Sumatra Barat Travelling

Onde Mande Ranca Bana Puncak Mandeh

Puncak Mandeh (dokumentasi pribadi)
panorama Puncak Mandeh mirip Teluk Kisam di Loh Buaya, Taman Nasional Komodo
  • Saya selalu berangan melihat laut biru gradasi toska hingga kehijauan dinaungi awan megah dan gugusan pulau hijau berserakan laksana zamrud. Hati dan pikiran  membatin kapan ya bisa ke Indonesia Timur mewujudkan satu dari sekian impian tentang nusantara. 

Dengan percaya diri Rico , rekan backpacker asal kota Padang mengajak kami ke kampungnya Paianan di Pesisir Selatan , propinsi Sumatra Barat. Dia berujar di dekat kampung Mandeh ada bukit tinggi dari sana terlihat pantai barat Sumatra, pemandangannya mirip Teluk Kisam di Loh Buaya , Taman Nasional Komodo.

“Apa iya. Rasanya tidak ada tempat di Sumatra yang mampu menyaingi keindahan pantai di Indonesia Timur.” Keraguan muncul dibenak saya.

“Pokoknya liat tempatnya jangan kaget. Di sana itu tempat latihan paralayang aku. Wah seru pokoknya liat pemandangannya. Apalagi pulau-pulau cantik di bawahnya ada Cubadak, adaPulau Traju, Pulau Setan Kecil, Pulau Sironjong Kecil dan Besar. Hampir semua pulau sudah aku kunjungi. Kapan-kapan nginep kesana yuk!”Cerocos Rico tanpa henti. Kami semua saling berpandangan tanda ragu, yang lain berpura-pura tidur. Ih kejamnya…

“Sudah sampai….” Suara Rico membangunkan seisi minibus. Masih terbuai mimpi,  satu per satu kami keluar dari kendaraan. Pantai dengan bentang lebih dari 180 derajat membentang dengan panorama Teluk Carocok Tarusan. Rasanya seperti mimpi, berkali-kali mencubit pipi . Beneran ini bukan mimpi.

Bengong sejenak….

“Kalau yang di sebelah utara itu pulau Bintangor, Pulau Marak, Pulau Ular, dan Pulau Pagang.” Suara Rico membangkitkan kesadaran kami.

Pelabuhan Carocok
Pelabuhan Carocok di Selatan Puncak Mandeh

Puncak Mandeh terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan yang berbatas langsung dengan Kota Padang. Kawasan ini hanya berjarak 56 KM dari Padang dengan luas ± 18.000 Ha dan waktu tempuh sekitar 56 menit.  Meski belum banyak  fasilitas transportasi umum kawasan ini sudah dilirik pihak asing  (Italia), mengembangkan resort wisata yang dikenal dengan Cubadak Paradiso. Dan yang paling menggembirakan kawasan Mandeh  menjadi destinasi utama kebijakan sektor pariwisata kebaharian yang dimasukkan ke dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) bersama Biak dan Bunaken.

pembangunan jalan di bawah bukit
pembangunan jalan di bawah bukit

Rico menjelaskan bahawa 7 kampung dari 3 nagari di kawasan ini termasuk ke dalam kawasan pengembangan wisata yaitu; Kampung Mudiak Air, Kampung Simpang Carocok, Kampung Pulau Karam, Kampung Sungai Nyalo, Kampung Sungai Tawar, Kampung Sungai Pinang, dan Kampung Teluk Raya. Beberapa infrastruktur juga mulai dibenahi, contohnya jalan mulai dibangun dengan menyisir bukit di bagian utara.

bergaya ala boyband di puncak Mandeh
bergaya ala boyband di puncak Mandeh

Sekali lagi kami ternganga mendengarkan paparan Rico, tidak menyangka ternyata kakak ini pengetahuannya mirip Putri Pariwasata Indonesia.

23 komentar

  1. Viewnya kayak lihat Teluk Betung dari Bukit di Youth Camp Mas Danang … tapi ini versi Close Up dan versi lebih ‘terkelola’ .. 😀

    Btw Reportase Videonya kayak lihat Joshua ngehost lho 😀 😀

    Suka

  2. Ehm…. Iya deh yg sahabatnya kembali jd bintang utama…
    Gw gak mau denger ceritanya ya ntar… Mau nya liat foto barbut 3:)

    *jadi ke Padang ???

    Suka

  3. Hai guys…aku dari medan nehh rencananya aku mau ke mandeh 15 agutus 2015,cuma bingung aja aku harus kemana saat sampai dipadang dan naek apa kandehnyaa…bisa dibantu pencerahaannya?mgkn dari medan aku naik bus als…mohon bantuannya..

    Suka

    1. Coba cari komunitas anak anak backpacker communitya padang d grup facebook… Mrk akan membantu dengandetail krn saya sendiri dar jambi. Kalo sudah di kota padang ada travel yag akan mengantar ke psisir selatan… Mandeh ada di pesisir selatan

      Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.