Masjid Termegah di Aceh
Aceh - Bumi Serambi Mekah Nan Elok, Travelling

Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman

Berbicara mengenai Aceh, tentu saja tak bisa terlepas dari Masjid Raya Baiturrahman yang menjadi ikon wisata religi di Kota Aceh. Masjid ini memang begitu populer, bahkan menjadi tempat yang selalu dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Aceh. Sehingga tak heran bila aceh selalu ramai dikunjungi wisatawan dan banyak yang berlomba-lomba berburu tiket pesawat promo ke aceh.


Bagi anda yang sedang berlibur ke Banda Aceh, tak lengkap rasanya jika anda tak mengunjungi masjid Raya Baiturrahman ini. Tak hanya menawarkan sensasi religi saja, namun banyak sejarah yang bisa anda pelajari di sini. Tak heran jika masjid ini menjadi kebanggaan dari masyarakat Aceh.

Jangan Lewatkan Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman
Jangan Lewatkan Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman

Sejarah Masjid Baiturrahman
Masjid ini berdiri pada tahun 1606-1636, tepatnya pada saat pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Masjid ini awalnya dibangun dengan tujuan untuk dijadikan sebagai pusat pengajaran ilmu agama yang ada di Nusantara. Sehingga banyak sekali pelajar yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia datang ke tempat ini. Bahkan beberapa di antaranya ada yang berasal dari Negara lain seperti India, Turki, India, Persia, dan Arab. Sehingga Aceh diberi julukan Kota Serambi Mekah.

Menara Masjid Raya Baiturrahman
Menara Masjid Raya Baiturrahman

Hingga saat ini, masjid ini sudah mengalami renovasi hingga 5 kali serta beberapa perluasan area. Bahkan masjid ini sempat menjadi tempat perlindungan masyarakat Aceh saat bencana tsunami menyerang di tahun 2004.

Bangunan Masjid Raya Baiturrahman

Bagi anda yang berkunjung ke masjid ini, anda akan dibuat terkagum kagum dengan keindahan dari arsitektur bangunan tersebut. Salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia ini memiliki interior dan eksterior yang memiliki gaya Kesultanan Turki Ustamani yang sangat khas. Bangunan masjid ini didominasi dengan warna putih dengan kubah hitam yang berukuran besar dan terdapat 7 menara yang mengelilinginya. Masjid ini mampu menampung hingga 1900 jamaah di dalamnya.

Bagian dalam Masjid Raya Baiturrahman
Bagian dalam Masjid Raya Baiturrahman

Bagian luar dari masjid ini dihiasi dengan kolam serta air mancur yang ada di halaman masjid Baiturrahman ini. Tamannya yang dipenuhi rumput rumput berwarna hijau segar, membuat pemandangan masjid ini tampak begitu sejuk dan asri. Karena keindahannya ini, tak salah jika masjid ini masuk ke dalam 100 masjid yang terindah di dunia.

Lokasi Masjid Raya Baiturrahman
Lokasi masjid ini tepat berada di tengah tengah kota Aceh. Untuk akses menuju masjid ini, anda bisa menggunakan banyak pilihan transportasi. Mulai dari darat, laut dan udara. Jika anda menggunakan jalur laut, tentu saja anda harus menuju ke Pelabuhan Belawan. Atau anda juga bisa menggunakan angkutan darat seperti bis, travel yang menuju ke Banda Aceh. Jika anda menaiki transportasi umum dari bandara Sultan Iskandar Muda, anda perlu merogoh kocek hingga 15 ribu rupiah.
Wisata Lain Di Sekitar Masjid Raya Baiturrahman

Berpose di Masjid Raya Baiturrahman
Berpose di Masjid Raya Baiturrahman

Tak hanya dapat mengunjungi masjid raya ini saja, anda juga bisa mengunjungi wisata lainnya yang berada di sekitar masjid Raya Baiturrahman ini, antara lain adalah:

• Museum Negeri Aceh, di Jalan Sultan Alaidin Mahmud Syah 12.
• Museum Tsunami, di Jalan Sultan Iskandar Muda no.1 Blang padang.
• Taman Sari Gunongan,di Jalan Teuku Umur, Baiturrahman, Banda Aceh.
• Kuburan Massal Siron, di Jalan Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh.
• Get Aceh, di Jalan Panglateh no. 26 2nd floor.
• Kapal Tsunami, di Jalan Punge Jurong, Banda Aceh.

Museum Tsunami
Museum Tsunami

Nah itu tadi penjelasan mengenai wisata religi Masjid Raya Baiturrahman yang patut anda kunjungi selama berlibur di Aceh. Bagi yang sedang bingung, sudah saatnya cari tiket pesawat tujuan Aceh sebagai destinasi liburan berikutnya. Berlibur ke Aceh, tak hanya mendapatkan pengetahuan seputar ilmu agama, namun banyak sejarah yang juga bisa anda pelajari di tempat ini. Semoga informasi di atas dapat membantu anda.

16 tanggapan untuk “Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman”

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar