Sumatra Barat Travelling

Ranah Minang , Trip Tiga Rasa

Aksi Minangkabau (sumber: stupid trip traveller)
(foto: stupid trip traveller)

Jangan pernah mengkotak-kotakan diri menjadi backpacker, flashpacker,explorer atau apapun. Kita tidak akan pernah tahu jika Tuhan mentakdirkan menjadi traveller tajir. Sanggupkah  menolaknya.


Mengawali tahun 2013 melalui sebuah trip tiga rasa bertemu orang-orang baru dan pengalaman seru. Bumi Minangkabau menjadi tempat pijakan memulai petualangan tahun ini. Membayar keinginan terpendam bertahun-tahun lalu. Namun saya dan bumi Minangkabau baru berjodoh tahun ini.

Melalui perjalanan darat 12 jam Jambi-Padang tanggal 11 Januari 2013 sampai di basecamp backpacker Padang di Ulak Karang. Komunitas jalan-jalan ini memang baru terbentuk bulan Mei  2012. Namun kehadirannya  sangat membantu pejalan terutama backpacker menjelajah Sumatra Barat. Bulan Agutus aktif mengadakan trip patungan serta menyebar racun melalui jejaring sosial , facebook.

Kehadiran teknologi informasi memberikan kontribusi besar perkembangan aktivitas backpacking di Indonesia. Hampir setiap daerah muncul komunitas backpacker. Komunitas-komunitas kecil ini terhubung menjadi sebuah jaringan memudahkan backpacker bertukar informasi dan mencari tempat singgah. Seperti hari ini  dipertemukan backpacker Malang, Imam Basuki terlebih dahulu menjelajah Sumatra Barat. Menutup perjalanannya berencana berkunjung ke Museum Adityawarman dan Gunung Padang. Lalu  menanti sunset  di pantai belakang kampus Bung Hatta.

Beruntung hari ke tiga di Sumatra Barat bertepatan acara Pacu Jawi, pesta rakyat khas kabupaten Tanah Datar. Bersama beberapa rekan dari couch surfing. Jujur, saya tidak terlalu mengenal komunitas berbagi tempat tinggal couch surfing. Kebetulan salah satu rekan backpacker Padang -Mery- anggota aktifnya kedatangan dua tamu. Chang Seob Kim asal Korea dan Arjen Van Laerop asal Belanda. Keduanya sedang kelilingi dunia dengan bersepeda. Kim baru saja memulai perjalanannya 8 bulan yang lalu sedangkan Arjen sudah tiga tahun. Kisah perjalanan mereka terlalu sayang untuk dilewatkan. Obrolan berlanjut dalam acara makan malam di rumah Cicilia, couch surfer lainnya.  Tidak ada perjalanan yang sempurna, tapi tiap kisah perjalanan menarik disimak. Arjen  mengalami kejadian buuruk ketika dirampok di Thailand. Berbeda dengan pengalaman Kim lucu sekaligus unik. Didaulat jadi bintang tamu di televisi Malaysia. Setelah pengambilan gambar dan wawancara lebih dari 5 jam sang bintang tamu dibiarkan kelaparan dan kehausan.

Awal tahun 2013 maskapai mandala menebar tiket promo besar-besaran  Jakarta-Padang. Peluang bagi para penghobi jalan flashpacker seperti Stupid Trip Traveller. Bersama komunitas jalan-jalan independen melewati jadwal padat menjelajah bumi Minangkabau. Hari pertama dibuka dengan menjelajah pulau di Pesisir Selatan , Kapo-Kapo dan Setan. Lalu melalui perjalanan panjang menuju Danau Maninjau dan melewatkan malam di kota berhawa sejuk , Bukit Tinggi. Sebelum kembali terbang ke Jakarta, keesokan hari menjelajah Lembah Harau, Istana Pagaruyung dan Danau Singkarak.

Keunikan trip kali ini merasakan tiga komunitas jalan berbeda. Ketiganya rekan-rekan baru  saya kenal di dunia maya lalu berlanjut di perjalanan. Pada akhirnya setiap orang akan menemukan gaya jalannya sendiri-sendiri. Secara alamiah tiap manusia akan menemukan teman perjalanan  sehati dan satu visi. Bagi saya pribadi serunya perjalanan bisa bertemu orang dan mengunjungi tempat baru. Loncat dari satu komunitas jalan ke komunitas lain sensasi unik sebuah perjalanan. Bukan tidak mungkin menjadi aliran baru traveller I’am a Jumpacker!

Imam Basuki , Malang dan Rico, Padang
Imam Basuki , Malang dan Rico, Padang
backpacker Malang, Backapcker Padang dan Backpacker Kerinci (lokasi: Gunung Padang)
backpacker Malang, Backapcker Padang dan Backpacker Kerinci (lokasi: Gunung Padang)
 Arjen Van Laerop, Belanda
Arjen Van Laerop, Belanda
Mery (kiri) - Kim gaya K-POP(kanan)
Mery (kiri) – Kim gaya K-POP (kanan)
backpacker Bandung dan backpacker Padang (lokasi: pulau Setan)
backpacker Bandung dan backpacker Padang (lokasi: pulau Setan)
Stupid Trip Traveller (wardrobe : kaos made in Bukit Tinggi)
Stupid Trip Traveller (wardrobe : kaos made in Bukit Tinggi)
Bergaya di Istana Pagaruyung
Bergaya di Istana Pagaruyung (sumber: Stupid Trip Traveller)

4 komentar

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.