On Newspaper Again

Tulisan di Kompas
Tulisan di Kompas

Salah satu pencapaian seorang blogger adalah ketika situsnya dikunjungi banyak orang dan tulisannya dibaca. Lalu pada perkembangannya kumpulan tulisan di blog disusun menjadi buku. Tak heran beberapa penulis profesional mengawali karirnya melalui hobi tulis menulis di media maya, blog.

Nge-blog, bisa sendiri bisa juga ramai-ramai melalui komunitas. Rasanya lebih seru ketika menulis bersama di dalam satu web lalu mendapatkan apresiasi dari anggiota lain. Apresiasi tidak selalu positif, harus siap menerima kritik tajam tapi inilah seninya belajar di dunia maya.

Awal tahun 2012, saya berkenalan Kompasiana salah satu ajang ngeblog keroyokan milik Media Kompas. Tak disangka di sini saya bertemu dengan rekan SMA yang berprofesi sebagai wartawan. Membaca tulisannya yang “dalam” menginspirasi untuk belajar dunia tulis menulis lebih serius. Caranya? Banyak membaca dan coba jujur dengan diri sendiri serta berani menerima kritikan.

Setiap pekan Media Kompas akan memilih beberapa tulisan blogger untuk dimuat di kolom freez. Tanpa disangka (3/11/2012) sebuah pesan singkat dari Kompasiana meminta data pribadi dan nomor rekening untuk pengiriman honoroium menulis. Karena tulisan saya yang membahas pengalaman penggarapan Film Indie dimuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.