yang kamu ulas. Jangan sampai kamu mengulas hotel a sampai z tapi orang akan kesulitan mencari hotel yang dimaksud. Jika kamu blogger yang baik hati, tambahkan  peta dan penunjuk jalan ke hotel dari bandara atau terminal bus terdekat. Informasi itu akan sangat berguna apalagi jika kamu melengkapinya how go there dengan transportasi umum.

Ini tips mengulas hotel versi travel blogger. Kalau kamu punya tips tambahan silakan menuliskan di kolom komentar di bawah.

15 pemikiran pada “Tips Review Hotel Ala Travel Blogger

  1. aku juga udah mulai mengulas review hotel di tripadvisor.. anggap aja ucapan terimakasih kita terhadap hotel tersebut ya,… bagus ya kukasi banyak bintang, kalo standar yang bintangnya juga dikit.. heheh

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s