Produk

Adaptasi Usaha Dengan Software ERP ‘SystemEver’ Paska Pandemik COVID-19

Akan banyak perubahan dunia usaha dan bisnis paska pandemik COVID-19. Banyak industri yang tak mampu menahan perubahan pola pergerakan manusia yang cenderung statis akibat lockdown dan karantina lokal. Industri pariwisata seperti mati suri kehilangan pangsa pasar begitu juga manfakturing harus menghentikan kegiatan produksi karena tidak mendapat asupan bahan baku yang kebanyakan diimpor dari China. Namun yang paling menyedihkan dari semua ini adalah keputusan pengusaha untuk merumahkan pegawainya atau memutuskan hubungan kerja karena ketidakmampuan menahan beban ekonomi akibat krisis pandemik.

Kondisi global saat ini memang tidak kondusif bagi semua bidang usahat tetap harus berpikir positif bahwa selalu ada hikmah di balik kesusahan. Seperti teman saya Choty, pebisnis ticketing dan traveling yang kini langsung banting setir ke usaha pengantaran sayuran dari rumah ke rumah. Bermodalkan media sosial, promosi dari mulut ke mulut dan jaringan pertemanan traveling bisnisnya langsung moncer. Dalam hitungan minggu omsetnya naik berkali lipat.

Inspirasinya datang ketika ia tidak bisa kemana-mana karena menjalani social distancing di kota kelahirannya Batam yang tidak ada memiliki penjual sayur online. Tanpa berpikir panjang ia langsung mencari suplier sayuran lalu mencoba memasarkan menggunakan laman instagram.Tantangan awal usaha adalah masalah teknis bagaimana mencari suplier dan perekrutan sumber daya manusia, namun tantangan berikutnya manajemen ketika konsumen langganan sudah banyak.

Sebagai penghobi traveling teman saya ini ingin memiliki sistem manajamen usaha yang dapat dipantau dari mana saja. Hanya dengan bermodalkan gawai, ia dapat mengendalikan melihat data keuangan, stok, penjualan dan pembelian. Lagi pula di era revolusi industri 4.0, sudah bukan jamannya berdiam di satu kota untuk memantau bisnis. Kelak ketika wabah pandemik berakhir, Choty ingin kembali menekuni hobi lamanya traveling

Impian Besar

Paska pandemik COVID-19 akan banyak yang berubah dengan pola hidup manusia termasuk pola konsumsi dan belanja. Banyak orang yang semakin sadar bahwa belanja online bukan hanya pakaian atau kebutuhan skunder. Sayuran dan buah yang biasanya harus diburu di pasar kini bisa didapatkan dengan bermodal gawai.

Secara margin bisnis kebutuhan primer mungkin tidak terlalu besar dibandingkan bisnis properti. Tapi ingat setiap hari orang butuh makan dan bisnis yang tidak matinya adalah kebutuhan primer manusia. Jika kuantitinya besar maka pundi-pundi yang dihasilkan tidak kalah dengan bisnis lain. Bayangkan jika dalam satu hari bisa melayani 100 konsumen dengan nilai belanja rata-rata 100 ribu rupiah, omset perharinya 10 juta rupiah.

Choty berpikir bahwa ini peluang besar yang akan menjadi rencana jangka panjang usahanya. Apalagi usaha yang dijalankan Choty di kota Batam, yang secara geografis berdekatan dengan Singapura dan Johor.

Impian besarnya adalah bisa mengembangkan usahanya hingga ke mancanagera oleh karena itu sedari dini ia ingin memiliki sitem manajemen bagi usahanya yang masih dalam kategori UMKM.

Menjawab Tantangan

Menjawab impian teman saya Choty, YoungLimWon 永林院 Soft Lab, perusahaan sistem ERP terkemuka asal Korea Selatan menghadirkan SystemEver® yaitu sebuah software sistem manajemen terpadu berbasis Cloud ERP (Enterprise Resource Planning). SystemEver® ini dirancang khusus untuk bisnis skala kecil dan menengah di berbagai bidang usaha dan fungsi manajemen, diantaranya manajemen akuntansi, penggajian, penjualan, pembelian, logistic, distribusi dan manufaktur lainnya.

Pelaku usaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar untuk infrastruktur IT yang rumit, dengan software ERP SystemEver® siapa saja bisa menggunakannya dengan mudah dan fleksibel tidak terbatas waktu dan lokasi. Kapan dan dimana saja selama terakses intenet dan menggunakan perangkat laptop, smartphone, tab, pemilik usaha bisa melakukan monitoring dan mempermudah bagian terkait berkordinasi secara terpadu. Karena pada prinsipnya, ERP membantu perusahaan dalam mengelola proses bisnisnya secara luas dengan menggunakan satu database dan satu sistem pelaporan manajemen.

Teman saya Choty sempat bertanya apakah keunggulan SystemEver®?

Pengalaman Sudah Teruji
Pengalaman sejak 27 tahun yang lalu, membuktikan betapa YoungLimWon sangat memahami kebutuhan pelanggan dan memiliki komitmen penuh untuk membuat bisnis pelanggan maju dan berkembang. Tak perlu ragu dengan kehandalan software yang satu ini. Perusahaan kecil maupun besar akan lebih produktif dengan bantuan software ERP SystemEver.

Fitur Visual-K™ yang mudah digunakan
Pelanggan SystemEver akan menikmati sebuah fitur yang dikenal dengan nama Visual-K. Fungsi dari fitur ini untuk membuat pengguna lebih mudah dalam menggunakan software ERP. Tampilan antarmuka yang mudah dipahami, tidak lagi menggunakan pull down menu sehingga menjadi lebih sederhana digunakan dan membuat pelanggan lebih nyaman dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Kemudahan lainnya yaitu semua proses berjalan dengan jelas dan cepat..

Akses Flexible
Menggunakan sebuah sofware yang memiliki Akses Flexible bisa digunakan kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan berbagai perangkat seperti laptop, desktop, tablet maupun ponsel. Asalkan terkoneksi internet, pekerjaan secara mobile bisa dilakukan dengan baik. Pemilik perusahaan dapat memantau berbagai aktivitas bisnis, transaksi, dan rekapan data dari rumah atau lokasi dimanapun. Dengan demikian Systemever menjadikan waktu Anda lebih efisien dan lebih efektif.

Consultant-K™
Perusahaan tak perlu khawatir mengenai konfigurasi software SystemEver karena sudah disediakan fitur Consultant-K yang siap melayani kebutuhan perusahaan sehingga Anda tidak memerlukan waktu yang lama serta biaya yang besar untuk konsultasi. Pengalaman SystemEver melayani berbagai pelanggan menjadi bukti komitmen untuk membantu bisnis Anda berkembang pesat.

Produk Sesuai dengan Kebutuhan
SystemEver memiliki iSeries produk yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. iSeries hadir dengan unit model (i1, i2, i3) dan integrasi sistem ERP (i5 & i7).

Harga terjangkau
SystemEver menawarkan harga yang terjangkau dan bisa digunakan sesuai kebutuhan sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan perencanaan anggaran dengan efektif dan efisien.

Melayani dengan 5 bahasa
SystemEver mendorong pertumbuhan bisnis Anda berkembang dan berdaya saing tinggi di tingkat global. Karena itu, SystemEver telah melengkapi layanannnya dalam 5 bahasa sekaligus yaitu bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Vietnam dan Indonesia.

Masalah Lebih Besar

Setiap jenis dan skala usaha memiliki masalah dan tantangannya masing-masing. Apakah SystemEver® mampu menjawab setiap jenis dan skala usaha.

SystemEver memiliki Product Version khusus, yaitu : iSeries. Ada beberapa model dari software ini yang dibagi berdasarkan fungsinya. Pelanggan hanya tinggal menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan

i1 Series (Manajemen Akuntansi)
Model software Systemever ini dirancang untuk memudahkan dalam pengelolaan keuangan perusahaan, seperti pengelolaan invoice atau piutang (invoice tracking), membantu menganalisis biaya dan menemukan laba, memonitor pengeluaran dan penerimaan secara real time sehingga bisa mengurangi pemborosan, membuat laporan keuangan serta membantu mempersiapkan proses audit eksternal.

Software ERP Systemever model i1 Series ini mudah digunakan oleh pemula sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak memiliki ahli keuangan khusus.

i2 (HR / Manajemen Penggajian)
Memiliki banyak karayawan tentu akan merepotkan pada saat penggajian. Terlebih dilakukan dengan cara manual, akan menyulitkan pada saat penyimpanan data, kalkulasi gaji dan sebagainya. Di Systemever model i2, masalah tersebut bisa teratasi dengan mudah. Model i1 membantu perusahaan Anda untuk saling berhubungan dengan sistem keuangan. Anda dapat memeriksa daftar gaji dalam berbagai bentuk, mengatur pencatatan absensi yang disesuaikan dengan kalkukasi gaji per jam atau harian, lembur, menambah, mengurangi atau mengubah tunjangan, mengarsipkan riwayat penggajian dengan mudah dalam riwayat akuntansi dan pajak, dan sebagainya.

i3 (Manajemen Persediaan/Inventory Management)
Model ini sesuai untuk perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan barang ataupun penjualan produk (bisnis ritel). Sistem yang disediakan memungkinkan untuk mengintegrasikan antara bagian pembelian, penjualan dan produksi dalam penerimaan inventaris. Anda dapat memeriksa inventaris terbaru secara real time tanpa manajemen inventaris, mengelola stok gudang, mengelola pesanan, dan sistem pemesanan, memonitor sistem penjualan dan menjamin kerahasiaan penjualan dengan membatasi akses sesuai divisi atau lebel manejerial sehingga kinerja tetap berjalan dengan baik.

i5 (Manajemen Penjualan dan Distribusi)
Model i5 ini cocok digunakan untuk perusahaan yang bergerak di bidang distribusi. Sistem cloud ERP i5 menghubungkan bagian pembelian, penjualan hingga sistem akuntansi secara terintegrasi dan Anda dapat dengan mudah melihat serta mengelola pengiriman, memeriksa informasi penjualan berdasarkan laporan status penjualan, mengeluarkan segera faktur pajak saat penjualan, dan memonitor kinerja penjualan oleh tenaga penjualan.

i7 (Manajemen Pabrik/Manufacturing Management)
Model sistem ERP i7 ini menyuguhkan fitur-fitur fungsi manajemen yang lebih lengkap dan konprehensif, cocok digunakan untuk perusahaan manufaktur berskala besar yang mempunyai data MPS (Master Production Schedule) untuk produksi jangka panjang/pendek dan memiliki BOM (Bill of Material). Perusahaan dengan jumlah karyawan besar dan telah menggunakan sidik jari absensi serta perhitungan gaji berdasarkan jam kerja serta telah melakukan perencanaan produksi dalam jangka pendek atau panjang. Skalasi bisnis harus dilakukan demi menjaga sustainabilitas bisnis yang menguntungkan. Karena itu, butuh peningkatan kinerja yang mengintegrasikan sistem back office dengan front office dengan pengelolaan yang lebih efisien dan lebih efektif.

SystemEver versi i7 ini merupakan penggabungan dari beberapa model lain dan terintegrasi. Dengan adanya sistem ini membuat produktifitas perusahaan akan meningkat. Segala pekerjaan di dalam perusahaan seperti akunting, penggajian, distribusi akan dibantu oleh sistem ini.

Menghadapi Ketidakpastian Dengan Teknologi

Mungkin kita tidak akan pernah tahu kapan pandemik ini akan berakhir dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan ekonomi. Namun sebagai manusia yang mampu beradaptasi di segala kondisi harusnya kita tetap optimis. Kita harus tahu beberapa langkah ke depan yang akan diambil.

Mungkin iklim usaha di beberapa sektor belum membaik tapi kita harus membaca peluang di masa depan. Saatnya membangun bisnis yang efisen dan global dengan beralih ke sistem SystemEver. Jika anda penasaran dengan software ERP terbaik, silakan Anda kunjungi URL berikut https://systemever.co.id/

YoungLimWon Soft Lab Co., Ltd
Gandaria 8 Office Tower, 8th Floor
Jl. Sultan Iskandar Muda, Jakarta 12240
Phone : +6221 2985 1628
Email : info@systemever.com
Mobile : +62811 9717 708

6 tanggapan untuk “Adaptasi Usaha Dengan Software ERP ‘SystemEver’ Paska Pandemik COVID-19”

  1. Wah keren banget tuh aplikasi… Harganya worthed gak ya dengan pendapatan? Trus perlu konfigurasi yg rumit gak ya? Krn setahu ku software ERP tuh rada2 ribet gitu. Sama itu cloud based atau perlu diinstalasi di tempat kita ya?

    Suka

  2. Dalam jangka waktu singkat dampak pandemi virus corona memukul segala sektor perekonomian dunia terutama di Indonesia. Masyarakat pelaku UMKM banyak menjerit meminta aksi cepat pemerintah dalam menangani masalah ini. Pedagang kecil juga belum berhenti menghela napas karena tidak dapat memenuhi kebutuhan harian. Hal lainnya, dampak virus corona turut menyergap sektor konstruksi gedung. Upaya pembangunan infrastruktur negara harus memaklumi keadaan dengan menahan laju beberapa proyeknya.

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s