Secangkir Kopi dan Inspirasi

Beberapa orang mengatakan bahwa secangkir kopi dan sebatang rokok mampu memberikan inpirasi ketika otak sudah benar-benar “stuck”, karena terlalu lelah ataupun terlalu jenuh menghadapi pekerjaan. Tapi sebetulnya kopi membuat jantung kita berpacu lebih cepat, inilah yang membuat kita selalu terbangun dan bersemangat. Di tambah lagi dengan rokok yang mensugesti orang menjadi lebih rileks dan mampu berpikir dan berkonsentrasi.

Seperti pagi ini inspirasi saya datang ketika melihat segelas kopi yang tergeletak di atas meja , sisa rekan kerja yang check out terlebih dahulu. Komposisi yang cukup menarik: segelas kopi lengkap dengan asbak dan puntung rokok di pagi hari. Dengan memanfaatkan cahaya sinar dari jendela kamar hotel , saya mencoba mengambil satu gambar yang mewakili semangat pagi ini tentang “inspirasi”.

Lalu inspirasi berikutnya kembali datang. Bagaimana jika semua elemen logam dihilangkan? Serta bereksperimen mengambil gambar dari berbagai sudut. Hasilnya tampilan gambar yang lebih sederhana dengan sudut pandang yang berbeda. Seperti satu analogi kehidupan : untuk menjadi bijaksana kita tidak perlu memperumit satu masalah tapi hanya perlu memandang satu masalah dari beragam sudut pandang.

Setelah berputar-putar mengambil sudut terbaik, satu inspirasi kembali datang. Ternyata kedua elemen (meja dan cangkir) memiliki bentuk yang sama yaitu lingkaran. Dengan mengambil detail gambar tepat dari atas , tergambar jelas satu garis lingkaran yang kongruen antara cangkir dan meja menciptakan satu komposisi gambar. Aha.. beginilah seharusnya hidup bermasyarakat, kita harus bisa mencari persamaan dengan orang ketimbang perbedaan. Agar hidup lebih harmonis menghasilkan komposisi sosial yang indah.

Rasanya pagi ini begitu banyak insiprasi yang datang dari segelas kopi, tanpa saya harus meminumnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s