Parade Hewan Derawan – Tarakan

Olsen Pelican
Terbang Bebas

Hal menarik travelling menikmati keindahan alam beserta isinya. Melihat lebih dekat ada apa saja di dalamnya. Pagi di pantai Derawan menyaksikan beragam jenis hewan unggas mulai dari : elang laut, camar, dan bangau. Seekor burung Olsen Pelican terbang lincah di angkasa.

Penyu - Ikonik Derawan
Penyu – Ikonik Derawan

Sang Chelonia mydas penyu laut besar bagian dari keluarga Cheloniidae. Bercangkang tebal dan dapat hidup puluhan tahun bahkan seratus tahun lebih. Biasa mendiami laut tropis dan subtropis.

Semut hitam

Pagi di Derawan. Dedaunan masih basah sisa hujan tadi malam. Semut hitam merangkak di atas klorofil hijau , memulai harinya. Berjingkat , susah payah menghindari bulir-bulir air.

Monster Mangrove
Monster Mangrove

Ikan Gelodok penghuni  Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan. Secara morfologis tampilannya menyeramkan mirip monster, mata menonjol kebiruan dapat berputar 360 derajat. Termasuk dalam suku Gobidae dan dapat hidup di dua alam.

Lalapan Pagi
Lalapan Pagi

Lalat bisa dijumpai di mana saja. Termasuk di pantai Derawan . Lalap lalat?

Bekantan - Mancung Tapi Pemalu
Bekantan – Mancung Tapi Pemalu

Hewan Endemik Kalimantan ini unik, pemalu. Meskipun lebih tampan dan berhidung mancung dari sepupunya kera ekor panjang. Jika ke Derawan dari kota Tarakan , jangan lupa untuk menengoknya di Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan (KKMB).

narsis- ekor kera panjang
narsis- ekor kera panjang

Penghuni Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan (KKMB) Tarakan ini memang  narsis. Aksinya sempat menipu kami bahwa dia adalah bekantan yang kami cari. Mungkin rasa kekerabatan lebih dekat dengan manusia membuat Macaca fascicularis lebih percaya diri.

naik daun
naik daun

Aksi keong  naik daun di Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan (KKMB) mencuri perhatian saya. Bagaimana ya hewan ini naik ke dahan dan ranting tinggi di pohon dengan membawa cangkang.

RELATED STORIES

4 pemikiran pada “Parade Hewan Derawan – Tarakan

  1. wah udah sampai tarakan, dikit lagi nyampai pontianak tuh..hahaha
    coba main-main ke KalBar mas, dijamin nggak kalah bagusnya sama tempat lain di Indonesia..sehat terus mas, ditunggu kedatangannya di Pontianak..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.