Lomba TIps Travelling

Banyak Jalan Menuju Udik – Versi 2018

Keinginan ibu untuk mudik di lebaran tahun lalu membuat saya terharu sekaligus panik. Setelah 30 tahun lebih tidak pulang kampung tetiba ibu ingin bertemu teman-teman sebayanya. Dan yang bikin panik keinginan itu diucapkan saat hari ke 5 bulan  Ramadhan, padahal saya sudah membeli tiket pesawat  Batam-Lampung. Artinya setelah sehari di Lampung, saya kembali harus melanjutkan perjalanan ke Madiun. Lalu dengan apa ke sana, apakah masih ada tiket?

Setelah mengutak-atik rute dan  itinerary perjalanan,  akhirnya memutuskan naik pesawat Lampung-Solo lalu dilanjutkan perjalanan  darat ke Madiun.

“Memang hari pertama lebaran ada bis ke Madiun dari Solo.” Tanya kakak perempuan saya, Mbak Dian.

“Ya dicoba saja nanti kalau nggak ada kan bisa cari sewaan mobil di bandara.” Jawab saya santai.

“Dek jalan dengan orang tua jangan dianggap backpacker-an, semua harus direncanakan. Kasihan Ibu sudah sepuh nanti kecapekan di jalan, terus kalau sakit gimana?”

Saya terdiam mencoba memikirkan alternatif itinerary. Satu-satunya transportasi darat yang selalu ada jelas kereta api tapi ternyata tiket yang waktu berangkatnya  berdekatan  jam ketibaan pesawat di Solo sudah habis. Saya kembali berpikir lalu berkutat dengan jadwal kereta api Solo-Madiun. Meski harus menunggu beberapa jam di Solo tapi menumpang kereta api adalah pilihan bijak. Selain jadwalnya pasti, Ibu bisa beristirahat usai penerbangan  panjang.

Dan hari yang dinanti itu tiba, saya dan Ibu Mudik bersama ke Madiun. Ternyata Mas Dendi, keponakan Ibu memberi kejutan, ia menjemput kami di bandara Adi Soemarmo Solo dan tiket kereta api tidak jadi terpakai.

Ibu (kiri) dan teman sepermainannya Sutini (kanan)
Ibu (kiri) dan teman sepermainannya Sutini (kanan).

Walau jatah cuti tahun lalu habis  tapi saya merasa senang  bisa melihat ibu bahagia bertemu dengan teman masa kecilnya dan menyambangi tempat-tempat yang membangkitkan kenangan.

“Dulu Ibu sepedahan menyusuri kanal ini kalau mau ke sekolah.” Cerita  Ibu dengan wajah sumringah.

Sepanjang perjalanan ia berkisah tentang teman-temannya dan masa mudanya yang begitu berwarna.” Waktu SD kami punya kelompok Arumba.”

“Arumba?”

“Iya alunan rumpun bambu. Kelompok musik yang alat musiknya terbuat dari bambu.”  Cerita Ibu bersemangat.

“Dulu Pakde Hadi juga ikut. Ada juga Mbak Lasmi, sahabat ibu.” Saya tak pernah melihat Ibu bersemangat seperti hari ini.

Kelompok musik bambu ibu semasa sekolah dasar.
Kelompok musik bambu ibu semasa sekolah dasar.

Selain bahagia perjalanan nostalgia seperti ini juga menghadirkan duka.  Mempertemukan mereka yang masih hidup dan mengenang yang sudah tak ada. “Ternyata kita bisa tua juga ya Nik.” Dua wanita berusia setengah abad lebih saling berpandangan dengan mata berkaca-kaca  lalu tertawa berderai.

Foto bersama sanak saudara di Mbarat, Madiun.
Foto bersama sanak saudara di Mbarat, Madiun.
Berfoto dengan keluarga di Ponorogo.
Berfoto dengan keluarga di Ponorogo.

Mudik Versi 2018

Mudik versi 2017 akhirnya berjalan sukses meski saya tak sempat singgah lama di rumah. Sehari setelah mengantar ibu ke Lampung, saya kembali ke Batam dengan membawa kenangan indah. Lalu bagimana dengan tahun ini, akankah kami mudik kembali?

Setelah saya tanya, tahun ini   beliau ingin lebaran di Lampung tapi hatinya juga tergoda ingin turut serta ke  Pekalongan, kampung halaman kakak ipar. Baiklah bagaimana kalau kita lebaran dulu di Lampung lalu hari ke dua baru menyusul ke Pekalongan.

Tiket pesawat Batam-Lampung PP  sudah saya pesan jauh-jauh hari dan sekarang saya mencoba mencari tiket pesawat Lampung-Jakarta PP  tapi ternyata ada masalah baru. Tiket kereta api dari tanggal 18 Juni sampai  akhir bulan Juni sudah habis terjual. Dan kembali saya harus memutar otak bagaimana bisa berlebaran di Lampung tapi juga mudik ke Pekalongan. Baiklah agar keinginan Ibu tercapai saya perlu membuat beberapa rencana.

Ternyata tiket kereta api dari tanggal 18 Juni 2018 sampai akhir bulan Juni sudah habis dipesan.
Ternyata tiket kereta api dari tanggal 18 Juni 2018 sampai akhir bulan Juni sudah habis dipesan.

1. Rencana Pertama

Tiket pesawat Lampung-Jakarta PP dan tiket kereta api Jakarta-Pekalongan tanggal 16 Juni 2018 tetap saya beli. Berharap bulan April saya mendapat tiket kereta api gerbong tambahan rute Semarang-Jakarta (Argo Muria Lebaran atau Argo Sindoro Lebaran). Sebelum naik kereta dari Semarang  ibu harus menempuh perjalanan darat menuju Semarang terlebih dahulu.

Tiket Jakarta - Pekalongan sudah dibeli tapi tiket pulangnya belum.
Tiket Jakarta – Pekalongan sudah dibeli tapi tiket pulangnya belum.

2. Rencana ke Dua

Tetap berangkatnya dengan menggunakan pesawat Lampung-Jakarta dan kereta api Jakarta-Pekalongan. Pulangnya melalui jalan darat dan laut bersama Mbak Dian sekeluarga dengan kendaraan pribadi menuju Lampung. Tapi ini menjadi pilihan terakhir karena perjalanan ini akan melelahkan bagi ibu.

3. Rencana ke Tiga

Meninggalkan ibu sementara di Jawa sampai liburan usai dan transportasi darat normal. Terserah ibu mau tinggal lama dimana, di Madiun, Solo, Pekalongan, Jogja atau Surabaya. Tapi rencana ini pasti akan ditentang mantan pacar ibu yang paling ganteng yaitu bapak. Ya lelaki yang dulu dunia kerjanya dekat dengan traveling tapi di masa tuanya enggan meninggalkan rumah. Jika diajak ke luar kota, jawabannya selalu sama. “Nanti siapa yang kasih makan ayam dan kucing di rumah. Yo wis, aku tunggu rumah saja.”

Mengapa beli tiket kereta apdi di Tiket.COM?
Mengapa beli tiket kereta api di tiket.com? #tiketkemanapun

Saya pribadi  berharap akan ada gerbong tambahan sesuai rencana pertama. Berdasarkan informasi tiket gerbong tambahan dapat  dipesan mulai H-60 untuk  keberangkatan tanggal 5 Juni 2018 sampai dengan 25 Juni 2018.  Artinya bulan April saya harus berburu tiket kereta menuju Jakarta sesuai dengan itinerary perjalanan yang sudah dibuat dan  memesannya di OTA langganan saya tiket.com.

Daftar Kereta Api Tambahan Lebaran 2018

NAMA KA RELASI – PP Berangkat
Argo Lawu Fakultatif Solo Jakarta ( Solobalapan-Gambir) 09.00
Argo Lawu Fakultatif Jakarta Solo ( Gambir-Solobalapan) 21.15
Argo Dwipangga Lebaran Solo Jakarta ( Solobalapan-Gambir) 21.30
Argo Dwipangga Lebaran Jakarta Solo ( Gambir-Solobalapan) 10.00
Taksaka Lebaran Yogyakarta Jakarta ( Yogyakarta-Gambir) 06.40
Taksaka Lebaran Jakarta Yogyakarta ( Gambir-Yogyakarta) 19.30
Taksaka Lebaran Yogyakarta Jakarta ( Yogyakarta-Gambir) 22.15
Taksaka Lebaran Jakarta Yogyakarta ( Gambir-Yogyakarta) 10.15
Argo Muria Lebaran Semarang Jakarta ( Semarang Tawang-Gambir) 07.00
Argo Muria Lebaran Jakarta Semarang ( Gambir-Semarang Tawang) 13.45
Argo Sindoro Lebaran Semarang Jakarta ( Semarang Tawang-Gambir) 16.50
Argo Sindoro Lebaran Jakarta Semarang ( Gambir-Semarang Tawang) 23.45
Gajayana Lebaran Malang Jakarta ( Malang-Gambir) 19.45
Gajayana Lebaran Jakarta Malang ( Gambir-Malang) 23.30
Sembrani Lebaran Surabaya Jakarta ( Pasar Turi-Gambir) 09.00
Sembrani Lebaran Jakarta Surabaya ( Gambir-Pasar Turi) 16.45
Purwojaya Lebaran Cilacap Jakarta ( Solobalapan-Gambir) 08.20
Purwojaya Lebaran Jakarta Cilacap ( Gambir-Cilacap) 16.00
Lodaya Lebaran Solo Bandung ( Solobalapan-Bandung) 08.15
Lodaya Lebaran Bandung Solo ( Bandung-Solobalapan) 20.20
Lodaya Lebaran Solo Bandung ( Solobalapan-Bandung) 22.05
Lodaya Lebaran Bandung Solo ( Bandung-Solobalapan) 09.35
Sancaka Lebaran Surabaya Gubeng – Yogyakarta 09.40
Sancaka Lebaran Yogyakarta – Surabaya Gubeng 17.50
Cirebon Ekspres Fak Cirebon – Jakarta ( Cirebon – Gambir) 16.45
Cirebon Ekspres Fak Jakarta Cirebon (Gambir – Cirebon) 20.30
Argo Jati Tambahan Cirebon – Jakarta ( Cirebon – Gambir) 21.15
Argo Jati Tambahan Jakarta Cirebon (Gambir – Cirebon) 00.40
Argo Jati Fak Cirebon – Jakarta ( Cirebon – Gambir) 11.00
Argo Jati Fak Jakarta Cirebon (Gambir – Cirebon) 07.15
Senja Utama CN Fak Cirebon – Jakarta ( Cirebon – Gambir) 15.10
Senja Utama CN Fak Jakarta Cirebon (Gambir – Cirebon) 05.45
Kutojaya Utara Tambahan Kutoarjo – Pasar Senen 10.40
Kutojaya Utara Tambahan Pasar Senen – Kutoarjo 23.20
Kutojaya Utara Lebaran Kutoarjo – Pasar Senen 20.30
Kutojaya Utara Lebaran Pasar Senen – Kutoarjo 08.30
Kutojaya Selatan Lebaran Kutoarjo – Kiaracondong 11.10
Kutojaya Selatan Lebaran Kiaracondong – Kutoarjo 23.30
Kertajaya Lebaran Pasar Turi – Pasar Senen 23.35
Kertajaya Lebaran Pasar Senen -Pasar Turi 08.45
Tawang Jaya Lebaran Semarang Poncol – Pasar Senen 09.15
Tawang Jaya Lebaran Pasar Senen – Semarang Poncol 19.45
Brantas Lebaran Blitar – Pasar Senen 13.55
Brantas Lebaran Pasar Senen – Blitar 18.00
Matarmaja Lebaran Malang – Pasar Senen 19.00
Matarmaja Lebaran Pasar Senen – Malang 18.45
Pasundan Lebaran Surabaya Gubeng – Kiaracondong 05.35
Pasundan Lebaran Kiaracondong – Surabaya Gubeng 06.45

Agar tidak membuang waktu saat memesan tiket saya sudah menandai kereta api dan jurusan mana yang akan saya buru. Buat kamu yang belum kebagian  tiket mudik silakan lihat tabel di atas untuk berburu Tiket Kereta Lebaran 2018.

Beli Tiket Dengan Aplikasi

Khusus tahun ini ada dua promo menarik  jika kamu membeli tiket kereta api di tiket.com, syaratnya  hanya perlu melakukan transaksi  dia atas 300 ribu rupiah dengan menggunakan aplikasi. Lumayan kan dapat makan di kereta api plus potongan 40 ribu rupiah. Silakan catat ya kode promo di bawah.

Mau makan gratis di kereta api, pesan tiketnya di aplikasi tiket.com yuk!
Mau makan gratis di kereta api, pesan tiketnya di aplikasi tiket.com yuk!

Berikut langkah membeli tiket kereta api dengan aplikasi tiket.com agar mendapatkan dua bonus.

Aplikasi ini bisa kamu unduh di melalui Play Store untuk pengguna android atau IOS Store untuk pengguna iphone.
Aplikasi ini bisa kamu unduh di melalui Play Store untuk pengguna android atau IOS Store untuk pengguna i-phone.

Setelah melakukan pembayaran maka akan ada e-mail dan sms notifikasi yang nantinya digunakan untuk check-in dan mencetak tiket di stasiun kereta api.

Jangan lupa untuk melakukan check in dan penukaran tiket dengan membawa identitas pribadi.
Jangan lupa untuk melakukan check in dan penukaran tiket dengan membawa kartu identitas.

Tips Berburu Tiket Kereta Api Mudik

Berburu tiket yang jumlahnya terbatas tapi diminati banyak orang itu seperti perang, kita harus mempersiapkan amunisi dan strategi agar memenangkan peperangan. Kira-kira strategi apa yang harus dilakukan agar tujuan tercapai?

  1. Rencana Perjalanan

Jauh sebelum jam “j” dan tanggal “t”  perburuan tiket datang, buat rencana perjalanan pulang pergi. Dari sini akan diketahui jurusan dan jumlah tiket kereta api  yang akan dibeli. Pertimbangkan juga jam keberangkatan kereta api  jika menggunakan transportasi kombinasi seperti pesawat terbang atau bis.

2. Gawai &  Internet

Pastikan gawai yang digunakan untuk berburu tiket memiliki daya yang cukup serta koneksi internet yang cepat. Meski PC atau laptop memiliki layar yang lebih lebar saya lebih suka menggunakan aplikasi  tiket.com. Secara logika dibutuhkan waktu yang lebih lama  untuk me-loading satu halaman web penuh gambar dibandingkan aplikasi yang didominasi teks.

3. Data Penumpang

Persiapkan data penumpang seperti nama, tempat tanggal lahir dan nomor kartu identitas diri. Jauh sebelum perburuan tiket  dimulai sebaiknya masukan semua data yang ada di fitur “Daftar Penumpang” aplikasi tiket.com untuk menghemat waktu.

4. Metode Pembayaran

Waktu pembayaran hanya satu jam oleh karena itu sebelum berburu tiket persiapkan metode pembayaran yang cepat, bisa kartu kredit, internet banking atau mobile banking.

5. Jangan Tiket Termurah

Tiket dengan harga paling murah pasti sangat diminati dan perburuan semakin sengit. Jika kamu tidak memiliki internet berkecepatan super tinggi saran saya pilihlah tiket yang harganya tidak paling murah karena pasti peminatnya tidak terlalu banyak. Jika memiliki bujet lebih tidak ada salahnya membeli tiket lebih mahal untuk mengurangi persaingan.

6.  Pantang Menyerah

Jika perburuan tiket di jam pertama belum berhasil jangan menyerah karena setelah satu jam  selalu  ada kemungkinan tiket telat dibayar dan otomatis  akan kembali masuk ke dalam sistem.

7. Rencana Cadangan

Jika di jam-jam berikutnya kamu belum mendapatkan tiket yang kamu inginkan buat rencana cadangan dengan mencari tiket kereta api dengan rute yang terputus-putus. Misal  tiket  kereta api Jakarta – Jogjakarta sudah tidak ada,  mengapa tidak mencari tiket Jakarta-Bandung lalu Bandung-Jogjakarta.

8. Simpan Kode Booking

Jika sudah mendapatkan tiket yang diinginkan jangan lupa untuk menyimpan kode booking yang dikirim melalui  e-mail dan SMS. Kode booking dimasukan  ke  alarm ponsel agar selalu mendapat peringatan tanggal dan jam keberangkatan kereta api.

Nampaknya perjuangan mudik versi 2018 akan lebih sengit dibandingkan versi 2017. Bulan depan saya harus bertarung dengan ribuan (mungkin jutaan) pemburu tiket kereta api gerbong tambahan. Doakan perjuangan kali ini  membuahkan hasil demi menyenangkan hati Ibu yang ingin berkumpul dengan besan, cucu dan menantu di Pekalongan saat hari raya.

Tulisan ini diikutsertakan Writing Competition #tiketkemanapun yang diadakan oleh tiket.com dan kumparan.
Tulisan ini diikutsertakan Writing Competition #tiketkemanapun yang diadakan oleh tiket.com dan kumparan.

 

15 komentar

  1. Semoga tiket KA-nya dapat mas Danan. Amin Allahuma Aamin. Soalnya Pekalongan -Semarang memang ga terasa naik mobil di hari-hari biasa. Tapi kalau musim mudik lebaran..duh jangan ditanya deh #pengalaman sering ngebus Semarang-Lampung

    Disukai oleh 1 orang

  2. Semangat berjuang berburu tiket kereta ya kak…inshaallah niat baik menyenangkan orang tua, biasanya dimudahkan..
    dan mantap tutorial dan jadwal keretanya lengkap banget.. sangat membantu bagi yang membutuhkan 🙂

    Suka

  3. hehehe mudik, aku mudik kemana ya, mudiknya ke Batu Aji Batam saja sepertinya hahaha. Tapi good info nih kak tips nya next mana tau nanti dapat jodoh orang jawa bakalan mudik dengan kereta api dan pesawat kali ya hehehe

    Suka

  4. Berburu tiket kereta pas untuk mudik itu luar biasa perjuangannya… enaknya sekarang udah online, kalau dulu bisa sikut-sikutan di stasiun. Haha…
    Semoga berhasil hunting tiketnya mass 🙂

    Suka

  5. Istilahnya banyak jalan menuju Roma ya mas.. Mesti bikin beberapa plan biar rencana mudik sukses.. 🙂 Kebahagiaan Ibu jadi kebahagiaan kita juga.. Aku juga suka banget kalo denger cerita mamaku soal masa kecilnya sampai remaja.. 🙂 Moga-moga lancar mudiknya tahun ini..

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.