Masjid Agung Al Falah, Masjid 1.000 Tiang

Mendengar kata-kata Masjid 1000 tiang ada perasaan penasaran untuk segera mengunjungi rumah Allah yang berada di tengah kota Jambi. Masjid dengan luas 6.400 M2 dan daya tampung 10 ribu jamaah ternyata memiliki sejarah yang panjang. Tanah dimana maskid ini berdiri ternyata, dulunya merupakan tempat kerajaan Melayu Jambi. Namun pada tahun 1885 dikuasai penjajah Belanda dan dijadikan pusat pemerintahan/benteng Belanda.

Namun baru pada tahun 1971 pelaksanaan pembangunan masjid dimulai. Bahkan menurut kabar turun temurun arsitektur masjid dulunya disayembarakan. Dan, ternyata pemenangnya orang non-Muslim. Wah saya jadi teringat masjid Istiqlal di Jakarta, yang konon kabarnya sang arsiteknya adalah seorang non Muslim. Masjid Agung sendiri, secara resmi pada 29 September 1980 diresmikan Soeharto, Presiden RI waktu itu.

Rasanya sekali berkunjung di Masjid agung tidak membuat saya puas, selain suasana taman teduh di dalam area kompleks ada sebuah sekolah yang di depannya terdapat orang orang penjual jajanan. Mulai dari mpek-mpek, sate ayam sampai es tebu berjajar di sepanjang pagar bagian.

Sebetulnya ada satu bangunan lagi di samping kompleks Masjid Agung yang membuat saya penasaran. Sebuah bangunan jaman Belanda yang bentuknya unik. Aha ternyata itu sebuah bangunan Tangki air besar yang digunakan untuk menampung air. Sebuah bangunan beton yang menjulang tinggi dengan bagian atas yang tampak lebih besar dari bagian bawahnya. Namun ketika saya ingin mengambil gambar lebih dekat ternyata kegiatan saya ini menjadi perhatian seorang satpam. Dan dengan sukses sang satpam mengusir saya walaupun saya sudah mencoba berargumen bahwa saya bukan wartawan ataupun orang LSM yang ingin menjadi mata-mata atau mencari berita miring. Jaman sekarang ternyata banyak lembaga atau intansi pemerintah menjadi paranoid di era “kebebasan pers” yang katanya kebablasan. Tapi dasar rejeki ternyata gambar sang satpam dengan latarbelakang bangunan unik itu tanpa sengaja terekam oleh kamera saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s