Akhir Kisah Merpati di Januari

Merpati di bandara El Tari Kupang (dok.pribadi)
Merpati di bandara El Tari Kupang (dok.pribadi)
  • Bagaimana teman-teman kabar tiket promo penerbangan Merpati ultah ke 51 tahun kemarin. Kalau aku apes banget, lima  tiket penerbangan untuk bulan Februari dibatalkan. Detailnya baca di sini.

Konon ngurus refund tiket maskapai yang sedang punya masalah finansial susah banget, apalagi kalau bangkrut. Konsumen dipingpong bagai bola karena kantornya tutup atau pindah atau menghilang ke antah berantah. Tidak mau mengulangi “kebodohan” saat maskapai Batavia dan Mandala bangkrut, saya bertekad untuk meminta refund sebelum Merpati bangkrut.

ini snack ulang tahun Merpati yang keberapa ya?
ini snack ulang tahun Merpati yang keberapa ya?

Bukannya mendoakan buruk maskapai plat merah yang mendominasi penerbangan di Indonesia timur. Tapi dengan hutang 6 trilyun cara termudah menyelesaikan masalah adalah dengan mempailitkan lalu membuat manajemen baru yang lebih sehat dan efisien.

Lupakan bicara soal manajemen, kembali ke refund. Sebetulnya bulan Desember saya ingin mengurus refund di Jambi tapi Merpati tidak memiliki kantor perwakilan di sini. La, iyalah wong penerbangannya saja tidak ada. Hampir satu bulan lebih tiket elektronik yang sudah dicetak teronggok di meja.

Beruntung awal Januari bisa mudik ke Lampung dan mengurus uang pengembalian tiket. Lucunya baru sampai di rumah tiba-tiba ada telepon dari pihak Merpati, intinya menanyakan kapan refund tiket diurus.

kantor tiketing Merpati di Jalan S Parman, Bandar Lampung
kantor tiketing Merpati di Jalan S Parman, Bandar Lampung

Seperti diingatkan saya bersemangat ke kantor tiketing Merpati di Jalan S Parman Tanjungkarang. Tanpa diduga sampai di kantor customer service langsung meminta tiket tanpa kartu identitas. Agak aneh juga sih karena beberapa saat kemudian saya dipanggil disuruh menandatangani kuitansi. Saya pikir setelah ini mereka akan mentransfer melalui bank tapi tiba-tiba beberapa lembar uang kertas dan receh diberikan kepada saya. Jumlahnya pas dengan harga 5 buah tiket promo yang saya beli bulan September 2013.

uang refund pembatalan tiket - jumlahnya hitung sendiri ya
uang refund pembatalan tiket – jumlahnya hitung sendiri ya

Jujur, tadinya saya mau marah-marah kalau pembayaran ditunda beberapa saat atau dicicil sekian persen. Tapi berhubung dibayar cash alias kontan ,  langsung senyum dan pulang. Paling tidak tahun ini tidak berasa bodoh seperti dua tahun lalu. Sudah beli tiket promo dan berkhayal ke destinasi impian, eh maskapainya bangkrut dan tiket ga bisa di-refund karena kantornya menghilang.

Soal kerugian imaterial lupakan saja. Ya jujur ada kekecewaan ketika 5 tiket gagal berangkat, rencana liburan dan reuni teman di Bandung dan Semarang gagal total. Tapi sudahlah paling tidak Merpati berakhir lebih manis dari Mandala atau Batavia. *judulnya masih sakit hati nih!*

Eh ngomong-ngomong gimana dengan  kamu. Iya kamu yang sudah membeli tiket promo jauh-jauh hari seperti saya.

38 pemikiran pada “Akhir Kisah Merpati di Januari

  1. Saya belum pernah beli tiket promo jauh2 hari. Biasanya H-7 atau sebulan sebelumnya baru beli.
    Tapi klo misalnya kejadian sudah beli tiket, sudah bikin janji & nyusun itinerary, trus batal terbang gara2 maskapai bangkrut, pasti sebel juga sih

    Suka

  2. Holla semuaaaa…
    saya bekerja di travel agent, tapi masih belum ada kabar merpati tutup kok. Emang sih ada masalah finansial. Saran saya, lebih baik jangan tergiur tiket promo untuk maskapai yang finansialnya sedang guncang. Mending cari maskapai yang aman-aman saja. Dulu pas kejadian Batavia, saldo travel saya aja ada yang ketilep dan belum sempat dikembalikan sampe sekarang, ndak tau akan kembali atau tidak 🙂

    Suka

  3. Aneh ya Mas,
    Sumber Daya dibackup Pemerintah, tapi etos kerja kurang, dan belum punya mental melayani, ya begini akhirnya … 🙂
    Beda sama Susi Air yg ‘hanya’ SMA nggak tamat, tapi jiwa enterpreneurnya sudah expert.

    Semoga nggak mengganggu Dunia Pariwisata.
    Go Traveling ! 😀

    Suka

  4. huwaaa alhamdulillah kak danan, enak banget proses refundnya :D, tiket promo surabaya – jakarta yg saya beli untuk september lalu untungnya tidak dicancel, penerbangan tetap berjalan meskipun jamnya berubah2 dari h-2, h-1, hari H dan kemudian delay 1 jam *tepukk tangan* hahahahahah

    Suka

  5. wah syukur uang tiketnya bs kembali. Sy jd pikir2minta refund jg nih.tp sy blm dpt sms pembatalan penerbangan ke bali 13 feb nanti. Apa baiknya sy tlp cs nya aja kali ya?dulu batavia,sy telat dgr berita.batavia dah pailit duluan.sy ke ktr pngacaranya,tiket sy diminta dan sy jg disuruh ttd kuitansi.tp uang refund sampe th ini ga dikasi.sy tlp katanya blm terus.lenyaplah 426rb wkt itu.

    Suka

  6. Saya jg bli tiket promo nya si “Merpati” ini untuk BDJ-UPG (PP), tp saya belum ada pmberitahuan pembatalan, masih was-was jga sih, kejelasan ini maskapai ditutup atau ngga, baca-baca dan searching di google katanya merpati ditutup akhir januari, tp ada jg brita Merpati kmbli d slamatkan pmerintah dgn mnggandeng 2 Investor dgn membuka anak usaha, (jadi bingung juga) 😦

    Suka

  7. pak,
    saya juga beli tiket promo itu, bedanya penerbangan bali-lombok PP untuk 2 orang…
    saya gak pernah dapet SMS pembatalan..
    gimana cara konfirmasi dibatalkan atau enggak?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s