Master Fresh Coffee, Merangkum Kopi Nusantara

Mana yang membuatmu betah duduk berlama-lama, cita rasa yang terlalu sayang untuk dinikmati terburu-buru atau nuansa berkelas di antara belantara sinyal wifi. Kalau saya lebih memilih terdiam menikmati obrolan hangat diselingi seruput ringan.

Sejatinya saya bukan pecandu kopi, hanya mencintainya dengan  lebih tulus, tanpa fanatisme berlebihan. Tak ingin memburunya untuk selalu dekat atau membawanya ke dalam dapur di rumah.

Apa tujuanmu ke sini?
Apa tujuanmu ke sini?

Seorang rekan yang hatinya sedang gundah, pekan ini membawa saya ke Master Fresh Coffee. Ia berceloteh bahwa kopi dapat menawarkan hati membiru. Karena sekarang Kamis dan hatinya tak terlalu lebam, Arabika Gayo bercita rasa ringan didrip Vietnam saja sudah cukup.

Di awal pekan ini  ,  kopi Papua diseduh dengan air panas saja, hingga aroma kuatnya mengendurkan penat . Terkadang hari memang memang berat teman. Tapi jangan beratkan langkahmu bertandang ke kedai kopi , untung sekedar berbagi asal sambil menikmati sejumput kafein di kopi nusantara.

toples besar dan kecil berisi kopi dari seluruh nusantara
toples besar dan kecil berisi kopi dari seluruh nusantara

Lima puluh jenis kopi dari Aceh hingga Papua berjajar dalam toples besar kecil. Tunjuk saja pilihanmu untuk diramu oleh  barista. Tak lama biji-biji itu berubah menjadi cairan hitam pekat. Jika tak sibuk pria peramu kopi akan datang untuk berkisah apa yang baru saja membasahi kerongkonganmu.

serius Ipul meracik kopi
serius Ipul meracik kopi

Ipul alias Syaeful, tanpa embel-embel Mas atau Bang terdengar lebih ringan, terasa tak ada jarak apalagi gap generation. Pemilik sekaligus peramu kopi yang hobi bicara. Jika sedang meramu kopi wajahnya terlihat serius, tapi setelah duduk berbaur bersama tamu, selalu melemparkan candaan ringan.

Pria kelahiran 24 April 1986 berkisah bahwa usaha yang baru dirintisnya 10 bulan, memang baru penjajakan pasar. Namun responnya   cukup menjanjikan, kopi bubuk olahan pun laris manis di kedai menempati Ruko Pesona Asri Blok D7 nomor 6. Dengan harga Rp 80 ribu sampai Rp 120 ribu , kopi bubuk dari seluruh nusantara seberat 100 gram dapat dibawa pulang.

di dalam toples kecil ini juga kopi
di dalam toples kecil ini juga kopi

Beberapa rekan berbisik-bisik tentang khasiat kopi Habib, yang konon mampu mendongkrak stamina pria. Ah apa iya betul. Ipul menjelaskan , kopi Habib adalah minuman kesehatan yang memadukan kopi nusantara dengan berbagai bahan rempah.

Tak hanya nikmat diminum ketika dingin, kopi Habib dapat mengobati masuk angin dan memperbaiki stamina jika diminum teratur.

Sayapun langsung tergoda memesan secangkir dan rasanya…. Kasih tahu nggak ya rasanya? Yang jelas dalam sehari Ipul bisa menjual kopi Habib bubuk hingga 3,5 kuintal.

Soal harga saya tidak ingin berdebat kalau di sini yang termurah. Tapi di  mana kamu bisa mendapatkan Arabica Aceh Gaya di-french press seharga Rp 20 ribu berbonus wifi gratis.

Memang di sini tak menjual gengsi , tempatnya bukan di Mall pusat kota. Tapi tidak terlalu jauh di bandara. Jadi jangan heran besok bertemu saya di sini sebelum penerbangan atau pulang dari luar kota.

master fresh kopi
master fresh kopi

Sore ini pengunjung kedai tak terlalu ramai karena jam kerja belum usai. Ipul kembali berkisah tentang biji-biji kopinya yang ternyata dipanggang di Mojokerto. Biji-biji kopi dari seluruh penjuru nusantara ia kumpulkan dengan kakaknya, lalu diolah menjadi biji-biji terbaik.

Bagi penikmat pemula jangan ragu kemari, jika bingung saya rekomendasikan kopi Toraja Kalosi, Papua Wamena, Aceh Gayo, atau Flores Bajawa sebagai pembuka. Tapi jika yang kamu cari cappucino atau latte jelas tak ada di sini. Ipul belum membeli mesin espresso yang konon harganya sampai belasan juta rupiah. Kenikmatan kopi tidak datang dari mesin uap bertekanan tinggi tapi intuisi sang peramu.

Tapi bersabarlah, Ipul membocorkan salah satu pelanggan setianya warga negara Italian memesankan satu mesin espresso untuk melengkapi kenikmatan di Master Fresh Coffee.

Hore!

Satu bocoran lagi yang kali ini datang dari kejujuran lidah. Makanan di Master Fresh Coffee ternyata lezat tak kalah dengan kopi-kopi terbaiknya . Secara tak sengaja melewatkan makan siang dan saya langsung jatuh hati dengan sop ayam kampungnya.

nongkrong cantik di Master Fresh Kopi
nongkrong cantik dan ganteng  di Master Fresh Kopi

Kamis itu kami bercengkrama , bercerita banyak hal salah satunya kejadian di hari Minggu yang membuat semua orang di kantor stress berat. Sepertinya hari-hari ke depan kita butuh kopi lebih pekat. Mungkin dengan kadar kafein yang semakin tinggi. Tenang, masih ada 49 jenis kopi yang siap dijelajah rasa.

Meski tak duduk bersila  sambil memejamkan mata. Bagi pecinta kopi sejati , ngopi dianggap mampu menenangkan hati dan memebrikan efek seperti meditasi.

Jika pada akhirnya , ngopi bukan sekedar prosesi meminang rasa. Apa yang kamu pilih dari seluruh kopi nusantara yang ada di sini untuk mengembalikan mood-mu?

Master Fresh Coffee
Ruko Pesona Asri Blok D7 nomor 6
Botania – Batam Center
Kepulauan Riau

Telp 0823 8272 8820

37 pemikiran pada “Master Fresh Coffee, Merangkum Kopi Nusantara

  1. Info yang menarik, noted dulu. Saya orang Aceh tapi nggak kuat ngopi. But sekarang udah tau kopi Arabica lebih nyaman di lambung. Salut sama kreativitas Mas-nya. Sudah pernah ke Pekanbaru tapi belum ke Batam.

    Suka

  2. Seru buat kopdar ya di sana Mas :hehe, bisa jadi bahan tulisan juga mah kalau begini, soalnya si empunya kafe pasti punya banyak bahan yang bisa dibahas. Berhubung saya tidak minum kopi, jadi saya agaknya pergi ke sana buat icip-icip makanannya saja (syukurlah rasanya kayaknya menggugah buat dicicip langsung) :haha.

    Suka

  3. Selalu agak-agak jealous sama orang yang bisa ngopi, karena belakangan ini kedai-kedai kopi banyak yang dipoles menjadi tongkrongan yang menarik, setidaknya acara ngopi itu kesannya gimanaaa gitu. Tapi ya mau gimana lagi? Deg-degan gak jelas kalau ngopi 😀

    Btw, itu kopi Habib fenomenal banget ya? Sehari sampai habis 3.5 kuintal. Benar-benar, kalau sudah diembel-embeli “mendongkrak stamina pria” apa-apa bisa laris manis. Pun ini khan kopi, gak terlalu malu juga untuk dibeli. Wondering, ini karena benar-benar khasiatnya atau pria-pria kita banyak yang bermasalah dengan stamina? 🙂

    Suka

  4. Warung kopi semakin berkembang pesat hampir disemua kota besar ada baik lokal maupun yg asing punya..semakin memanjankan para penikmat kopi.

    Sayangnya yang ini jauh di batam sana, etapi mungkin tahun ini sepertinya akan ada tugas ke sana.. semoga bisa mampirin 😉

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s