Sumatra Barat Travelling

Janjang Seribu – Jogging Trek Paling Keren

Jogging Trek
Janjang Seribu – Latar Belakang Gunung Merapi

Kalau bertandang ke Bukittinggi jangan lewatkan lari pagi di Janjang Seribu ,  Kota Gadang. Sensasinya sangat berbeda dibandingkan jogging di tempat lain. Kita akan dimanjakan  pemandangan sungai, sawah, ngarai bahkan gunung merapi.

Janjang Seribu atau tangga seribu merupakan ikon wisata baru kota Bukittinggi.  Jalan yang menghubungkan Agam dan Bukittinggi sekarang di kenal sebagai Great Wall Bukittingi semenjak direnovasi menyerupai tembok besar cina. Jalan berundak di batasi tembok tembok tinggi dengan detail kotak-kotak.

Janjang Seribu diperkirakan dirintis sejak zaman  Belanda. Dahulu bernama Janjang Batuang atau tangga bambu, karena dibuat dengan tanah garam yang ditopang  bambu. Jalan yang diduga awalnya memiliki lebar empat meter itu dipakai sebagai jalan pintas menuju Sungai Ngarai Sianok dan ke pusat Kota Bukittinggi.

Pagi ini bersama beberapa rekan memulai perjalanan dari Koto Gadang. Kabut pagi samar menyelubungi puncak bukit hingga Ngarai Sianok menghembuskan hawa dingin. Kaki melangkah menapaki anak tangga  Janjang Seribu. Semburat jingga matahari menuyurutkan langkah menikmati keindahan alam. Berdiri sejenak di shelter tinggi sembari mengatur napas.

Sebetulnya panjang Great Wall Bukitinggi sekitar 1 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit menyusurinya. Tapi langkah melambat ketika melihat sawah dengan pemandangan  Ngarai Sianok. Sebuah jembatan gantung melintas tepat di atas sungai ngarai membuat lari pagi ini makin berkesan. Berolahraga sealigus menikmati keindahan alam.

Tidak berlebihan jika Janjang Seribu  saya nobatkan sebagai jogging treking paling keren se-Indonesia.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

28 komentar

  1. Kereeeeen! Great wall ini udah masuk dalam daftar pertama tempat yg pengen kudatengin di Sumbar. Alhamdulillah… kesampaian juga, meski kerasa ngos-ngosan soalnya trekking di sini pas lagi puasa. Tapi viewnya emang kereeeen!

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.