cek harga tiket

Mengapa Butuh Cek Harga Tiket Pesawat?

Dengan mempertimbangkan alasan efisiensi dan waktu , sekarang  selalu memilih pesawat sebagai alat transportasi ke luar kota. Maklumlah Babang ini sekarang fakir cuti dan libur. Selain lebih cepat, sekarang harga tiket pesawat lebih terjangkau dibandingkan jaman dulu.

Pilihannya maskapainya juga beragam mulai dari LCC (Low Cost Carrier) sampai full service. Semua tergantung kondisi kesehatan dompet. Nah kalau buget terbatas harus pandai-pandi memilih maskapai. Belum tentu maskapai full service memiliki harga lebih mahal dibandingkan maskapai LCC , karena terkadang ada promosi. Untuk itu kita juga harus rajin melakukan cek harga tiket pesawat sebelum membelinya.

Mengapa harus melakukan cek harga tiket sebelum menaiki pesawat? Hal tersebut disebabkan oleh beberapa alasan. Pertama adalah untuk membandingkan dengan melihat tiket pesawat dari maskapai mana yang sekiranya cocok dengan keuangan saya  terutama saat saya sedang tidak memiliki banyak uang untuk membeli tiket pesawat. Ada maskapai yang memiliki harga tiket yang murah dan terjangkau dan ada yang memiliki tiket yang mahal. Dengan pengecekan tersebut, yang tadinya Anda hendak memesan tiket maskapai A namun karena harganya di atas perkiraan sehingga Anda memilih maskapai B.

Ke Dua adalah untuk mengetahui harga tiket terbaru. Tiket yang dikeluarkan oleh maskapai dengan full service biasanya memiliki harga tiket yang tidak jauh berbeda karena harga yang ditentukan tersebut berlaku dalam jangka waktu selama 1 tahun. Sedangkan untuk tiket dari maskapai dengan harga rendah, biasanya memiliki harga yang mudah berubah dan selisih dari harga tersebut cukup terlihat sehingga Anda harus berburu jika ingin mendapatkan tiket dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk maskapai yang memiliki tarif harga tiket rendah, dapat mengganti harga tiket tersebut bahkan 2-3 kali sehari dantentunya harus selalu mengecek harganya untuk mendapatkan harga tiket yang murah. Jangan lupa untuk menganalisis mengenai perubahan harga tiket pesawat karena maskapai tertentu memiliki pola perubahan harga tiket sehingga dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh harga tiket yang terjangkau.

Ke Tiga adalah untuk mendapatkan promo. Dengan cek harga tiket pesawat baik di website dari maskapai yang hendak dipesan ataupun dari travel agent, biasanya juga terdapat promo, misalnya tiket pulang pergi atau promo potongan harga. Dengan menggunakan promo pulang pergi tersebut, kita  tidak hanya akan mendapatkan kemurahan tiket namun juga tidak perlu repot untuk membeli tiket untuk pulang dan jenis promo ini akan sangat membantu  ketika hendak melakukan liburan. Namun, jika menggunakan tiket pulang pergi,  haruslah menyesuaikan jadwal kepulangan dengan jadwal  selama liburan.

Ke Empat adalah untuk menyesuaikan jadwal liburan. Harga tiket umumnya akan lebih mahal saat high season atau peak season yaitu saat liburan sekolah ataupun libur hari raya. Jika di hari biasa, umumnya tiket akan lebih murah pada akhir bulan karena maskapai menyesuaikan dengan kondisi keuangan dari masyarakat yang cenderung memiliki keuangan yang menipis di akhir bulan. Selain itu, hari Sabtu, Selasa, Rabu dan kamis merupakan hari dimana tiket biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan hari yang lainnya sehingga saya  dapat memanfaatkannya untuk mengambil cuti untuk liburan.

Ke Lima adalah keajaiban bisa terjadi kapan saja. Saya pernah punya pengalaman merencanakan perjalanan ke Indonesia timur yang harga tiketnya lumayan tinggi. Tapi karena perjalanan ini saya rencanakan jauh-jauh hari, setiap hari saya mencek harga tiket pesawat sehingga tahu trending harga masing-masing maskapai dan destinasinya . Dan akhirnya saya mendapatkan tiket dengan harga terbaik setelah memantu harga tiket selama-lama berbulan-bulan. Keajaiban itu bisa terjadi kapan saja, asal kita rajin dan mau bekerja keras yang diiringi doa.

Untuk melakukan cek harga tiket pesawat saya melakukannya secara manual atau menggunakan alat seperti website pembanding harga. Saat ini sudah banyak website yang bermanfaat untuk membandingkan harga sehingga membuat saya  dengan mudah  membandingkan harga dari maskapai 1 dengan maskapai yang lain di jadwal penerbangan yang sama. Dengan begitu, saya  dapat lebih tepat memilih penerbangan dengan harga tiket yang terjangkau yang membuat pengeluaran saya  juga menjadi lebih hemat.

Jadi siapa bilang orang yang sering jalan-jalan itu banyak duit. Asal kamu tahu caranya banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya jalan-jalan. Sehingga hobi jalan-jalan tetap tersalurkan tapi dengan biaya murah meriah.

7 pemikiran pada “Mengapa Butuh Cek Harga Tiket Pesawat?

  1. Bener bangeet, ngecek harga tiket memang perjuangan, tapi kalau udah tau tipsnya, dan dapat tiket murahnya, duuh senangnya minta ampun deeh !
    Aku senang cek harga lewat Google Flight sama Skyscanner, mudah banget !

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s