Kepulauan Riau Travelling

1st Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2016

Desir  angin terasa lebih seru dibandingkan terakhir kali saya menjejakan kaki di Nongsa Point Marina. Tempat parkir kapal itu , kini lebih terbuka bagi umum. Tiang layar tetap menjulang gagah  dengan bendera di ujungnya melambai lebih cepat. Seolah memanggil penggila wisata bahari untuk berlayar.

“Musim angin utara telah tiba kawan, mari bersenang-senang.”

2

Bagi kebanyakan  pecinta pantai kehadiran angin utara (monsoon)  tak terlalu diharapkan. Selain membuat pantai  utara berwarna keruh karena sampah yang terbawa, gelombang tinggi membuat pantai tak aman untuk berenang. Namun tidak bagi pecinta olahraga layar. Puncak angin utara (mansoon) selalu dinanti untuk berkompetisi , membuktikan siapa yang tercepat.

3

Sejak 20 tahun lalu Nongsa Point Marina rutin menggelar kompetisi perahu layar  Singapore Strait Regatta. Meski judulnya menggunakan nama negeri tetangga sejatinya lomba berlangsung di Nongsa. Wisata terpadu utara pulau Batam  yang kawasan baharinya berbatasan langsung dengan wilayah Singapura.

21

Peserta lomba  didominasi penghuni Nongsa Point Resort  dan  pecinta olahraga layar dari negeri seberang. Jika pada akhirnya , banyak peserta dari benua lain itu karena Nongsa tak hanya menawarkan puncak angin utara yang menantang. Namun keindahan resor dan alam yang bersinergi menghadirkan nuansa ala Mediterania

31

Wisata Bentang Bahari

Dengan mengusung nama Nongsa Regatta ,  tahun ini Wonderful Indonesia menghadirkan perlombaan layar internasional pertama di Batam, yang  nantinya akan dijadikan acara  tahunan  dan  mampu menggenjot jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Berlangsung sejak  27 hingga  31 Januari 2016 , event bersejarah ini menghadirkan multihulls balap, Yacht, Stand-Up Paddleboard, Optimist Laser, Tradisional Kolek Keelboat dan Radio Kontrol Sailing. Untuk perlombaan yacht diikuti oleh enam negara yaitu : Hong Kong, Thailand, Filipina, Australia, Singapura, dan Malaysia.

Kegiatan ini  merupakan keseriusan Indonesia menggarap  wisata bentang bahari  selain wisata kapal pesiar yang sekarang banyak  diminati wisatawan Australia dengan destinasi utama wilayah Indonesia timur.

Event sejenis rencananya akan diadakan di berbagai tempat di nusantara, salah satunya Karimata Sail. Untuk menggiatkan jenis wisata ini pemerintah mempermudah dan mempercepat administrasi yacht asing yang ingin berlayar di Indonesia.

12

Blogger dan Yacht

30 Januari 2016, blogger Kepri berkesempatan menyaksikan 9  peserta lomba yacht berlaga menaklukan angin dan gelombang. Mencodongkan kapal dengan memanuver tiang layar  dan tali temalinya.

Kerjasama adalah kunci utama bagaimana kapal dapat melaju kencang mencapai tujuan . Salah perhitungan sang komandan,  kapal dapat berbalik arah bahkan karam menghujam lautan.

13

Sayapun akhirnya tahu bahwa fungsi layar besar yang dibentangkan lebar-lebar untuk mempercepat laju kapal . Sedangkan layar kecil bagai sirip ikan untuk berbelok arah. Jadi jangan tercengang , jika sejenak layar terkembang lalu tiba-tiba dikempiskan paksa dengan mengendorkan tali.

22 23

Seolah para juru kemudi terlihat santai, namun mereka  memilik tugasnya masing-masing. Arah angin berubah haluan , saatnya memindahkan berat tubuh atau menarik tari layar kencang-kencang.

Dengan menumpang speed boat NPM saya mendekat ke yacht-yacht yang sedang berjuang. Mereka tak hanya adu kecepatan tapi ketepatan melewati bouys yang sudah dipasang oleh panitia.

29

Meski matahari semakin terik bersinar, semangat kompetisi peserta tak surut. Berikutnya dinghy, kapal layar berawak tunggal itu gantian berlomba di selat Singapura. Layar tunggalnya terlihat berayun-ayun di atas samudra, bagai keping layang-layang.

5

Sesekali kapal ekpedisi dan penumpang melintas menyemarakan suasana. Lautan ini memang tak pernah sepi , namun yang membuat kami bersorai terus menerus adalah pertandingan lima hari tanpa henti.

Nongsa Regatta , adu laga para pecinta angin dan gelombang di utara pulau Batam. Setelah 20 tahun namanya berganti, akankah tahun depan kita jumpa lagi?

Tunggu jawabannya di 2nd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta tahun depan.

regattahead

 

b
juragan kapal :p

28 komentar

  1. Eh ada yang ‘belahan’ nya keliatan hahahaha 😀
    Kayaknya seru nih melihat acara macam ini langsung, biasanya cuma melihat di tivi aja soalnya. Kalau masyarakat umum mau nonton langsung bisa mas? Ada bayar tiket segala gak?

    Satu lagi, sayangnya event-event macam ini jarang disiarkan di tivi nasional ya. Jadi kita jarang yang ngeh, padahal ini event menarik.

    Suka

    1. Mana belahannya… *zoom in* . Sebetulnya acara ini terbuka untuk umum tapi karena biasanya resor merypakan kawasan pribadi n org ngga boleh masuk jadi banyak yg ragu utk masuk. Masy umum gratis boleh nonton … kmrn tv lokal yg ngeliput mnc

      Disukai oleh 1 orang

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.