Keluarga Mandiri Bersama Bank Mandiri

pernikahan - awal menuju kehidupan baru
pernikahan  (sumber: dok.pribadi)

Menikah merupakan gerbang menuju lembaran hidup baru. Banyak hal berubah ketika memutuskan  membangun keluarga, salah satunya keuangan. Sumber pendapatan pasangan digunakan memenuhi kebutuhan bersama dan kondisinya berbeda ketika masih melajang. Pengeluaran akan lebih besar seiring bertambahnya anggota keluarga baru, anak. Jika tidak pandai -pandai mengelola keungan menimbulkan  ketidakseimbangan neraca . Akibatnya lebih besar pasak daripada tiang. Tidak mengherankan beberapa pasangan muda meminta bantuan orang terdekat – orang tua – untuk menutupi ongkos hidup di awal pernikahan.

Rencana keuangan wajib dilakukan sebuah keluarga baru agar tercipta kemandirian finansial.  Berdasarkan jangka waktu rencana keuangan bisa dikelompokan menjadi dua, yaitu jangka panjang dan pendek. Menabung 1 sampai 2 tahun untuk biaya persalinan bisa dikategorikan sebagai rencana jangka pendek . Sedangkan menabung 5-10 tahun untuk biaya pendidikan anak dikategorikan rencana jangka panjang. Namun pengelompokan ini tidak mutlak disesuikan dengan kondisi dan skala prioritas masin-masing keluarga.

Bank Mandiri sebagai bank terbesar di Indonesia menyediakan produk Mandiri Tabungan Rencana bagi mereka yang ingin mempersiapkan masa depan. Jangka waktunya fleksibel -1 sampai 20 tahun – memberikan keleluasaan merencanakan target jangka pendek atau panjang. Jumlah setoran mulai Rp 100.000 per bulan dan dapat diubah setiap saat sesuai kondisi keuangan . Mandiri Tabungan Rencana juga memberikan perlindungan asuransi gratis hingga Rp 5 juta. Selain itu nasabah bisa memilih mata uang US Dollar. Pilihan tepat bagi yang merencanakan pendidikan putra-putrinya ke luar negeri.

kartu kredit - cara mudah bertransaksi (sumber http://www.bankmandiri.co.id)
mandiri kartu kredit – cara mudah bertransaksi (sumber http://www.bankmandiri.co.id)

Belanja, aktvitas penunjang kebutuhan keluarga sehari-hari. Tugas ini biasanya diberikan kepada ibu rumah tangga. Sekilas mudah dilakukan tapi butuh kecermatan tinggi. Sebagain orang mengganggap penggunaan kartu kerdit pemborosan. Padahal banyak keuntungan yang ditawarkan kartu kredit dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga. Kuncinya kecermatan memilih jenis kartu dan produk yang akan dibeli . Contohnya kartu kredit yang dikeluarkan Bank Mandiri bekerja sama dengan ritel asal Perancis. Memberikan potongan pembelian produk fresh food (buah,sayuran, daging ayam dan seafood) . Serta mempermudah pembayaran tagihan air, listrik dan telepon melalui Power Bills. Pelanggan dapat membeli perlengkapan rumah tangga – alat elektornik dan furnitur – melalui Power Buy dengan cicilian ringan sampai 12 bulan.

mandiri kpr - mewujudkan rumah idaman (sumber http://www.bankmandiri.co.id)
mandiri kpr – mewujudkan rumah idaman (sumber http://www.bankmandiri.co.id)

Selain sandang dan pangan, perumahan merupakan kebutuhan vital keluarga. Selain tempat berteduh dari panas dan hujan, rumah tempat membangun impian dan kenangan. Tidak mengherankan setiap keluarga ingin memiliki rumah idaman. Melalui Mandiri KPR, Bank Mandiri mewujudkan impian tiap keluarga. Fasiltas pinjaman perumahan dengan bunga kompetitif serta jangka waktu hingga 15 tahun. Fitur yang ditawarkan pun beragam, seperti: mandiri kpr reguler, mandiri kpr take over, mandiri kpr top up, mandiri kpr flexible, mandiri kpr angsuran berjenjang dan mandiri kpr duo. Setiap fitur menawarkan kelebihan sesuai kebutuhan nasabah. Jika menginginkan fasilitas pembelian rumah sekaligus kendaraan bermotor, bisa memilih kpr duo.

menabung - mengajarkan anak merencanakan keuangan (mandiri kpr - mewujudkan rumah idaman (sumber http://www.bankmandiri.co.id)
menabung – mengajarkan anak merencanakan keuangan  (sumber http://www.bankmandiri.co.id)

Kemandirian harus diperkenalkan kepada anak-anak sejak dini. Salah satunya memberikan kepercayaan mereka mengelola keuanganya sendiri dengan cara menabung. Melalui “Tabunganku” dari Bank Mandiri buah hati membuka rekening dengan setoran awal Rp 20.000,- dan setoran selanjutnya minimal Rp 10.000,- . Proses registrasi cukup mudah dengan mengisi formulir aplikasi dan menunjukan kartu identitas (KTP) wali. Nasabah cilik sudah dapat melakukan penarikan uang dan informasi saldo rekening di ribuan ATM Bank Mandiri. Serta transaksi penyetoran uang tunai dan informasi saldo rekening melalui mandiri atm cash deposit machine. Jika mereka sudah beranjak dewasa – kuliah di luar kota – bisa ditingkatkan menjadi nasabah Tabungan Mandiri. Menambah kenyamanan dan kemudahan bertransaksi melalui Mandiri SMS, Mandiri Internet dan Mandiri Call.

Apapun keinginan Anda, Bank Mandiri Saja (sumber http://www.bankmandiri.co.id)
Apapun keinginan Anda, Bank Mandiri Saja (sumber http://www.bankmandiri.co.id)

Manusia ditakdirkan memiliki keinginan tak terbatas. Semakin tinggi penghasilan maka kebutuhan akan meningkat. Seiring berjalannya waktu rencana keuangan keluarga terus dinamis dan berkembang. Sebagai contoh 3 tahun ke depan ingin memiliki rumah, 6 tahun ke depan memiliki kendaraan, 9 tahun ke depan membiayai anak  sekolah , 12 tahun ke depan mengembangkan usaha. Sesuai dengan slogan terbarunya ” Apapun Keinginan Anda, Mandiri Saja”. Bank Mandiri menghadirkan produk Mandiri Kredit Tanpa Agunan bagi karyawan tetap dengan limit kredit sampai dengan Rp. 200 juta. Jangka waktu kredit dalam 5 pilihan -12, 18, 24, 30 dan 36 bulan – merupakan solusi nasabah memperoleh dana tunai tanpa agunan dengan jangka waktu relatif singkat.

Uang bukanlah jaminan kebahagiaan. Namun melalui beragam produk perbankan   membantu mensiasati pembiayaan keluarga .  Sehingga mampu  memberikan yang terbaik bagi  putra-putri . Menyediakan apa yang mereka butuhkan, mulai dari sandang, pangan, papan sampai pendidikan. Sekaligus mengajarkan mereka mengatur keuangan dengan menabung di  bank.  Agar mereka bisa hidup mandiri dikemudian hari.

29 pemikiran pada “Keluarga Mandiri Bersama Bank Mandiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.