Travelling

Last Minute, My Selangor Story 2013

Batu Caves wisata budaya Selangor (sumber : http://iqbalparabi.com)
Batu Caves wisata budaya Selangor (sumber : http://iqbalparabi.com)

My Selangor Story 2013. Berita baik di ujung tahun 2012 , harapan baru 2013. Program kampanye media sosial Kepariwisataan Selangor  menjaring 20 blogger . Memberikan  paket perjalanan  5 hari 4 malam ,  menikmati keindahan alam dan keunikan budaya di Selangor, Malaysia.

My Selangor Story 2013
My Selangor Story 2013

Jujur, saya terlambat memperoleh informasi gelaran ini. Baru saja membaca link dari grup komunitas backpacker di jejaring sosial. Ternyata pendaftaran akan ditutup beberapa jam lagi. Tantangan terbesar, bagaimana membuat tulisan untuk menyakinkan dewan juri. Bahwa saya orang yang tepat yang diberangkatkan menuju Selangor, Malaysia.

Apakah saya orang yang tepat?
Sebuah pertanyaan kecil menguji kejujuran dan narsisme. Pasti setiap orang akan merasa layak untuk perjalanan ini lalu berpromosi  habis-habisan. Oke, saya tidak akan terlalu berpromosi  berlebihan. Saya mencintai travelling, akvitas ini lebih mencari pengalaman batin ketimbang bersenang-senang. Pola kerja 2 berbanding 1 2 hari di hutan, 1 minggu libur – menuntun mencari penyeimbang hidup. Caranya dengan satu minggu  mengunjungi tempat  dan berinteraksi dengan individu baru . Lalu merangkum dan mendokumnetasikan   di blog pribadi sebagai media untuk berekpresi.

Apa arti perjalanan ?
Tidak ada perjalanan sempurna, tapi ketidaksempurnaan perjalanan akan menyempurnakan pengalaman hidup. Salah satu moto hidup saya.  Perjalanan terkadang  tidak sesuai keinginan kita. Bisa saja, pesawat delay berjam-jam  atau mendapatkan penginapan tidak nyaman. Namun proses di “zone tidak nyaman” ini akan memperkaya pengalaman hidup. Yang terpenting bagi saya adalah proses perjalanan bukan tujuan perjalanan. Tujuan tiap  bisa sama tapi kisah perjalanan pasti berbeda-beda.

Apa yang anda lakukan jika terpilih mengikuti My Selangor Story 2013?
Seperti perjalanan sebelumnya, saya akan survei tempat yang akan dikunjugi. Membuat tulisan awal, biasanya  script. Script ini membantu proses pembuatan video amatir di tempat wisata. Totalitas , itu yang saya lakukan mendokumentasikan perjalanan. Meskipun bukan penulis atau fotografer profesional,  memberikan yang terbaik bagi penikmat blogger. Video perjalanan yang sudah diedit disisipkan  memberikan deskripsi tujuan wisata seutuhnya. Berharap semua ini menjadi bagian promosi dan bermanfaat bagi pengembang , penikmat pariwisata.

Apa yang anda ketahui tentang Selangor?
Sekali lagi saya akan jujur. Sampai detik ini saya belum pernah menjejakan kaki di Negeri Jiran, Malaysia. Jadi informasi yang saya dapatkan berasal dari dunia maya. Selangor atau Selangor Darul Ehsan merupakan satu dar tiga belas negeri di Malaysia. Secara geografis terletak di Semenanjung Malaysia dan berhadapan langsung dengan pulau Sumatra. Rumpun melayu menyatukan Indonesia dan Malaysia membuat kedua negara memiliki budaya yang serupa.

Selangor dikenal negeri terkaya di Malaysia berdasarkan Produk domestik bruto (PDB) dinyatakan sebagai negeri maju pada 27 Agustus 2005. Tidaklah mengherankan karena letaknya strategis di jalur perdagangan. Sejak abad ke-15 menjadi rebutan penjajah Portugis, Johor, Aceh dan Siam. Abad ke-19, kemajuan ekonomi akibat pertambangan bijih timah dan penanaman pohon karet menarik banyak pendatang Cina. Sudah dapat dipastikan Selangor kaya dengan  alkuturasi budaya. Itu daya tarik , mengapa sangat ingin ke sana. Selain alamnya yang indah menjadi salah satu destinasi wajib Asia.

Opps!!! Sebentar lagi waktu pendaftaran akan segera tutup. Semua formulir dan contoh tulisan harus diterima sebelum pukul 23:59, 31 Desember 2012 GMT +8:00. Berarti pukul 23:00 WIB. Semoga saya beruntung di menit  terakhir. Wish Me Luck !

Bentuk totalitas – membuat video amatir di lokasi wisata

Pecinta tantangan  –  merekam keindahan alam , Air Terjun Situmurun

 Pengejar keindahan  –  merekam dunia bawah laut Kakaban
Jalan bersama tim National Geographic Indonesia
Hadiah Lomba Foto – Jalan bersama tim National Geographic Indonesia
Tulisan
Totalitas menulis – “Pulau Palambak, Pesona di Balik Ombak” di Media Indonesia

35 tanggapan untuk “Last Minute, My Selangor Story 2013”

    1. AMIN… ini juga daftar dah limit karena baru tahu. dan kebetulan akhir tahun di site ngeggalau jadi lumayan produktif #ngayal wkakakakak

      ikut lomba2 lain aja … lumayan kalo menang bisa buat jalan2 juga

      Suka

  1. Mas nya, tulisannya bagus, kalo kata gw sich cukup mewakili apa yang diinginkan panitia lomba, untuk tiap-tiap kalimat yang dituliskan. Good luck ya Mas nya. Dan semoga menang, karena gw yakin dokumentasi dan tulisannya bisa jadi referensi temen2 backpaker lainnya.

    Suka

  2. Setuju sama motonya bang :). Ketidaksempurnaan perjalanan yg justru membuat perjalanan itu sempurna. #apacoba :D. Semoga bisa jadi first trip di 2013 ke Malaysia bersama MSS ya :). G’luck.

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s