South Celebes Trip (part 8): Fast Drive n Fast Food Makasar

Pelabuhan Pamatata Kabupaten Selayar

Jangan berpikir bahwa ada Fast Food atau kebut-kebutan di jalan raya ala Makasar…..  Tapi inilah konsukwensi yang harus kami terima karena memutuskan tinggal di Selayar lebih lama.

Jam 5 pagi mobil kami melaju kencang menuju pelabuhan Pamatata agar tidak tertinggal penyebrangan ke Bira. Tepat jam 7:00 kami sampai dan langsung mengantri di depan loket dan mendapatkan tiket penyebrangan. Thanx Good. Jam 8 kurang mobil mulai mengantri masuk kapal. Mobil L300 kamipun ancang ancang masuk kapal tapi tiba-tiba ditahan oleh petugas dan meluncur beberapa kendaraan berplat merah menyalip kami. Ketika kami akan masuk petugas berkata sudah tidak ada tempat lagi untuk kendaraan kami. OMG!!!!. Rasanya tidak mungkin jika kami harus menunggu penyebarngan jam 14:00. Jam berapa kami akan sampai di Makasar? Sedangkan penerbangan kami jam 19:30 WITA.

Setelah berdiskusi akhirnya kami memutuskan untuk meninggalkan mobil L300 dan pak Latief di Pamatata. Dan kami akan naik kapal terlebih dahulu. Sesampai di Bira kami akan naik travel atau bis menuju Makasar. Sebetulnya berat juga meninggalkan pak Latief karena sebelum naik pesawat kami akan mengajak beliau wisata kuliner bersama di Makasar :(.

Dengan langkah gontai kamipun berpamitan dan naik kapal. Sesampai di atas dek peluit tanda berangkat pun berbunyi. Kami hanya bisa melambaikan tangan ke Pak Latief. Supir paling Wokehhhhh n Sabar yang menemani trip kita satu minggu. Tepat di pluit kedua berbunyi tiba-tiba penutup bagian belakang pun terbuka dan petugas mempersilakan mobil kami masuk. Huaaaaaaaaa kamipun bersorak sorai gembira…

Lega rasanya perjalanan ke Makasar bisa bersama Pak Latief. Sepanjang perjalanan walaupun cuaca sedikit berawan tapi lagi lagi kami mendapat kejutan. Ketika berada di tengah laut Sulawesi tiba tiba tampak segerombolan ikan lumba lumba berlompatan indah.

Sesampai di pelabuhan Tanjung Bira kamipun bergegas melaju menuju Makasar. Sebetulnya ada satu lokasi yang ingin kami kunjungi yaitu kampung pembuatan kapal Pinisi. Keputusan kami untuk tidak mampir ke beberapa spot ternyata benar. Karena di beberapa titik jalan menuju Makasar terjadi kemacetan karena perbaikan jalan. Tepat pukul 17:00 WITA kamipun memasuki kota Makasar yang ternyata tidak berbeda dengan kota kota besar lainnya di Indonesia. Super Crowded n Macet…

Fast Food atau makan cepat di Makasar pun dimulai mengisi jeda waktu sebelum keberangkatan pesawat…. Makanan pertama adalah  Coto Makasar.  Atas rekomendasi pak Latief kami menikmati hidangan khas Makasar yaitu Coto Daeng Begadang yang ada di jalan Karunrung no 80.

Rasanya ada yang kurang  jika tidak ke pantai Losari. Maka pantai yang menjadi spot anak muda ini menjadi tujuan kami selanjutnya. Menjelang senja pantai ini sangat ramai, untuk berfoto di tulisan PANTAI LOSARI pun susah. Menghindar dari keramaian pantai Losari kamipun menyebrang jalan mencari ATM dan target baru wisata kuliner. Tepat disebrang jalan berjajar penjual kaki lima pisang epe. Pisang panggang yang dipipihkan lalu diberi karamel , susu kental manis dan taburan keju.  Selesai Makan Pisang Epe wisata kuliner sprint pun berlanjut ke warung penyedia Pallu Basa.

Sejenak menarik napas dan memberikan kesempatan organ pencernaan untuk bekerja. Target sasaran berikutnya adalah iga bakar Karebosi yang berada di Jalan Gunung Lompobattang Jika melihat porsinya yang cukup besar, rasanya sulit untuk menampung menu terakhir ini. Tapi aroma iga bakar dan sausnya benar-benar menggoda. Tanpa nasi iga bakar khas Makasar ini pun akhirnya dapa diselesaiakan dengan aman ke dalam perut :p.

Selepas magrib kamipun meluncur menuju bandara Sultan Hasanudin. Sebenarnya agak menyesal juga tidak bisa berlama-lama di kota Makasar. Karena banyak wisata alam dan budaya di kota ini yang bisa dikunjungi.

Sesampai di bandara kamipun berpisah menjadi dua kelompok karena kami menggunakan penerbangan yang berbeda. Selamat Tinggal Kota Makasar ….  Sebagai penutup trip panjang Sulawesi Selatan Desember 2010…

South Celebes Trip (part 1) : Mengejar Pesawat Delay

South Celebes Trip (part2): Ngemper di Bandara Sultan Hasanudin

South Celebes Trip (part 3): Angkut Satu Lagi dari Pare Pare

South Celebes Trip (part4): Kita di Tator… THo!!!!

South Celebes Trip (part5): Hari trakhir di Tator

South Celebes Trip (part 6): Tanjung Bira…