Curahan

Jati Diri Blog

Apalah arti sebuah nama? Satu ungkapan yang sering kita dengar. Kalau begitu untuk apa orang tua memberikan nama. Mungkin untuk mempermudah memanggil sang anak atau agar  tidak tertukar di rumah sakit. Ya terserah orang memaknai arti sebuah nama. Yang jelas ini adalah hari  bersejarah bagi saya. Bukannya saya berganti nama seperti salah satu artis yang mengganti nama plus akte kelahiran setelah menikah dengan putra konglomerat. Tapi ini berganti nama subdomain blog pribadi yang sudah berumur 1 tahun lebih.

Pada awalnya blog saya memilih nama j4bung  sebagai subdomainnya. Sebuah akronim dua kata jambi dan lampung, kebetulan blog ini dibuat untuk menandai kepindahan dari lampung ke jambi. Namun karena subdomain jabung dengan kata huruf  “a” sudah dimiliki orang lain , akhirnya huruf “a” saya pelesetkan dengan angka 4. Mungkin terlihat sedikit 4L4Y tapi sumpah saya bukanlah orang berprilaku aneh yang suka mengetik dengan huruf dan angka ajaib membuat orang tersedak membacanya.

Blog ini saya dedikasikan hanya untuk mendokumentasikan beberapa cerpen karya pribadi dan bukan sebagai ajang curhat. Karena saya agak alergi dengan blog yang  isinya terlalu narsis. Bercerita  semua kegiatan sang empunya dari bangun tidur sampe tidur lagi atau memajang foto dengan berbagai pose.  Jadi saya putuskan untuk menyembunyikan identitas diri di balik subdomain J4bung.

Sering berjalannya waktu kegiatan tulis-menulis (ketik mengetik kali ya) meluas ke tema lainnya seperti wisata dan photography . Sejak racun backpacker merasuki nadi dan sumsum tulang, setahun belakangan ini saya aktif  “jalan-jalan murah”.  Kisah perjalanan yang awalnya untuk konsumsi orang terdekat akhirnya dibaca rekan satu kantor. Dari rekan kerja berkembang ke rekan sesama backpacker terus akhirnya pembaca yang tidak saya kenal.

Seorang rekan kerja sempet protes ketika mengakses blog , dia mengatakan subdomainnya susah diucapkan (karena ada angka 4) dan tidak mudah dikenali. Apakah ini efek menggunakan bahasa planet (sebut alay)? Jujur saya sendiri juga terkadang agak bingung jika ditanya alamat blog dan menjawabnya dengan lisan. Saya selalu bilang “jabung dot wordpress tapi a nya pake angka 4”.

Setelah melalui perenungan yang dalam , akhirnya saya memutuskan untuk mengganti subdomain dengan nama asli. Rasanya tidak terlalu berlebihan  bangga dengan nama yang diberikan oleh orang tua. Ada yang bilang nama sang anak adalah doa orang tua. Semoga dengan berganti nama blog ini jadi semakin berguna bagi orang lain serta bisa memberikan  inspirasi bagi orang lain.

Dan sejogjanya sebuah blog pribadi menggambarkan identitas sang pemilik. Gambaran identitas tidak harus foto sang empunya yang bertaburan di setiap sudut halaman. Tapi konsep pemikiran dan cara melihat suatu fenomena sang  penulis terdeskripsi dari setiap artikel yang ada di blog. So.. saya mulai percaya diri dengan apa yang saya tulis. Meskipun tidak terlalu bagus dan terkesan berantakan tatanan bahasa. Saya akan belajar menulis… mengungkap jati diri lewat pikiran.

Satu tanggapan untuk “Jati Diri Blog”

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s