makan siang dengan mbok ganjen

Makan Siang Dengan Mbok Ganjen, Bayar Sekali Menunya Segambreng

Pernahkah kamu merasa bosan dengan makan siang di kantor. Menu makannya atau teman makannya :D.

Karena alasan praktis dan ekonomis terkadang saya memilih makan siang di kantin kantor atau makananan pesan antar. Tapi berhubung kantor saya tak memiliki kantin, saya  lebih suka makan di kantin kantor sebelah.  Tapi sekarang saya bosan dengan menunya dan teman makannya , karena kayaknya tidak ada   karyawati baru di kantor sebelah.

Jadi ketika beberapa blogger kece Batam mengajak makan siang bersama di tempat tak biasa , saya langsung menjawab, “Iya”.

SBK Baresto - Sahid Batam Center Hotel & Convention
SBK Baresto – Sahid Batam Center Hotel & Convention

Dengan agak tergopoh-gopoh tepat pukul 12 siang saya langsung ke luar kantor menuju Sahid Batam Center Hotel &  Conevention. Waktu tempuh antara kantor dengan hotel baru di kawasan Batam Center ini, kira-kira sekian menit dan menghabiskan dana 3000 ribu rupiah GOPAY. Ada yang bisa menebak kira-kira berapa km perjalanan saya tadi dan berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Oke simpan jawabanmu  karena sekarang kita sedang membahas makan siang dan ini bukan ujian  pelajaran matematika atau fisika.

Berkumpul di meja makan SBK Baresto - Sahid Batam Center Hotel & Convention
Berkumpul di meja makan SBK Baresto – Sahid Batam Center Hotel & Convention

Berhubung perut sudah keroncongan sayapun langsung menghambur masuk ke hotel tapi ketika sampai di lobi bingung lokasi makan siang di mana ya? Setelah bertanya ternyata teman-teman mengajak menu “Mbok Ganjen” di SBK Baresto Resto & Cafe.

Dapur SBK Baresto - Sahid Batam Center Hotel & Convention
Dapur SBK Baresto – Sahid Batam Center Hotel & Convention

Kok namanya Mbok Ganjen?

Ceritanya ini paket prasmanan  makanan nusantara yang super ganjen , dijamin setelah makan lidah kamu melet-melet keganjenan. Coba bayangkan ada 8 pilihan varian sambal yang bisa kamu pilih. Walau harga cabai meroket sambalnya tetap pedas mengguncang sanubari dan nafsu.

Beragam sambal yang akan membuat lidah goyang ganjen
Beragam sambal yang akan membuat lidah goyang ganjen

Terus kita makannya dengan sambal aja?

Iya kita makannya dengan sambal , nasi putih dan kamera saja :D. Tuh buktinya teman-teman blogger nggak langsung makan tapi malah kompak ambil gambar alias memfoto.

Gini lho ritual makan bareng blogger
Gini lho ritual makan bareng blogger

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Beneran itu makannya dengan sambal aja?

Engga donk Kakak. Menu-menu menggoda sudah siap mengguncang lidah dan memenuhi lambungmu di siang ini

Pertama yang wajib diambil nasi bungkus, iya nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang. Duh masih hangat banget dan aroma daun keluar bersama nasi putih pulen, jadi makin lapar :(.

Nasi bungkus daun wanginya memang maknyus
Nasi bungkus daun wanginya memang maknyus

Setelah itu baru teman nasi putih , ada Cap Cay sayuran dan beragam jenis lauk pauk. Dan ritual makan siang kali ini saya mengawalinya dengan mengudap soto daging yang endes banget. Soto daging dengan kuah santan dan bumbu rempah kuat, biar tak terlalu berat sengaja mengabaikan isian seperti sohun dan beberapa sayuran pilihan ,  tauge dan rajangan kol.

l x

Lauk Teman Nasi

Pilihan lauknya ada telur dadar gulung yang dipotong melintang. Rasanya sangat rumahan dan tidak terlalu kaya rempah seperti rumah makan Padang. Ada potongan cabai rawit dan bawang menggoda.

Sebagai orang Jawa yang tidak bisa lepas dari panganan olahan kedelai , tempe mendoan itu sesuatu banget. Apalagi ketebalan tempenya pas , jadi walau kulitnya renyah rasa tempenya tetap ada.

Lauk berikutnya sambal kentang ala Jawa tanpa santan dan jerohan sangat pas bagi pecinta makanan vegetarian. Campuran  dadu potong dadu memperkaya tekstur. Bumbunya sangat pas di lidah tidak terlalu ekstrim tapi membuat saya penasaran. Buktinya berkali-kali saya menggado sambal kentang.

Olahan daging hadir menyemarakan makan siang ala Mbok Ganjen. Potongan daging kecil-kecil dilumuri serundeng kelapa berbumbu. Kalau di kampung saya itu namanya dendeng semut, seolah-olah potongan daging dikerubuti semut.

desset manis Ala Mbok Ganjen
desset manis Ala Mbok Ganjen

Dessert Manis Manja

Aneka makanan utama  sudah bersemayam di dalam lambung, saatnya mengudap desser manis nan cantik. Beragam makanan kecil dan minuman manis sudah menanti untuk dijamah.

new-image

Es timun dengan sirup coco pandan menjadi teman ngobrol yang asik sebelum kembali ke kantor. Tapi jangan lupa talam singkong dan puding stroberi jangan diabaikan, nanti mereka menangis kalau tidak disentuh. Bagi yang tidak suka jenis kue dan puding tersedia juga bubur kacang hijau dan biji salak lengkap dengan santan.

Untuk semua makanan ini saya cukup membayar 50 ribu rupiah saja sudah termasuk pajak. Gimana besok kamu traktir aku di sini? Kalau oke tinggal telepon saja , dalam 5 menit saya akan sampai dan siap menyantap semua menu.

Sahid Batam Center Hotel & Convention

Jl. Raja Haji Fisabilillah, Komplek Raffles City Blok E No. 6 – 9 Batam Center – Batam 29461

+62 778 748 3336

rsv@sahidbatamcenter.com

32 pemikiran pada “Makan Siang Dengan Mbok Ganjen, Bayar Sekali Menunya Segambreng

  1. Ritual makan bareng dengan blogger memang selalu seru. Orang ceweknya sudah lelah merancang menu dan mempercantik tampilan masa hanya masuk di mulut lalu berakhir di belakang? Abadikanlah terlebih dahulu. Kan kita jadi punya kenangan mengenai makanan-makanan lezat dan cantik 🙂

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s