Korban Tiket Murah – Merpati Ingkar Janji

Merpati Oh Merpati
Merpati Oh Merpati

Membeli tiket penerbangan jauh-jauh hari harus siap mental, apalagi jika  promosi murah-meriah. Kemungkinan pergeseran jadwal penerbangan, pembatalan atau maskapainya tutup (baca:bangkrut) bisa terjadi kapan saja.

Sale terkadang bikin gelap mata, sudah dengar selentingan maskapainya punya masalah finansial tapi tetap saja tergiur promosi tiket murah. Alih-alih beberapa bulan setelah tiket dibeli maskapainya bangkrut. Mau minta refund susah, la iyalah wong maskapainya banyak utang. Konon prioritasnya  membayar kewajiban utang , gaji karyawan lalu kalau ada sisa refund tiket. Lagi-lagi konsumen yang jadi korban.

tiket-promo-merpati-hut-51
tiket-promo-merpati-hut-51

September  kemarin kembali tergiur promo tiket maskapai yang berulang tahun ke 51. Wah kesempatan jalan-jalan murah meriah. Tidak tahu hoki atau apes saya dapat 5 tiket penerbangan berurutan ke beberapa kota.

  • 13 Februari 2014 ,  Lampung-Bandung
  • 14 Februari 2014 ,  Bandung -Semarang
  • 16 Februari 2014 , Semarang-Bandung
  • 17 Februari  2014, Bandung – Lampung
  • 18 Februari 2014, Lampung Palembang

Kalau dilihat itinerary cantik banget tapi yang paling cantik masing-masing  penerbangan ini cukup bayar 51 ribu saja. Rencananya tiga hari liburan bareng beberapa teman kuliah di Semarang dan ngemper di Bandung beberapa jam.

Tanggal 26 November 2013 menerima sms konfirmasi pembatalan penerbangan Bandung-Semarang tanggal 14 Februari dari merpati. Meski dongkol berat tetap berpikir positif , rencana jalan dengan teman digeser ke Bandung.

sms tanggal 26 November 2013
sms tanggal 26 November 2013

Namun besoknya kembali menerima sms pembatalan penerbangan Bandung-Lampung tanggal 17 Februari 2014. Sudah dipastikan rencana liburan bubar total *nangis kejer*.

sms tanggal 27 November 2013
sms tanggal 27 November 2013

Kalau dilihat modusnya satu persatu jadwal penerbangan ditutup dan hingga hari H tidak ada pesawat yang terbang. Buktinya tanggal 30 November 2013 kembali mendapat sms “mesra” pembatalan penerbangan Lampung-Palembang tanggal 28 Januari 2014.

Salah seorang teman yang bekerja di maskapai bilang, tenang seandainya maskapainya tidak bangkrut nanti uang pengembalian tiket akan masuk rekening dua bulan setelah pembatalan. Terus kalau maskapainya bangkrut gimana. Kalau maskapinya bangkrut mungkin nasib konsumen tidak beda dengan kisah Mandala dua tahun lalu  atau  Batavia.

Ya… ya… ya… semoga merpati tidak bangkrut dan tidak ingkar janji, karena merpati tak pernah ingkar janji *pasrah*.

76 pemikiran pada “Korban Tiket Murah – Merpati Ingkar Janji

    1. hahahha iya dan bbodohnya saya sudah punya pengalaman sama dg batavia dan mandala masih saja tergiur dg promo. padahal polanya sudah terlihat (mirip batavia n mandala) kondisi keuangan ga bagus tapi bikin promo yg tidak logis dan tidak berselang lama bangkrut

      Suka

  1. belum pernah dibatalin sih.. cuma rata2 tiket promo waktunya selalu digeser ke penerbangan paling pagi..
    pernah booking tiket promo utk jam 08.30, trus beberapa bulan kemudian digeser ke jam 04.30 dengan alasan teknis apalah itu..
    nginap di bandara deh jadinya.. 😦

    Suka

  2. Mas..mas..relakanlah refundmu itu buat negara, itung2 membangun negri.. preeet.. haha Untung feelingku kuat bilangnya ga waktu promo itu. Dulu pas zaman batavia udah denger lagi masalah (AA ga jadi beli), jadi tiketnya masih kepake sebelum kolaps, setelah itu ga beli-beli lagi pas AA batal beli, padahal bbrp rutenya tumben2an promo.

    Suka

      1. ooo eike ga ikutan kalo promo2 yg gitu, aku juga ga kuat begadang. biasa dpt promo krn jadwal kerja dan libur aku beda dg org2, terus biasanya pilih jalur yg ga biasa.. pokoknya semuanya serba ga mainstream, sangking ga mainstream jalurnya selalu ternacam ditutup (gulung2dilantai)

        Suka

    1. aku berharap engga sih pak, krn kalo di wilayah timur merpati masih merajai dan sepertinya penerbangan jalur barat dikurangi krn persainganya memang cukup sengit. ini analisisku lho… semoga bisa lancar liburan ke komodo 😀

      Suka

  3. guys, sesekali browsing tiket promo Qantas deh, kalo beruntung dapet tiket Lombok-Perth cuma 500rb (ini info dari temenku yg baru balik dari Lombok dan ketemu backpacker Oz di sana)

    Suka

      1. Halah hahaa … Blm pernah juga sih, tp emang pernah denger temen sharing kl dia pernah dpt tiket murah Air Asia dari Bali ke Perth 😉

        Kemaren cek, Qantas blm sampe Lombok soalnya, and dia ga ada flight ke Perth jg kl dari Bali 🙂

        Suka

  4. Weleh, kok gitu ya maskapai kita … semoga dapat ganti lebih baik Mas.

    Masak sih para traveler harus konsultasi dulu ke Ki Joko Bodo dkk sebelum beli tiket jauh-jauh hari ?! … 😀

    Suka

  5. sy jg beli tiket promo ultah merpati. Sy beli pp 123rb ke bali. Sy blm dpt sms pembatalan.mgkn krn hp jarang sy hidupkan.sepertinya memang mirip batavia.sy salah satu korban batavia.sampe skrg duit ga balik.sy telp ke pngacara yg nangani pailitnya batavia,nihil. Kembali ke case merpati.menhub memang punya skema membangkrutkan merpati scr perlahan.sy baca di http://m.liputan6.com/bisnis/read/807189/merpati-sengaja-dibangkrutkan-ini-respons-dahlan-iskan

    Sy baru baca lg,ada investor ttd kontrak dg merpati.baca http://beritatrans.com/2014/01/23/dua-investor-akhirnya-teken-kontrak-selamatkan-merpati

    Semoga aja merpati msh bs terbang.smg ga ada pembatalan lg. Amin

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.