Transportasi “Larut Malam” di Jakarta

center
Bagi pemilik kendaraan pribadi di Jakarta , mungkin keluar atau pulang malam tidak menjadi satu kendala. Namun bagi pendatang seperti saya yang sesekali datang ke Jakarta dan ingin menikmati pesona malam hari Jakarta menjadi satu dilema. Jujur saya tidak terlalu hapal no bus dan rute yang ada di Jakarta. Untuk berpergian di Jakarta hampir 90% saya mengandalkan jasa busway yang murah dan cukup mudah bagi saya yang tidak paham kota Jakarta. Dengan bermodalkan peta yang di inject ke dalam ponsel, dengan percaya diri saya berkelana di Jakarta.

Malam minggu kemaren saya mendapatkan undangan dari seorang rekan lama untuk bertemu di Sarinah. Dan pertemuan ini dilanjutkan dengan acara karoke hingga larut malam. Ketika akan pulang saya agak kebingungan karena kendaraan andalan saya, busway. sudah tidak beroprasi lagi.

Sebenarnya cukup banyak pilhan alat tranportasi di Jakarta pada malam hari. Taxi, Bajaj dan Ojek nyaris beroprasi 24 jam tapi terkadang mereka memberikan harga yang tidak masuk akal. Terutama jika kita berpenampilan atau berlogat seperti orang luar daerah. Seperti malam itu , awalnya saya memutuskan untuk naik bajaj . Tapi setelah bernegosiasi dan tukang bajaj memberikan harga mahal maka saya memutuskan untuk naik taxi. Tukang bajaj menawarkan harga Rp 25.ooo untuk mengantar saya dari Sarinah ke Setiabudi. Saya tawar Rp 15.000 dia tetap ngotot dengan harga 20.000. Feeling sayang, ongkos Taxi tidak akan sebesar itu. Dan itu terbukti setelah saya naik Taxi , ongkos yang harus saya bayar hanya Rp 11.000.

Ada beberapa tips bagi pendatang di Jakarta yang ingin berpergian atau pulang larut malam:

1. Pahami nama lokasi di Jakarta. Mengetahui nama nama tempat di Jakarta sangat membantu kita untuk berpergian . Dari sini kita dapat memperidiksi jarak antar tempat dan membantu untuk mengkira2 tarif ongkos kendaraan jika harus bernegosiasi.

2.  Peta. Peta sangat membantu untuk memberikan gambran tiap2 lokasi. pilihan yang lebih moderen adalah gps yang menjadi bagian feature yg dibenamkan di handphone.

3. Jangan malu untuk bertanya. Bertanya kepada teman atau kerabat yang memahami tranportasi malam dan rate kira2 harganya.

4. Bersikap wajar. Jika berpergian malam cobalah untuk bersikap yang tidak  mengundang perhatian orang sepeti logat daerah yang berlebihan ataupun wajah panik dan bingung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s