Sarapan Mie Celor Sari Rasa

Mie Celor Sari Rasa - Jambi
Mie Celor Sari Rasa – Jambi

Toko Sari Rasa. Lihat tampilannya lebih tepat disebut warung tapi sutralah apa arti sebuah nama. Pagi ini gue  happy banget nemu warung yang menyajikan kuliner lokal. Rasanya berdosa banget ketika ada teman bertanya tempat makan rekomen di kota Jambi dan gue tidak bisa jawab.

“Kemana aja sih loe. Empat tahun di Jambi ga tahu apa-apa”. Pasang muka jutek.

Ya… ya… gue di Jambi kan bukan di kota. Tiap sampai di kota tidak sampai satu jam langsung dideportasi ke hutan. Begitu juga sebaliknaya, dari hutan sampai ke kota tidak sampai satu jam lanjut  ke bandara atau pangkalan bus.

toko Sari Rasa di kawasan Jelutung kota Jambi
toko Sari Rasa di kawasan Jelutung kota Jambi

Mata langsung nanar melihat ruko dua lantai di kawasan Jelutung. Arsitekturnya jadul tapi terawat, cat dinding hijau dengan kanopi warna-warni terlihat menonjol di antara bangunan lain. Meski pagi ini jalanan agak ramai dan susah cari tempat parker.

mengintip menu makanan Sari Rasa
mengintip menu makanan Sari Rasa

Suasana di dalam warung kopi  banget, meja dan kursi kayu panjang berjajar dan pembeli duduk saling berhadapan. Sepert kebanyakan kedai kopi di Indonesia, suasana keakraban dan kehangatan begitu terasa. Membuat orang betah berlama-lama duduk.  Tapi gue tetep kekeh mau makan di sini, nggak ngopi.

Gue pilih mie celor untuk sarapan bukannya tanpa alas an . Tekstur kuah kentalnya pas untuk mengisi lambung di pagi hari dan rasanya tidak terlalu pedas. Kuliner ini sebetulnya berasal dari Palembang namun menjadi populer di Jambi. Karena sebetulnya kuliner tradisional Palembang, Jambi , Bengkulu dan Lampung hampir mirip.

Intip yuk cara meraciknya. Pertama-tama tauge diseduh dalam air panas lalu dimasukan ke dalam piring bersama mie. Kaldu udang kental dilimpahkan memenuhi piring menebarkan aroma gurih. Tapi tunggu dulu, jangan lupa taburkan daging goreng renyah , peterseli cincang  dan bawang goreng. Biar lebih menggoda letakan potongan telur rebus potong seperempat.

Sekilas rasanya mirip mie Belitung tapi tidak terlalu manis. Isiannya pun berbeda, sebagai variasi   mie Belitung disertakan potongan kentang rebus, ketimun dan emping. Tapi dua-duanya tetap lezat menggoda. 😀

Meski tergoda melihat pembuatan kulit martabak yang dibanting dan dilipat mirip origami, untuk menyantapnya berpikir seribu kali memandang kuah kari. Belum lagi sekaleng minyak samin dengan lemak berlinang-linang. Sebagai informasi, minyak samin merupakan minyak keras (mirip margarin) berasal dari lemak nabati biasanya digunakan untuk masakan India dan Timur Tengah.  Mau nambah lipatan di perut Om? Abaikan…

menu pilihan lain di Sari Rasa
menu pilihan lain di Sari Rasa

Bagi yang suka dengan masakan berkuah  Sari Rasa  menyediakan beragam jenis soto dan sop. Pastinya akan menjadi pilihan berikutnya  jika mengunjungi Sari Rasa. Jadi  tunggu ya kulikan kuliner selanjutnya…

Toko Sari Rasa
Jl Hayam Wuruk No 13-15 – Jambi

Opening Hour
08:00 – 17:00

29 pemikiran pada “Sarapan Mie Celor Sari Rasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.