Tips Memilih Hotel di Batam

Batam bukanlah ibukota propinsi namun pulau  yang wilayah perairannya berbatasan langsung dengan Singapura , paling  diminati wisatawan domestik. Alasannya klasik, bisa jalan-jalan murah ke Singapura hanya dengan 270 ribu rupiah , walau kenyataannya nggak murah-murah  banget . Tapi paling tidak Batam menjadi tempat transit tidak mengherankan di sini bertebaran banyak hotel . Dari hotel bintang 5 sampai bintang kejora.

Sangking banyaknya hotel, jadi bingung. Mau nginep dimana ya? Buat kamu yang bingung , simak ya tips berikut:

1.Keperluan

Apa tujuanmu ke Batam. Jika ke Batam hanya ingin transit saja dapat memilih hotel yang berada di dekat pelabuhan Internasional seperti Sekupang, Batam Center atau Nagoya (Harbour Bay ) . Namun yang terdekat dari bandara adalah Batam Center, selain itu pelabuhan ini paling banyak jadwal penyerbrangan ke Singapura dan Johor Bahru, Malaysia.

Pusat pemerintah dan kantor instansi  kebanyakan berada di Batam Center. Sedangkan pusat bisnis , perdagangan dan hiburan malam berada di kawasan Nagoya. Sesuaikan saja pilihan hotel dengan aktivitas and. Nagoya bisa menjadi pilihan jika memiliki niatan mencari hiburan malam usai bekerja.

Jika keperluannya bulan madu,di Batam banyak kamar privat berkonsep cottage
Jika keperluannya bulan madu,di Batam banyak kamar privat berkonsep cottage

Ingin seratus persen liburan? Sambangi Nongsa, kawasan terpadu resor di utara pulau Batam. Dijamin anda tak akan merasakan hiru pikuk kota dan tergoda dengan sensasi pantai cantik ala Bali .  Lokasi ini selalu menjadi pelarian warga Singapura jika ingin mencari ketenangan. Resor  berbintang dan lapangan golf bertaraf internasional memanjakan pelancong berkantung tebal. Namun bagi ada yang berkantung tipis tetap bisamenikmati paket berkemah di pinggir pantai.

2. Lokasi

Tak ubahnya kebanyakan kota besar di Indonesia, pada jam-jam sibuk jalan di  Batam mengalami kemacetan. Meski tak separah Jakarta tapi tetap akan menimbulkan kepanikan jika anda mengejar penerbangan atau penyebarangan kapal terakhir.

Hotel dengan kolam renang di roof top berada di Batam Center
Hotel dengan kolam renang di roof top berada di Batam Center

Untuk itu memilih hotel sesuaikan dengan aktivitas dan destinasi yang akan dikunjungi. Tak ada salahnya  berpindah-pindah hotel dengan alasan keprakitisan  karena Batam memiliki banyak pilihan hotel.

3. Buget

Meski katanya biaya hidup di Batam mahal tapi menurut saya tarif hotel di sini sama dengan kota lain  di Indonesia. Karena tingkat persaingan yang tinggi kadang harganya lebih murah , apalagi jelang weekdays.

hotel keluarga bagi seluruh anggota keluarga
hotel keluarga bagi seluruh anggota keluarga

 

Jangan khawatir soal pilihan hotel namun yang harus dipertimbangkan lokasi dan jarak aktivitas , karena di Batam tak tersedia transportasi umum hingga dinihari. Sesuaikan pilihan hotel dengan buget, tipsnya jangan sungkan untuk membandingkan satu dengan yang lain dan menawarnya.

4. Fasilitas

Kadang kita berpikir hotel mahal dan berbintang selalu memiliki fasilitas maksimal. Tapi untuk apa hotel dengan banyak fasilitas namun lebih banyak menghabiskan waktu di luar hotel. Jadi sesuaikan pilihan hotel dan fasilitasnya dengan aktivitas anda. Tak ada salahnya memilih hotel buget, jika hanya untuk tidur.

Hotel di Batam menyediakan fasilitas hiburan lengkap
Hotel di Batam menyediakan fasilitas hiburan lengkap

Tidak semua hotel di Batam memiliki fasilitas wifi gratis, tapi jangan khawatir di Batam melimpah sinyal telepon seluler, jadi dimanapun tetap bisa terkoneksi dengan internet.

Kita dapat memilih hotel tanpa sarapan jika di sekitarnya merupakan kawasan wisata kuliner atau pasar.

5. Pesan Hotel Gaya Kamu

Kebutuhan traveller selalu berbeda-beda. Kadang ketika sedang dinas kantor saya memilih hotel dengan fasilitas maksimal, maklum usai bekerja badan perlu dimanjakan. Tapi saat sedang backpacking, hotel buget selalu menjadi pilihan. Tapi tidak munafik terkadang ketika mata dan hati ingin dimanjakan, hotel berdesain unik jadi pilihan.

Dan jelang weekend, sesekali ingin kabur merasakan resor-resor mewah di kawasan Nongsa. Dan pilihan bisa berkembang, mau ng-resor sendirian atau reramaian dengan teman komunitas, menyewa villa.

Mister Aladin - Pesan Hotel Gaya Kamu
Mister Aladin – Pesan Hotel Gaya Kamu

Gaya nginep dan liburan bisa menjadi  apapun. Backpacking menggemblok ransel di pundak atau tante-tante sosialita menjinjing tas Hermes. Tapi tetap pilihan untuk reservasi hotel saya mempercayakannya kepada  Mister Aladin. Selain murah dan pilihan banyak , di Mister Aladin semua gaya jalan aku terakomodir. Ragam jenis hotel sudah kelompokan , jadi nggak perlu buang-buang waktu.

Ssstt….  Di Mister Aladin kamu bisa pesan hotel di Singapura. Yang mau piknik ke Singapura dari Batam dan belum dapat hotel , jangan panik buka aja www.misteraladin.com. Buat kalian yang juga sedang on budget, bakal ada kejutan di Mister Aladin minggu depan tepatnya tanggal April 25, jangan sampai ketinggalan ya. Untuk informasi lebih lanjut, langsung aja ikutin Mister Aladin di sos med: Facebook, Twitter dan Instagram.

26 pemikiran pada “Tips Memilih Hotel di Batam

  1. Hmm… memilih hotel sesuai dengan tujuan traveling memang penting banget ya Mas. Supaya tidak “rugi” ketika menginap–tidak sesuai dengan budget atau niat jalan-jalan, apa sekadar istirahat atau ingin eksplorasi jadi tempat menginapnya cuma untuk “sekadar tidur” :hehe. Terima kasih buat tipsnya ya, Mas :)).

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.