Karnaval Terbesar di Indonesia?

Super Carnival Budaya Lampung Indonesia
Super Carnival Budaya Lampung

Saksikan Super Carnival Budaya Lampung,  even karnaval terbesar se-Indonesia. Tertulis  iklan surat kabar pagi ini , 3 November 2013. Tapi apakah benar terbesar. Memantau siaran radio dan twitter  tidak ada informasi penutupan ruas jalan protokol yang akan dilalui selama acara berlangsung.

Tapi karena penasaran  tetap datang ke even  peringatan hari sumpah pemuda yang didanai oleh  pasangan bakal calon gubernur. Dan benar saja menjelang pukul 13:30 WIB jalan Kartini bisa dilalui kendaraan dan saya  tepat waktu sampai di bundaran gajah. Tak berselang lama kendaraan hias melintas memimpin arak-arakan karnaval di Jalan Ahmad Yani. Berdiri gubernur dan calon gubernur dari partai berwarna biru sambil melambaikan tangan. Sejenak  berhenti dan penonton menyerbu kendaraan untuk berfoto bersama sang politikus, mirip jumpa fans.

Berikutnya, barisan 10 marching band sekolah Bandar Lampung turut memeriahkan suasana. Dentuman musik berirama seolah memacu semangat peserta karnaval di belakangnya. Panasnya kota Bandar Lampung juga tak membuat beringsut dari sisi jalan. Cemungud kk!

Kehadiran awak Jember Fashion Carnival (JFC)paling ditunggu oleh penonton. Selain pakain yang dikenakan  unik, mereka sangat  profesional. Tanpa diperintah akan langsung berpose ketika lensa kamera membidik. Dan senyum tetap merekah meskipun sudah berjalan sejauh 4,1 km dengan mengenakan high heels.

Ada perubahan lintasan parade, seharusnya melewati Jalan Kotaraja tapi  berbelok di Jalan Brigjen Katamso untuk meminimalisir kemacetan. Rute lengkapnya sebagai berikut: dari GOR Saburai, masuk ke Jl. Jenderal Ahmad Yani–Jl. Kartini–Jl. Brigjen Katamso–Jl. Raden Intan, dan kembali berakhir di Saburai.

Parade yang melibatkan 500 peserta dari puluhan komunitas seni dan organisasi kemasyarakatan menyebabkan kemacetan . Minimnya sosialisasi informasi penutupan ruas jalan dan tidak ada garis pembatas penonton. Penonton ikut tumpah ruah di jalan sehingga lajur karnaval terhenti di beberapa titik. Sisi positifnya penonton bisa berinteraksi dengan bebas, namun terkesan semerawut. Supir angkutan umum jurusan Teluk Betung dan Sukarame jelas pusing tujuh keliling rute mereka ditutup tiba-tiba tanpa pemberitahuan lebih awal.

Terlepas  masalah kemacetan , acara ini cukup sukses menghibur masyarakat Bandar Lampung. Meski ada gelaran sejenis Festival Krakatau , variasi tampilan peserta parade Super Carnival Lampung mewakili seluruh propinsi  Nusantara. Belum lagi beragam komunitas seni berbaur menampilkan karya terbaiknya. Menggambarkan semangat sumpah pemuda , berbeda-beda namun tetap satu jua, Indonesia. Inilah warna-warni nusantara.

Menjelang sore peserta karnaval telah kembali ke GOR Saburai  tapi  penonton tetap tak beranjak. O, mereka setia menanti gelaran penutup, pengundian door prize dari pihak penyelanggaraAda 15 mesin cuci, 15 kulkas, 15 televisi LCD, dan 15 sepeda yang bisa dibawa pulang bagi yang beruntung.

Meski gelaran ini bermuatan politis namun memberikan implikasi positif bagi propinsi Lampung. Jika benar even ini terbesar se-Indonesia , jelas memberikan nilai lebih bagi propinsi yang dikenal sebagai pintu gerbang Sumatra. Lampung tidak hanya  gajah saja,  tapi parade budaya dengan trek terpanjang. Semoga acara sejenis bisa tetap berlangsung dengan skala yang sama atau lebih besar.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

52 pemikiran pada “Karnaval Terbesar di Indonesia?

      1. lho memang danan udiknya di b lampung? mba dulu di jl A Yani, terus pernah di Diponegoro sebelah PLN, terakhir di kompleks rumah dokter Penengahan..itu rumah dinas diujung RS Abd Moeloek yg sudah hancur ….sayang

        Suka

  1. wooow…
    sama seperti Jember Fashion Carnaval dan Solo Batik Carnival ya??

    wah wah wah… semoga bisa menjadi acara tahunan di Bandar Lampung lah..
    sayang-nya saya pas sedang tidak ada di lampung, jadi gak bisa ikutan liat…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.