Absolute Thai – Selera Yang Tak Pernah Salah

Lidah memang tak bertulang. Jadi jangan salahkan jika tingkahnya agak kurang sopan. Jelas-jelas berada di Johor Bahru , tapi tak sedikitpun merindukan masakan Melayu. Ujung saraf pengecap tergoda masakan Thailand bercita rasa asam segar. Dan keinginan itu semakin menggebu, tak kala suhu udara  ujung selatan negeri Jiran semakin memuncak.

Dimana ya cari Tom Yum? Sekali lagi mata saya mengais pandangan Mall Medini, Nusajaya.

Ah bodohnya. Bukannya sudah ada OpenSnap,  aplikasi ponsel yang menuntun ritual wisata kuliner jadi lebih sempurna. Serasa punya konsultan  kuliner pribadi,  bisa memperoleh informasi tempat makan dimanapun.

Jika  OpenSnap sudah  terinstal di gadget maka langsung klik saja aplikasinya. Lalu pilih menu browse>nearby maka  informasi tempat makan di  Johor Bahru  bermunculan. Agar pencarian lebih mudah , harus menggunakan fitur filter. Bagaimana kalau dengan memilih menu browse>asia. Tak berapa lama daftar  rumah makan Asia di Johor Bahru bermunculan, salah satunya Absolute Thai.

Fitur Filter OpenSnap memudahkan pengguna untuk mencari tempat makan sesuai keinginan. Kesulitan mencari restoran halal? Klik  saja ke menu filter  halal , maka deretan resto dan kafe penyedia makanan halal di sekeliling kamu akan bermunculan. Untuk mempermudah  pencarian,  kini OpenSnap  disempurnakan dengan fitur  Map View. Dijamin tidak salah arah ketika mencari tempat makan.

serambi Absolute Thai di Medini Mall, Johor Bahru
serambi Absolute Thai di Medini Mall, Johor Bahru

Bagi saya dekorasi salah satu unsur terpenting  menikmati kuliner.

“Memang ada hubungan antara makan dan interior ruangan?”

Sadar atau tidak sadar suasana sekeliling kita akan membangun mood saat kita makan. Bayangkan , mau ber-candle light dinner tapi di kafe bernuansa rock . Meski menunya sudah romantis dengan  detail lilin di atas meja, tetap saja esensi makan malam romantis tidak dapat.

Makanya jangan kaget kalau di OpenSnap gambar yang diunggah diklasifikasikan menjadi tiga : decor, food dan selfie. Tapi sayangnya belum banyak orang memanfaatkan fitur ini. Padahal alasan orang ke resto atau kafe tidak mutlak soal makanan dan minuman,  tapi nuansa yang dibangun desain interior. Mari unggah foto interior resto ata kafe yang kamu kunjungi.

Sofa panjang di depan resto
Sofa panjang di depan resto

Dari pintu luar hingga dalam resto , dinding Abosolute Thai didominasi warna hitam. Sekilas memang ada nuansa gelap, namun sang desainer menyeimbangkan dengan elemen warna-warni. Kursi aneka warna primer melingkari meja bulat di tengah ruangan. Sedangkan di bagian depan  tetap mempertahankan kesan elegan dengan sofa panjang warna gelap.

Potongan kayu  dicat warna-warna memenuhi dinding samping dengan susunan zig-zag, membuat resto semakin nyaman untuk dihuni. Sesuai dengan lokasinya di Mall Medina dekat Legoland. Absolute Thai bermetamorfosis menjadi restoran keluarga.

Foto hitam putih di atas ornamen kayu warna warni
Foto hitam putih di atas ornamen kayu warna warni

Keotentikan menu dan rasa tidak perlu diragukan lagi.  Dengan memakai nama “Absolute Thai” dan taqline Hospitality With Heritage” , rasanya mereka tidak main-main menghadirkan cita rasa Thailand di Malaysia. Mengintip OpenSnap, setidaknya ada 4 resto Absolute Thai di sekitar Johor Bahru dan Singapura.

Menu di Absolute Thai
Menu di Absolute Thai

Waiter bertopi ala Michale Jackson dengan setelah warna hitam , menyapa saya penuh santun lalu memberikan buku menu. Sayapun tak berpikir terlalu lama untuk menu makan siang kali ini.

Tom Yum dan Nasi.”

Seafood or chicken?”

Seafood“, jawab saya mantap. “… And Thailand Tea, please.”

Kursi warna-warni menyemarakan ruangan didominasi warna hitam
Kursi warna-warni menyemarakan ruangan didominasi warna hitam

Tanpa menunggu lama, Thailand Tea tersaji lebih dahulu. Tanpa diaduk saya seruput bagian atasnya berwarna kecoklatan. Ada geliyat rasa pahit, saya ini yakin bukan hanya teh. Indra penciuman menangkap aroma kayu manis dan pada akhirnya ketika rasa pahit memudar, lamat-lamat terasa pekak, bumbu rempah yang bentuknya mirip bunga.

Ketika susu dan cream bercampur dengan teh di bagian atas, teh Thailand rasanya lebih bersahabat. Seperti teh tarik, rasa kelat teh dan gurihnya susu berpadu sempurna dalam alunan dingin es batu. Ah segarnya.

Semangkuk Tom Yam bersanding serasi dengan nasi putih, keduanya saling melengkapi. Satunya  hambar tanpa rasa, lainnya kaya rasa, mulai dari asam , asin hingga  pedas. Ya begitulah seharusnya pasangan sempurna. Jika yang satu bersih, lainnya kaya warna , berminyak dan penuh noda.  Jadi jangan protes dengan Tuhan kalau ada pria jelek bersanding dengan wanita cantik.  Duh ,  acara  makan siang hari ini  penuh makna filosofi dan curahan hati.

Tom Yam Seafood dan Nasi putih , pasangan serasi. Kamu?
Tom Yam Seafood dan Nasi putih , pasangan serasi. Kamu?

Sebelum menuntaskan semangkuk Tom Yam, sesendok kuahnya saya seruput berlahan. Rasanya sangat Thailand, asam dan pedasnya nonjok, bikin mata merem melek. Isiannya juga kaya, mulai dari daging ikan kakap, cumi, udang dan potongan jamur serta tomat. Tak lupa potongan beragam daun rempah turut menyemarakan semangkuk Tom Yam.

Mereka akhirnya bertemu menghadirkan rasa lezat luar biasa
Mereka akhirnya bertemu menghadirkan rasa lezat luar biasa

Tom Yam berlahan disiramkan ke atas nasi putih, nasi putih Thailand tepatnya. Bulirnya lebih besar dari nasi Indonesia, warnanya juga lebih cerah dan mengkilat. Sekilas terlihat kedap air, tapi nyatanya kuah Tom Yam mampu menembusnya.

Begitu masuk mulut, keduanya saling gulat menghadirkan sensasi rasa. Sesekali saya merasakan kenyalnya daging cumi atau potongan jamur yang sudah terpapar kuah Tom Yam.

Lidah rasanya tak berhenti menari-menari menikmati kelezatan makanan sambil merayakan kemenangan. “Akhirnya kesampean juga makan Tom Yam di Malaysia. “Tak sabar mengunggah beberapa foto di OpenSnap, sekaligus merekomendasikan ke teman yang akan datang ke Legoland. Agar tidak lupa ditandai dengan fitur Personalized Your Food App by Bookmark.

Rasa lapar dan selera datangnya memang tak terduga, mereka bisa datang kapan saja dan di mana saja. Jangan pernah merasa bersalah jika sedang di Thailand tiba-tiba merindukan masakan India, atau di Singapura kangen masakan Jepang. Pastikan OpenSnap ada digadget kamu, karena ia yang akan menuntunmu memuaskan selera kuliner. Karena sesungguhnya selera tak pernah salah . 😀

Absolute Thai
G31, Ground Floor, Medini Mall, 4 , Lebuh Medini Utara
Johor Bahru
Malaysia

20 pemikiran pada “Absolute Thai – Selera Yang Tak Pernah Salah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s