Dicari Foto Ekspresi Indonesia Banget

Punya hobi piknik tapi kantong cekak lalu bagimana solusinya. Ya cari penghasilan tambahan dong Kak. Caranya macam-mana, bisa  jualan paket wisata,  membuka jasa titip barang saat travelling. Tapi sebetulnya ada sumber rejeki lain  yang mungkin selama ini yang  terabaikan oleh kita.  Itu koleksi foto jalan-jalan  di hardisk, sebetulnya  bisa dijadikan uang. Tahukah kamu foto-foto itu harta karun dan bisa dijual. Nggak percaya?

Hai para penghobi fotografi  dan pembuat konten kece,  tahukah kamu kalau banyak sekali agensi atau brand yang kesulitan mencari foto ekpresi (wajah) yang Indonesia banget untuk  keperluan marketing dan storytelling.  Nah sebetulnya ini peluang besar bagi kamu yang memiliki banyak koleksi foto.
Pixamola jualan foto di Indonesia
PIXAMOLA.com jualan foto di Indonesia
Peluang gimana Kak. Dijual ke siapa. Memang ada yang mau beli.
Pernah mendengar  PIXAMOLA.com, sebuah situs penjual stok foto yang nantinya akan menjadi penghubung kamu dengan pembeli . Seperti sebuah galeri di PIXAMOLA.com , foto kamu  akan dipajang sehingga para pembeli dapat melihat langsung dan memilihnya. Jadi kamu nggak perlu ribet-ribet menjajakan foto atau mmebuat web jualan.
Foto foto perjalanan bisa dikurasi terlebih dahulu
Foto  perjalanan kamu bisa dikurasi terlebih dahulu sebelum tayang dipajang di PIXAMOLA.com
Tapi fotoku nggak bagus, aku belum pede’ Kak.
Kalau kamu tidak mencoba bagaimana kamu tahu fotomu layak atau  tidak layak untuk  dijual. Unggah saja dulu nanti tim PIXAMOLA.com yang akan mengkurasi  foto mana yang layak untuk dijual. Berikut beberapa kriteria foto yang memenuhi standar untuk dijual.
  • Fokusnya jelas
  • Tidak buram
  • Pencahayaan baik
  • Komposisi baik
  • Tidak ada bintik-bintik debu atau hal yang mengganggu
  • Untuk Commercial Use: Jika ada orang yang mudah dikenali dalam foto, memiliki Model Release yang sudah ditandatangani
  • Untuk Commercial Use: Jika ada properti yang mudah dikenali dalam foto, memiliki “Property Release yang sudah ditandatangani
  • Untuk Commercial Use: Tidak boleh ada logo, merek dagang dan tanda khas sebuah brand/produk apapun yang terlihat dalam foto. Jika ada, baiknya dihapus terlebih dahulu
  • Hak cipta milik Anda sendiri dan bukan orang lain
  • Minimal tinggi/lebar 1500 pixel
  • Tidak ada watermark/logo nama fotografer
  • Tidak menggunakan frame apapun di sekeliling foto
wajah indonesia
wajah indonesia
Memang foto seperti apa yang dicari?
Oke sedikit bocoran, biasanya yang dicari adalah  foto-foto yang menggambarkan keluarga  yang sedang berinteraksi, foto ibu dan anak, foto wajah wanita atau pria, foto orang sedang bekerja, foto yang menunjukkan berbagai emosi (ceria, sedih, takut, marah, sakit, dll), foto  kuliner, foto anak-anak muda sedang beraktivitas bersama, flat lay, styled stock photography, dan masih banyak lagi. Untuk lengkapnya silakan kamu intip kategorinya  di sini.
Foto beragam ekpresi bisa yang bisa kamu jual
Foto beragam ekpresi bisa yang bisa kamu jual
Memang saya akan dihargai berapa?
Wah kalau itu sih tergantung  foto kamu dipakainya untuk apa, lalu resolusinya berapa dan apa jenis publikasinya, Foto Commercial Use atau Editorial Use.
Foto pribadi dengan pose cetar membahana bisa dijual juga
Foto pribadi dengan pose cetar membahana bisa dijual

Foto Commercial Use bisa digunakan untuk iklan atau promosi sebuah produk/jasa, website/apps sebuah produk/jasa, postingan di media sosial sebuah brand, atau apapun yang sifatnya menjual . Dan bisa juga digunakan secara editorial, misalkan di artikel koran, majalah, website media online, blog pribadi, dan sebagainya.

Jika ingin menjual foto dengan lisensi Commercial Use,  perlu memenuhi kriteria berikut:

  • Tidak boleh ada logo atau merek apapun yang terlihat pada foto.
  • Jika ada orang yang terlihat dan mudah dikenali di dalam foto, Anda perlu memiliki Model Release yang sudah ditandatangani oleh setiap orang dalam foto tersebut.
  • Jika ada properti yang terlihat dan mudah dikenali di dalam foto, Anda perlu memiliki Property Release yang sudah ditandatangani oleh pemilik properti tersebut.

Foto Editorial Use bisa digunakan secara editorial saja, dantidak  digunakan secara komersial. Jadi tidak boleh digunakan untuk promosi sebuah produk/jasa atau penggunaan komersial lainnya. Foto hanya boleh digunakan untuk hal-hal yang sifatnya informatif, edukasi atau berita. Misalnya di artikel koran, majalah, website media online, blog pribadi, dan sebagainya. Foto yang menampilkan logo atau merek, orang yang mudah dikenali tanpa Model Release, dan properti yang mudah dikenali tanpa Property Release, hanya boleh digunakan untuk keperluan editorial saja.

Karena foto dengan lisensi Commercial Use bisa digunakan secara komersial maupun editorial, calon pembelinya pun lebih banyak dibanding foto yang lisensinya Editorial Use Only.

Berikut tipsnya jika ingin membuat dan menjual foto dengan lisensi Commercial Use:

  • Hindari logo atau merek apapun terlihat di dalam foto Anda.
  • Jika ada logo atau merek di dalam foto Anda, sekecil apapun itu, usahakan dihapus saja.
  • Print dan bawa Model Release kemanapun Anda pergi, jadi setelah selesai foto, bisa langsung minta orang yang terlihat di foto untuk menandatanganinya.
  • Print dan bawa Property Release kemanapun Anda pergi, jadi setelah selesai foto, bisa langsung minta pemilik properti untuk menandatanganinya.
  • Agar tidak repot meminta pemilik properti menandatangani Property Release, bisa dengan beberapa cara berikut: properti dibuat buram (misalkan sebagai latar belakang) atau hanya
  • sebagian kecil properti saja yang terlihat, sehingga tidak mungkin bisa dikenali siapapun atau terlihat umum sekali seperti properti lainnya.

Terus bagaimana agar foto saya dipilih oleh konsumen/klien?

Agar foto kamu mudah dicari orang gunakan deskripsi yang jelas dan lengkap dalam bahasa Inggris. Kok bahasa Inggris. Iya karena kebanyakan klien atau konsumen foto-foto ini dari luar negeri sana. Jangan lupa juga cantumkan  informasi lainnya, misalkan cara pengambilan gambar (close up, long exposure, silhouette) dan hal-hal relevan lainnya.

Tapi yang paling penting dari semua tips di atas kamu harus berani memulai, membuat akun di PIXAMOLA.com lalu mengunggah foto-foto di hardisk komputer kamu. Selamat mencoba!

6 pemikiran pada “Dicari Foto Ekspresi Indonesia Banget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s