Tindak Tanduk Arsitek

indri Juwono, Tindak Tanduk Arsitek
Indri Juwono, Tindak Tanduk Arsitek

Harbourfront, 2 November 2014.

Gedung-gedung cantik  negeri singa mengingatkan pada satu nama, Indri Juwono. Rekan blogger yang berani melepaskan diri dari rutinitas kantor menjadi freelance arsitek  dan traveller seratus persen. Sepertinya dunia “jalan-jalan” dan menjalani hidup tanpa beban menjadi pilihannya kini.

“Eh aku lagi ngantor di  perpustakaan UI Depok.” Sepenggal statusnya menggelitik. Bagi seorang freelance,  kantor memang bisa dimana saja , begitu juga rumah  bagi seorang pejalan. Ah saya jadi teringat buku antologi yang pernah ditulis Indri bertajuk Rumah Adalah Di Mana Pun.

Perkenalan  di acara gathering blogger tahun lalu membuat saya tak hanya akrab dengan tulisan Indri. Dalam grup online kami berdiskusi atau mengomentari status masing-masing.

“Sepertinya saya kenal Indri Juwono.” Status salah seorang pendengar radio jaman baheula (jaman dulu) mengomentari status facebook , me-mention Indri.

“Kamu kenal Mbak Indri?”

“Iyah… dia itu…  *sensor* Mas aku” Rasanya seperti menyatukan jarak dan waktu. Masa lalu terasa dekat meski telah menjadi kenangan. Ada lingkaran kehidupan menjalin kehidupan di sana dan sini, kemarin-kini-dulu.

***

Kisah di atas terlalu personal kakak, kita kembali fokus ke blog http://www.tindaktandukarsitek.com bukan blogger-nya : D.

Mengulik tulisan Indri, terasa bahwa blogger yang satu ini memiliki referensi banyak dalam dunia literasi. Kesukaannya akan buku, membuat tulisannya berisi namun tetap renyah untuk disimak. Identitasnya pun sudah mulai terlihat. Dalam sekali tarikan kalimat,saya langsung bisa menebak ini tulisannya. Blog memang berbeda dengan buku, ada sentuhan personal di sana.

Foto arsitektur karya Indri
Foto arsitektur karya Indri

Dunia visual memang dekat dengan seorang arsitek, dari imajinasinya hadir karya nyata memukau indra penglihatan. Meski mengaku tak pernah belajar fotografi khusus, Indri piawai  cara menghadirkan foto pelengkap ilustrasi.

Mengulas blog itu susah-susah gampang, apalagi disuruh menguliti jejak kata tanpa menilik kehidupan penulisnya. Butuh konsentrasi penuh membaca halaman laman panjang , ratusan bahkan ribuan ide. Tenang, kamu tak akan kehabisan rasa penasaran  membaca blog  Indri. Gunung, city tour, cultural trip , kuliner , pantai menjadi sajian menggoda penyambang blog Indri. Tindak tindak arsitek memang unik. Ada sedikit kenarsisan foto empunya  tapi blog ini jauh dari curahan hati. Terus kamu curhat dimana Indri?

Totalitas berbuah manis , Finalis Skyscanner Indonesia
Totalitas berbuah manis , Finalis Skyscanner Indonesia

Totalitas Indri berbuah manis. Tahun ini, blogger yang tercatat sebagai warga Depok menjadi finalis travel blogger terbaik versi Skyscanner. Kenyataan bahwa blog jalan-jalan tak harus mengandung nama backpacker, jalan-jalan atau travelling untuk mengusung sebuah identitas. Ngeblog travelling itu tentang komitmen untuk konsisten menjelajah dan berkarya.

Hai blogger apakah kamu konsisten berkarya seperti Indri?

 

***


Tulisan ini dibuat dalam rangka Posting Bareng (PostBar) Hari Blogger Nasional (27 Oktober 2014) bersama dengan teman-teman Travel Blogger Indonesia. Untuk tulisan lainnya dapat dicek tautan di bawah ini:

 

 

 

44 pemikiran pada “Tindak Tanduk Arsitek

  1. Ahaha, masa 20 tahun yang lalu diungkap. Waktunya menatap masa depan, kaak..
    Terima kasih reviewnya kak Danan, thanks udah rajin membaca dan komen2 blog aku..
    Soal cecurhat, ah kamu mesti peka dong, kan kadang2 ada curhatnya jugaa.. :p

    Suka

  2. Ping-balik: Langkah Kaki Titi
  3. Gue suka tulisan-tulisannya kak Indri. Kaya akan wawasan arsitektur.
    Karena gue juga penikmat bangunan, membaca blog Tindak Tanduk Arsitek itu menambah pengetahuan. Ditambah, kata demi kata dirangkai dengan manis seperti yang empunya blog *lalu keselek*

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s