Samsung NX2000 – Tips Memotret Kupu-Kupu

Hunting Kupu-Kupu Yuk
Hunting di Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung

Gugup gempita diajak teman hunting kupu-kupu. Gugup karena kamera berlensa  20-50 mm saja . Gempita, senang  ketemu mahluk bersayap cantik terbang di antara bunga-bunga.  Dari pengalaman try and error   menemukan tips praktis membidik kupu-kupu dengan Samsung NX2000. Tips dapat juga dipraktekan pada kamera lain berlensa kit.

Lensa Tele
Agar bisa membidik kupu-kupu dari jauh idealnya menggunakan lensa minimal 200 mm. Lalu bagaimana kalau tidak punya. Satu-satunya cara mendekat ke objek. Butuh kesabaran tinggi,apalagi jika kupu-kupu bergerak superaktif. Pilih kupu-kupu  yang sedang mencari sari madu bunga, lalu arahkan kamera di rumpun bunga segar. Jika objek mulai mendekat coba untuk tidak berisik, tahan napas. Matikan suara shutter kamera agar kupu-kupu tidak terkejut.

Setting Kamera
Pilih speed priority lalu seting kecepatan  1/200 detik. Tapi saya lebih suka menggunakan mode action freez atau sport. Namun bagi anda yang menginginkan efek gambar freez sebagian – misal ujung sayap blur bisa menggunakan mode manual. Mode makro tidak disarankan karena harus lebih dekat ke objek untuk fokus, dan ini jauh lebih sulit.

Fokus
Fokus manual yang terbaik untuk mendapatkan detail gambar kupu-kupu. Dengan fokus auto  akan sedikit lebih sulit apalagi jika kupu-kupu berada dekat bunga atau daun.   Namun dapat dibantu  AF touch (auto fokus dengan menyentuh touch screen) Samsung NX2000.

Lingkungan
Kondisi lingkungan   menjadi perhatian ketika melakukan aktivitas fotografi , seperti matahari. waktu pemotretan sebaiknya antara pukul 07:00 – 11:00. Pukul 15:00-18:00 sinar matahari cukup baik tidak over bright,  tapi sore hari bunga tidak segar.  Angin salah satu tantangan berat oleh karena itu pilih lokasi yang terlindungi pepohonan atau semak untuk meminimalisir gangguan.

Komposisi dan Sudut Pengambilan
Keterbatasan lensa sebaiknya membuat kita lebih kreativitas. Mari bermain-main komposisi dengan  maksimalkan bunga , dahan dan  daun sebagai ornamen.  Jangan ragu untuk bereksperimen mencari sudut terbaik, Perhatikan corak sayap kupu-kupu, mana yang yang lebih indah di depan atau di belakang. Terkadang kita harus menunduk, berjongkok bahkan tiarap untuk mendapatkan gambar terbaik.

Momen
Mencari momen terbaik susah-susah gampang , butuh kesabaran tinggi. Itulah seninya fotografi. Tapi kita bisa memanfaatkan teknologi kamera digital. Gunakan drive high continous atau burst (sekali tekan shutter bisa mengambil banyak gambar). Cara ini juga bisa meminimalisir guncangan akibat menekan shutter.

Perlengkapan Tambahan
Ini sih perlengkapan yang membuat acara hunting nyaman, seperti pakaian dan topi yang melindungi paparan sinar matahari langsung. Makanan kecil dan minuman bisa dinikmati sambil mengamati kebiasaan kupu-kupu.

Jurus Terakhir
Kalau sudah hopless banget cara nakal ini bisa dipakai. Agak sedikit nipu. Cari bangkai kupu-kupu  (jangan bunuh yang masih hidup). Letakan di atas bunga atau daun dengan menggunakan pinset. Tara… kupu-kupu bebas kamu foto tanpa takut terbang 😀

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

  • All photos  is taken using Samsung NX2000

11 pemikiran pada “Samsung NX2000 – Tips Memotret Kupu-Kupu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.