Photography Produk

Kesan Pertama Samsung NX2000

Samsung X2000
Samsung X2000

Jodoh nih dengan Samsung NX2000. Setelah merindukan Smart Camera terbaru keluaran Samsung akhirnya jatuh ke pelukan . Pelan-pelan saya buka kotaknya dan… jreng-jreng.

Bagian atas kotak terdapat amplop tebal berisi CD tutorial , CD Adobe Lightroom 4 , buku petunjuk dan kartu garansi. Rasanya tidak sabar mencoba kamera tipis putih dengan layar 3,7 inchi. Lensa kit ukuran 20-50 mm dipasangkan di depan sensor. Tidak lupa baterai dan kartu memory 16 GB dimasukan ke slot di bawah body. Setelah yakin, tombol off diputar ke kiri. Ternyata lensa masih terkunci dan harus dibuka dengan tombol di lensa sambil diputar searah jarum jam.

Berdasarkan buku panduan , tombol paling kanan di putar untuk menampilkan menu utama terdiri dari: Auto, Smart, Expert dan Wi-fi. Menu auto , cara paling sederhana mengoprasikan kamera. Pengguna awam, termasuk anak-anak bisa menggunakannya. Dalam menu Smart kamera menyediakan menu setting standar: Landscape, Ligtht Trace, Waterfall, Firework dan sebagainya. Bagi yang terbiasa mengoperasikan DSLR manual, menu Expert bisa menjadi pilihan. Tombol Fn di lensa mengantar pengguna menuju menu untuk mengatur kecepatan rana, aperture, White balance dan ISO.

Percobaan pertama mengambil gambar di dalam ruangan. Objek pertama jam meja dengan menu auto. Titik fokus diambil dengan menekan shutter setengah lalu pilih bagian gambar pada touch screen. Sangat mudah mengoperasikan. Tanpa perlu berpikir panjang bisa menghasilkan gambar bagus. Bermain-main sudut pengambilan dan komposisi mencoba mengabadikan beberapa benda seperti: mesin jahit, telepon dan patung kura-kura.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Outodoor
Puas bermain di dalam ruangan beranjak ke luar. Dalam kondisi cuaca cerah siang hari pengambilan gambar di luar ruangan relatif mudah dengan menggunakan mode Auto atau Smart . Berbeda dengan siang hari , malam hari perlu diperhatikan seting manual . Meskipun rentang ISO mencapai 25.600 tapi perlu dipertimbangkan distorsi gambar. Paling aman memang menggunakan menu Smart dan kita bisa bermain-main sub menu malam seperti Light Trace dan Firework.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Concept Photography
Berikutnya bermain-main dengan fotografi tematik. Karena pekan ini saya tidak traveling (bekerja di remote site). Meja billyard menjadi objek foto. Warna-warna bola billyard memang menarik, apalagi bermain dengan fokus dan blur menambah dimensi gambar. Jika merasa warnanya kurang “nonjok” bisa menggunakan editor dengan merubah saturasi, contrast, brigntness, saturation, hue sampai color temperatur.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ingin mengambil foto ruangan bilyar penuh tapi lensa yang ada terbatas. Coba manfaatkan menu panorama, caranya mudah tekan shuter setengah lalu gerakan kamera menyapu ruangan secara vertikal. Hasilnya foto ruangan luas tanpa menggunakan wide lens.

mengambil foto ruang bilard dengan fitur panorama
mengambil foto ruang bilard dengan fitur panorama

Share Now
Puas berkesperimen saatnya meunggah hasilnya ke jejaring sosial melalui internet. Jika ada jaringan Wi-fi maka akan lebih mudah karena Samsung NX2000 dilengkapi dengan fitur koneksi Wi-fi. Karena di sini (tempat kerja di hutan ) tidak ada wi-fi saya mencoba menggunakan cara lain. Pertama mentransfer gambar dari smartcamera Samsung ke smartphone secara nirkabel dengan menggunakan Link Mobile. Software Link Mobile dapat diunduh di Application Store Googel secara gratis dan langsung bisa diisntal di smartphone. Untuk lebih lengkapnya bisa menyimak video berikut ini:

Kesan pertama menggunakan Samsung NX2000 , user friendly bagi pengguna pemula. Namun fiturnya sangat lengkap bagi fotografer yang sudah berpengalaman. Menu editornya memudahkan pengguna mengkoreksi gambar sebelum di share tanpa menggunakan PC. Tidah hanya cocok bagi traveler tapi mereka yang bekerja mobile dan membutuhkan kecepatan transfer gambar untuk laporan. Kamera ini memang berdimensi kecil tapi kemampuannya sangat besar, dari segi peforma dan teknologi. Teknologi tidak hanya tinggi namun mampu mempermudah pekerjaan manusia. Let’s share now, Your wow picture.

All photos except (1) is taken using Samsung NX2000

 

RELATED STORIES
Samsung NX2000 Senjata Baru Traveler
Kesan Pertama Samsung NX2000
Hunting Food With Samsung Camera

32 komentar

  1. saya udah baca ulasan samsung nx2000 ini di blog tehsusu, eh di sini juga gak kalah lengkap. gambar2nya bikin berasa pengen beli aja. tapi tunggu pengumuman lomba blog dah, kalo menang baru bisa beli. buat penyuka jalan2, emang mesti punya yg ini.

    Suka

  2. mengutip dari mbak ayanapunya.wordpress.com diatas,yang paling sayang dari kamera ini adalah ‘harganya sama kayak dslr’. hehehee.. saya sendiri sih masih prefer dslr, kalo untuk mobile, masih cukup puas dengan 4s berikut aplikasi-aplikasi nya.. hehee..
    btw, ternyata cukup bagus juga neh kamera sayang ga disebutin kekurangannya di tulisan diatas..

    Suka

  3. Makasih buat infonya..lagi menabung buat beli nih kamera..pengen warna pink..hehehe..oh ya mas saya liat yang cara berbagi foto td ke hp, bisa pake NFC juga kan ya? Klo pake mobile link tp ngga ada wifinya masih bisa jalan? Soalnya td saya perhatikan di videonya dinyalain wifinya dr mobile phonenya..

    Suka

  4. Oh ok deh mas danan sip!! Oh ya sama mau tanya kira2 lensa ukuran berapa yang bisa ngezoomnya bisa sebanyak 21x atau lebih kaya samsung galaxy camera?

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.