Kiluan Tour 2012 (part 2): Ngintip Homestay Yuk!!!

 balkon belakang homestay

Setelah makan siang kita langsung menuji homestay, letaknya ga terlalu jauh dari rumah pak Solihin. Sebetulnya bisa dibilang cottage karena bangunannya terpisah dari sang pemilik dan tepat dipinggir pantai Teluk Kiluan. Suasana di sini mirip seperti dipinggir danau, riak air tidak terlalu bergelombang. Tepat di belakangnya terdapat sebuah dermaga kayu kecil menjorok ke laut.

homestay tampak jauh

Bangunan sederhana dipinggir teluk Kiluan ini terbuat dari bambu dan atapnya daun sirap. Makanya ada yang bilang gubuk derita, tapi bagi wisatawan mancanagera ini exotic. Hanya ada dua ruangan di sini sebuah kamar tidur dengan spring bed dan ruang tamu serbaguna yang bisa difungsikan jadi ruang tidur. Kapasitasnya cukup besar , bisa menampung 15 orang. Bagian belakang juga ada sebaris balkon kecil sebelum menuju dermaga kayu. Tempat MCK-nya pun cukup memadai walaupun hanya tersedia air payau. Jika berminat membuat api anggun, pengunjung bisa memanfaatkan gubuk kecil di sebelahnya.

homestay tampak belakang

Tarifnya 300.000 per malam. Mahal atau murah sih relatif. Tapi kata pemiliknya sebagian  uang sewa masuk ke kas desa untuk membiayai pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan. Kiluan termasuk daerah terpencil yang hampir tidak tersentuh pembangunan jadi semua sarana harus dibangun secara mandiri oleh warga.

kamar tidur
ruang tamu

Penerangan menggunakan genset yang hidup pukul 18:00-06:00. Jadi tidak perlu khawatir jika ingin men-charge ponsel ataupun baterai kamera. Karena letaknya dikelilingi bukit, sinyal telepon selular di sini agak susah. Mungkin di titik-titik tertentu ada tapi, ketika sedikit saja menggeser tubuh maka sinyal akan hilang. Bener-bener GSM “geser sedikit mati”.

bagian depan homestay

Waktu yang tepat bersantai di dermaga adalah pagi atau sore. Pada pagi hari kita bisa melihat iringan Jukung pelancong berlayar menuju Selat Sunda. Sedangkan pada sore hari ketika laut  surut maka ikan-ikan kecil akan terlihat di bawah kiluan air yang mulai meredup.

lukisan di homestay
hunting

Mungkin homestay ini tidak memiliki fasilitas sekelas hotel berbintang tapi menawarkan sesuatu yang tidak anda dapatkan di hotel bintang manapun yaitu “rasa damai menyatu dengan alam.”

Kiluan Tour 2012 (part 1) : Perjalanan dan Perjuangan

Kiluan Tour 2012 (part 2): Ngintip Homestay Yuk!!!

Kiluan Tour 2012 (part 3): Menyongsong Sunset

Kiluan Tour 2012 (part 4) : Malam Panjang

Kiluan Tour 2012 (part 5): Bertaruh Dengan Ombak

Kiluan Tour 2012 (part 6) : Terpesona Pulau Kelapa

Kiluan Tour 2012 (part 7) : Pantai Pasir Putih

Kiluan Tour 2012 (part 8) : Bidadara Turun ke Sungai

Kiluan Tour 2012 (part 9) : Pegadungan Beauty dan Danger

Kiluan Tour 2012 (part 10) : Perjalanan Pulang Nan Panjang

8 pemikiran pada “Kiluan Tour 2012 (part 2): Ngintip Homestay Yuk!!!

  1. Wow photo gw masuk juga hehehe , di dermaga inilah gw kehilangan 1 set filter star 8 beserta holder dan ringnya …. akibat jatuh dan masuk laut 😦 tapi tetep kangen untuk balik lagi kesini

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.