Flying Over Batanghari with Citilink

Sungai Batanghari - Jambi
Sungai Batanghari – Jambi

Ada yang janggal dengan pendaratan pesawat Citilink Jakarta-Jambi  Biasanya pesawat mendarat dari arah tenggara menuju barat laut. Namun kali ini sebaliknya pesawat berputar  dahulu di atas sungai Batanghari .

Hampir dua minggu sekali menyebrangi sungai terpanjang di Sumatra , tapi baru kali ini melihat keindahannya dari atas pesawat dengan sempurna. Liukannya bagai ular di antara rimba belantara hijau.  Mata airnya berasal dari Gunung Rasan (2585 mdpl) dan hulunya  Danau Diatas terletak di Kabupaten Solok, Sumatra Barat.

Sejak abad ke 7 sungai Batanghari dikenal sebagai titik perdagangan bagi kerajaan Sriwijaya dan Dharmasraya. Muara sungai Batanghari di sebelah timur Sumatra merupakan lalu lintas perdagangan yang menhubungkan Jawa dan Selat Malaka.

Sistem aliran sungai ini membawa banyak deposit emas, sehingga muncul nama legendaris Swarnadwipa (“pulau emas”) yang diberikan dalam bahasa Sanskerta bagi Pulau Sumatera. Namun sekarang yang tersisa sedimen pasir dan masih ditambang oleh penduduk setempat.

Nampaknya kali ini saya benar-benar beruntung, setelah melewati penerbangan murah meriah 55 ribu rupiah , bonunsya pemandangan sungai Batanghari. Happy fly with citilink :). Maaf ini bukan iklan tapi curhat pribadi .

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

All photos  is taken using Samsung NX2000

23 pemikiran pada “Flying Over Batanghari with Citilink

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s