Cubadak KW Super

pantai Kapo-Kapo
pantai Kapo-Kapo

Banyak pulau-pulau indah  Indonesia  dikelola  pihak asing dengan tarif dollar atau euro. Karena mahal  Tidak semua wisatawan domestik memiliki kesempatan menikmati keindahan negerinya sendiri.

Konon tarif menginap satu malam di pulau Cubadak US $99 per orang. Mahal atau murah itu relatif , terkadang  keindahan tidak bisa dibandingkan dengan uang. Namun jika dibandingkan dengan pulau Kanawa – di  kawasan Taman Nasional Komodo – tarif di atas cukup fantasis.  Tarif menginap termurah per malam untuk dua orang Rp 150 ribu termasuk sarapan dan fasilitas antar jempu dari Labuan Bajo.

Paradiso Village, kawasan pulau Cubadak dikelola secara profesional oleh orang Italia. Tiba-tiba mendunia semenjak film dokumenter menggambarkan eksotika pulau produksi TV Bavarian tayang di Jerman. Kenakeragaman satwa pulau seluas 40 kilometer persegi berpadu dengan keindahan dunia bawah laut yang mengelilinginya. Garis pantai pasir putih sejauh 1,5 kilometer daya tarik lain pulau yang merupakan bekas kawah.

Kini Cubadak menjadi ikon kabupaten Pesisir Selatan. Untuk mencapai pulau ini wisatawan bisa melalui pelabuhan Carocok berjarak 40 km dari kota Padang. Paket tour sehari seharga Rp 250 ribu bisa menjadi pilihan bagi wisatawan lokal. Tidak dibutuhkan waktu lama untuk menyebrang , jaraknya 5 km dari bibir pantai. Cubadak berada di kawasan Mandeh dan masuk dalam wilayah administratif kecamatan  Koto XI Tarusan.

(13/01/2013) Komunitas backpacker Padang mengadakan trip patungan ke Cubadak. Meskipun cuaca perjalanan Padang – Carocok tidak bersahabat, tapi hujan berhenti ketika perahu mulai berlayar. Tujuan pertama adalah desa Kapo-Kapo berada di pulau Cubadak.  Kapal masuk ke teluk kecil di sebelah utara pulau. Laut di sini tenang tanpa riak karena terlindung bukit dan hutan bakau. Berjalan kaki menyusuri hutan bakau merupakan cara untuk sampai di pantai barat pulau. Nakoda berujar terlalu beresiko jika langsung merapat di pantai barat yang berhadapan dengan samudra Hindia.

Kapo-kapo  desa kecil menghadap  samudra Hindia. Rumah-rumah penduduk berdiri di tanah datar berumput hijau. Pantai pasir putih menghadap langsung ke samudra Hindia. Lepas dari bibir pantai lautan dilingkupi karang rumah ikan kecil dan kepiting. Sesekali terlihat nelayan menjala ikan nun jauh di sana. Pengunjung diperbolehkan berenang di laut lepas tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pantang bagi siapapun untuk berenang di jam kelipatan genap seperti pukul dua belas, dua, empat atau enam. Bagi saya alasan ini cukup logis, biasanya di jam-jam tersebut orang melakukan aktivitas sholat. Maka jika berenang sendiri dan terjadi sesuatu tidak akan ada orang mendengar panggilan emergency.

Selain vegetasi didominasi hutan bakau, di sini terdapat vegetasi kebun kelapa tempat tinggal beragam jenis hewan. Sayang sekali tidak memiliki banyak waktu di sini. Akan lebih mengasikan bila bisa trekking menjelajah hutan di pulau Cubadak.

Setelah mengunjungi desa Kapo-Kapo sebetulnya akan sandar sejenak di pantai Paradiso Village. Dengan alasan banyak tamu pengelola resort membatalkan secara sepihak. Untuk mengobati kekecewaan, kita singgah sejenak di Pulau sutan. Nama asli pulau ini adalah setan, agar tidak terkesan horor makan huruf e diganti u. Tapi jika melihat di google earth, pulau ini bernama evil island.

Berdasarkan cerita nelayan setempat pulau setan terkenal angker dan bisa berpindah-pindah. Posisinya  selalu berubah membuat para nelayan bingung dan mengacaukan navigasi kapal. Tapi sekarang pulau ini sudah tidak berpindah lagi. Posisi pantainya terlindung cocok melakukan olahraga air seperti canoying atau snorkeling.

Saya penasaran dengan dunia bawah laut pulau Cubadak yang melegenda hingga ke mancanagera. Sayang kali ini belum berkesempatan meliahtnya secara langsung. Senja datang menjemput, kilau rona jingga pertanda kami harus merapat ke Carocok. Menutup perjalanan ini dengan sejuta rasa penasaran. Meskipun beberapa rekan merasa kecewa tidak bisa singgah di Paradiso Village.  Saya tetap puas bisa menjejakan kaki di pulau Cubadak. Ya, pulau Cubadak asli. Bukan KW Supernya.

kapal besar dekat pelabuhan Carocok
kapal besar dekat pelabuhan Carocok
teluk kecil di sebelah utara Pulau Cubadak
teluk kecil di sebelah utara Pulau Cubadak
bukit dan hutan baka melindungi teluk di sebelah utara
bukit dan hutan baka melindungi teluk di sebelah utara
rawa yang harus dilewati sebelum sampai Kapo-Kapo
rawa yang harus dilewati sebelum sampai Kapo-Kapo
kedai di desa Kapo-Kapo
kedai di desa Kapo-Kapo
nelayan di desa Kapo-Kapo
nelayan di desa Kapo-Kapo
vegetasi kebun kelapa
vegetasi kebun kelapa
keindahan pantai Kapo-Kapo
keindahan pantai Kapo-Kapo
melihat keindahan bawah laut Kapo-Kapo
melihat keindahan bawah laut Kapo-Kapo
pulau Setan
pulau Setan
senja di Pelabuhan Carocok
senja di Pelabuhan Carocok
peta pulau Cubadak
peta pulau Cubadak

9 pemikiran pada “Cubadak KW Super

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.