Bagaimana Dari Bandara Changi ke Pelabuhan Menuju Batam?

Gegara artikel Tips Ke Bandara Changi Dari Batam Via Pelabuhan Tanah Merah dan vlog Batam ke Bandara Changi Via Tanah Merah. Saya dapat pertanyaan bagaimana dari Bandara Changi menuju Batam jika melalui pelabuhan tanah merah. Kebanyakan pertanyaan melalui media sosial dan komentar di vlog. Terimakasih ya teman-teman yang sudah mengapresiasi vlog dan tulisan di blog dananwahyu.

Sebetulnya cari paling mudah dari bandara Changi ke Batam adalah dengan menggunakan MRT dari Changi menuju pelabuhan Harbourfront. Namun ada beberapa rekan traveler yang ingin melalui Tanah Merah karena menyebrang melalui pelabuhan ini relatif lebih cepat ketimbang Harbourfront. Namun sebelum menuju pelabuhan feri Tanah Merah atau Harbourfront sebetulnya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Tarif taksi malam di Singapura lebih mahal.
  1. Waktu Pesawat Mendarat

Pukul berapa kamu sampai di bandara Changi, apakah malam hari pagi hari atau siang hari. Jika kamu mendarat malam hari di atas pukul 21:00 saran saya lebih baik menginap di bandara. Karena untuk sampai ke pelabuhan feri besar kemungkinan harus menggunakan taksi karena kendaraan umum seperti MRT dan bis tidak beroperasi sampai di atas pukul 12 malam. Penyebrangan Feri paling malam di pelabuhan Feri Harboufront sekitar pukul 22:00 dan Feri Tanah Merah pukul 20:20 dan boarding ditutup setengah jam sebelum perjalanan.

2. Menginap di Bandara

Aku nggak punya uang untuk sewa kamar hotel di Changi Kak. Duh kalau mau tidur manja jangan di Changi. Tapi yakinlah banyak tempat istirahat di Changi salah satunya di Jewel Changi (itu lho Kak wisata kekinian bandara Changi).

Tapi kalau favorit aku sih di terminal 3 tepatnya di basement 2, di situ ada open theater yang dilengkap bantal dan guling empuk. Numpang selonjoran beberapa jam okelah sebelum melanjutkan perjalanan ke Batam.

3. Transportasi Bandara ke Pelabuhan

Nah ini yang paling banyak menjadi pertanyaan teman-teman traveler. Paling mudah naik MRT ke Harbourfront, caranya naik ke jalur hijau (East West Line). Setelah melewati stasiun Expo turun di stasiun Tanah Merah

a. Pelabuhan Feri Harbourfront

Pindah ke line MRT East West Line ke arah Joo Koon atau kota sampai di Outram Park pindah ke jalur ungu North East Line ke arah Harbourfront. Sampai Harbourfront naik ke lantai dua untuk membeli tiket penyebrangan. Durasi perjalanan darat dari Changi ke Harbourfront sekitar 1 jam dan penyebrangan kapal Feri Harbourfront ke Batam Center sekitar 1 jam.

b. Pelabuhan Feri Tanah Merah

Jika ingin melalui pelabuhan feri Tanah Merah maka turun di MRT stasiun melalui stasiun exit B. Dari sini menuju halte dan menunggu bis nomor 35 M ke arah Bedok. Tapi sabar ya karena bis tidak lewat setiap saat, paling lama menunggu bisa 15 menit lebih. Jika sudah naik bis nanti turun di pelabuhan Feri Tanah Merah.

Estimasi perjalanan dari bandara Changi ke pelabuhan Tanah Merah dengan kendaraan umum sektar 45 menit tapi dan dengan taksi sekitar 15 menit. Sebagai informasi di Singapura sudah ada taksi online termasuk GOCAR dari GOJEK Indonesia. Bangga ya!

4. Kapal Feri

Jika sampai pelabuhan Harbourfront mungkin bingung memilih operator feri. Wah kalau sudah begini keputusan ada di tangan pembaca, termasuk tujuan pelabuhan karena di Batam ada beberapa pelabuhan feri internasional. Pilih yang paling dekat dengan tujuan tapi kalau saya mah tetap ke Batam Center karena jadwal penyebarangan paling banyak.

Kapal feri penyebrangan ke Singapur Batam tidak 24 jam.

Jika pelabuhan feri Tanah Merah setahu saya hanya ada operator Majestic, berikut jadwal keberangkatannya.

5. Imigrasi

Biasanya pemerikasaan imigrasi dari Singapura ke Batam tidaklah seketat jika akan masuk ke Singapura tapi tetap persiapkan segala kemungkinan terburuk, termasuk random check.

Pasalnya saya pernah kena random check ketika akan keluar dari Singapura. Semua isi tas saya dibongkar termasuk dalaman kotor yang harusnya nggak jadi konsumsi publik apalagi dijembreng oleh petugas imigrasi.

6. Barang Bawaan

Jika kamu membawa tas besar segeda gaban bisa menitipkan tas ke bagasi kapal, jadi tidak perlu menggeret tas naik ke atas kapal. Kalau tidak salah jatah berat bagasi 20 kg.

Bayangkan jika kamu membawa barang di eskalator seekstrim ini.

Selian itu yang menguras tenaga adalah menggeret koper ketika transit antar terminal MRT. Gunakan lift untuk naik turun antar lantai di stasiun MRT karena kalau menggunakan eskalator susah banget apalagi beberapa eskalator cukup curam.

7. Free Wifi

Kok free wifi jadi point? Begini ya Kak karena kalian transit beberapa jam di Singapura nggak mungkin beli SIM Card Singapura. Tapi tetap butuh internet untuk memesan taksi online dan meng-update info perjalanan kepada orang dekat.

Manfaatkan fasilitas wifi gratis bandara.

Sebelum keluar bandara Changi (sebelum imigrasi) pastikan mendapatkan user id dan password wifi gratis, caranya bisa mendaftar sendiri di gerai otomatis atau minta bantuan customer service bandara.

Di pelabuhan feri Harbourfront juga tersedia wifi gratis tanpa perlu mendaftar.

8. Jangan Malu Bertanya

Orang Singapura memang tidak seramah orang Jepang yang terkenal sangat helpful. Namun jika kamu bertanya kepada petugas bandara, pelabuhan atau keamanan (termasuk polisi) mereka akan sangat membantu karena customer satisfied salah satu hal yang dijunjung tinggi di dunia bisnis Singapura.

9. Jangan Lupa ke Jewel

Changi itu salah satu bandara terbaik di dunia, kehadiran Jewel air terjun buatan tertinggi di dunia membuat bandar ini semakin menarik. Jadi jika ada waktu lebih jangan lupa untuk singgah di Jewel 1-2 jam.

Jangan lupa ke Jewel

Semoga informasi di atas bisa membantu teman-teman traveler yang akan mudik ke Batam atau Kepri melalui bandara Changi Singapura. Semoga sampai tujuan dengan selamat dan dapat berkumpul dengan keluarga di hari Raya Idul Fitri.

Jika ada masukan atau pertanyaan seputar mudik melalui bandara Changi silakan tulis kolom komentar.

12 Comments on “Bagaimana Dari Bandara Changi ke Pelabuhan Menuju Batam?

  1. waaah.. di sebelah mananya changi air terjun ini.. waktu ke sana tahun lalu gak sempet liat..

    Suka

  2. Artikel yang menarik, terima kasih.
    Saya mau kasih info mungkin berguna.

    Selain ferry Majestic ada juga Batam Fast ke Tanah Merah dari pelabuhan Harbourbay, Batam Kota. Dari Nongsa juga ada ferry ke Tanah Merah.
    Oh ya, khusus yang sudah berumur 60 tahun keatas harga tiket ferry ke Singapura sekali jalan hanya Rp200 ribu untuk saat ini.

    Setahu saya ada bus langsung dari pelabuhan Tanah Merah ke Changi Airport. Pernah lihat iklannya Majestic ada promo gratis naik bus ke bandara dari Tanah Merah.

    Sekarang kalau naik ferry dari HarbourFront ke Batam proses imigrasinya sudah tidak manual lagi, cukup scan paspor dan sidik jari dan mata kalau tidak salah, saya lupa.

    Suka

    • Aku pernah naik bus tanah merah Changi langsung tapi shuttle bus Ini lumayan lama nunggunya nah yang sebaliknya belum pernah. Terus scan itu utk paspor yang sudah pernah keluar masuk singapur kalau baru belum karena biometrik (jempol) belum teregister

      Suka

  3. Apa aja yg harus disiapkan om? Misalkan uangnya harus tuker pas masih di indonesia apa di bandara nanti ada? Trus kalo ke singapura kan kita cuma perlu bawa passpor kan? Makasi

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: