Acer Iconia W4 : Siap Kerja, Siap Liburan

Acer Iconia W4 - tablet apa laptop?
Acer Iconia W4 – tablet apa laptop? | acerid.com

“Eh ini laptop apa tablet ya? Kok bisa menjalankan aplikasi photosohop dan office.”

“Ssst ini Iconia W4, tablet teranyar dari Acer yang konon setangguh laptop.”

“Maksudnya?”

“Tablet seimut ini dipersenjatai Intel® Atom processor Z3740 up to 1.8 GHz Bay Trail quad-core generasi terbaru Intel. Performa dan efisiensi daya yang jauh lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya. Memiliki kemampuan untuk menjalankan berbagai aplikasi berat yang tidak bisa dilakukan tablet lain.”

“Hah!”

~Nguping percakapan dua orang di depan toko komputer~

***

bekerja di saat travelling  | corbis.com
bekerja di saat travelling | corbis.com

Sebagai travel blogger  masih nyambi jadi karyawan (kebalik ga ya?) kadang pas jalan masih kepikiran kerjaan kantor. Tiba-tiba boss telepon minta beberapa bahan presentasi direvisi. Nah lho! Mau ga mau musti bawa laptop kemana-mana.

Jujur yang gue butuhin pas liburan cuma tablet, pertama untuk selfie yang menunjang eksistensi diri di dunia maya. Tidak usah gua jelaskan bagaimana instagram, path, facebook, twitter , foursquare dan aplikasi media sosial lain membuat liburan makin hidup.

Gegara mendengarakan percakapan dua orang di atas, jadi penasaran dengan Acer Iconia W4. Syarat mutlak gadget pejalan itu ringan dan dimensinya ga bikin ribet. Diagonal layar 8 inchi dan bobot 415 gram jelas tidak akan memakan ruang di ransel. Apalagi tebal Iconia W4 hanya 10,75 mm.

Meski layarnya kecil jangan dianggap remeh, kata orang kecil-kecil cabe rawit. Dengan teknologi teknologi In Plane Switching (IPS) di resolusi 1280×800 piksel dan kerapatan layar sekitar 186 ppi, membuat layar tetap tajam  dipandang dari berbagai sudut.

Kehadiran teknologi Zero Air Gap pada Iconia W4 turut menyempurnakan tampilan layar. Nikmati tampilan lebih jernih dan tajam  video, foto, teks  dan animasi games  di layar Iconia W4.

“Games?” *mikir sejenak*

Iya games , bukan tablet saja tapi PC games. Intel® Atom processor Z3740 up to 1.8 GHz Bay Trail quad-core  memiliki performa tinggi dibanding generasi sebelumnya. So, Acer Iconia W4 memiliki kemampuan menjalankan aplikasi berat yang tidak bisa dilakukan tablet lain. *catet* Contohnya,  mengedit foto, memutar film resolusi 4K, sampai memainkan  game PC. Pas banget buat killing time di bandara kalau terkena delay . Selain itu daya tahan baterenya juara banget. Ini gadget  mampu bertahan selama 10 jam . Tidak diragukan bakal jadi sahabat traveller yang tidak mudah menemukan colokan listrik.

mungkin kah bermain game PC di tablet?
mungkin kah bermain game PC di tablet? | acerid.com

Selfie dan Dokumentasi
Salah satu point yang tidak boleh terlupakan dari sebuah perjalanan adalah dokumentasi , termasuk foto selfie. Ini penting banget lho, bukan penting aja. Bagian belakang  Acer Iconia W4 dilengkapi kamera berkekuatan 5MP dengan fitur autofokus cukup powerfull untuk mengabadikan momen perjalanan, keindahan landscape dan arsitektur. Akhir-akhir ini,  gue selalu membuat video  perjalaanan ,  silakan intip di http://www.youtube.com/user/dananwahyu).

Kamera  beresolusi 720p ber-frame-rate 60 fps di Iconia W4, dokumentasi travelling menjadi semakin mudah dan efektif. Merekam video dan meng-capture foto dalam satu gadget. O iya , satu yang hampir terlupakan di bagian depan Acer Iconia W4 tersedia kamera beresolusi 2MP fungsinya jelas untuk ber-selfie ria dan video chat. Jadi kalau lagi jalan-jalan dan kangen yayang bisa Skype-an. Uhuy!

selfie dan travelling , dua hal tak terpisahkan
selfie dan travelling , dua hal tak terpisahkan

“Hallo Yang aku lagi di Danau Toba” *melambai pada kamera*

“Ngapain kamu melambai pada kamera? Ga kuat pacaran dengan aku.”

“(-_-“) ….” *Hening di Danau Toba*

***

Siap Kerja Siap Liburan
“Bapak Danan , lusa  ikut meeting HSE, tolong siapkan bahan presentasinya.”

Pesan singkat di atas bikin konsentrasi liburan bubar, apalagi kalau tidak bawa laptop. Bagaimana mempersiapkan materi rapat. Laptop ketinggalan di rumah Lampung , presentasi di kantor Jambi dan sekarang aku di Medan. Keterbatasan bagasai, laptop menjadi gadget pertama dicoret dari daftar bawaan saat traveling. Tapi kalau kejadiannya kaya gini , bagaimana. Dilema. Seandainya tablet ini bisa untuk membuat presentasi  dan ada konektor HDMI  bisa langsung dihubungkan ke proyektor. Tidak ada acara pinjam laptop sana-sini. Begitu sampai kantor langsung presentasi.

Ternyata doa gue dijawab Tuhan melalui Acer . Siapa sangka Iconia W4 dilengkapi perangkat keyboard bluetooth yang tidak membutuhkan kabel. Tancapkan saja  Iconia W4 ke dudukan yang tersedia, tekuk separuh bagian case, siap kerja. Serasa punya kantor dimana saja. Selain berfungsi untuk mempermudah aktivitas pengguna , keyboard berfungsi sebagai pelindung dan leather-case yang bisa dilepas.

Kelar kerja file bisa langsung disimpan ke dalam memory internal sebesar 32 GB. Masih kurang besar?  Ada slot kartu memori microSD hingga 64 GB di sisi kanan untuk menambah kapasitasnya. Masih kurang besar lagi? Back-up dulu file lama ke  penyimpan eksternal melalui micro-USB (versi 2.0) yang juga bisa dikonversikan ke full-size USB dan keluaran video melalui konektor mini-HDMI. Fleksibel banget kan port-nya dibanding tablet lain.  La iyalah , ini kan berkat OS Windows 8.1, operating sistem windows paling anyar yang tidak hanya  diaplikasikan di PC tapi juga tablet.

port HDMI , slot  MicroSD |www.kompas.com
pengatur volume, port HDMI dan slot MicroSD |www.kompas.com

Kelamaan ngetik sambil liat layar 8 inchi memang tidak nyaman. Ada nih tips jitunya. Pinjam dulu TV hotel  ber-HDMI lalu  jalankan skenario  multi-monitor standar Icon W4 seperti mirroring atau extended dekstop. Dan akhirnya, siap bekerja dengan layar besar yang lebih nyaman. Kayaknya buat main game juga seru nih (lirik kanan-kiri). Tinggal adjust volume di sisi kanan – satu baris dengan slot micro SD dan keluaran HDMI – biar suaranya lebih nendang. Mau lebih nendang lagi, tambahkan pengeras suara lalu masukan ke jack audio 3,5 mm di bagian bawah. Jahhh… ini jadi kapan kerjanya?

Sumpah ini tablet keren bener kaya hewan amphibi , bisa di darat dan air. Diajak main atau kerja tetap mantep. Pokoknya bisa berevolusi sesuai keinginan dan kebutuhan. Kaya gue sekarang, pas pengen jadi mas-mas kantoran Iconia W4 berubah jadi laptop. Dibawa  liburan menunjang semua aktivitas traveling dari browsing informasi tujuan wisata, pesen tiket online sampai ber-selfie ria.  Termasuk ketika gue menjomblo, Iconia w4 jadi player film Korea beresolusi 4K.

Bagaimana dengan kamu, apakah Acer Iconia W4 cocok dengan aktivitas kamu?

21 pemikiran pada “Acer Iconia W4 : Siap Kerja, Siap Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s