Hotel, Kepulauan Riau, Kuliner

Da Vienna Boutique Hotel – Mahakarya Gastronomi Barletta Bar & Lounge

Gastronomi, ketika makan tak sekedar hanya memuaskan hasrat laparmu. Ia merupakan sebuah karya seni yang mampu memuaskan indra perasa dan penghilatan serta dapat menuturkan kisah akar budaya dari berbagai tempat di muka bumi.

Dan ritual makan tak sekedar hanya memasukan makanan dan minuman ke dalam iringan  suara piring , sendok dan garpu beradu. Ia berkisah bagai karya sastra yang dituturkan oleh Jacques Berchoux dua ratus tahun lalu.

Barletta Bar & Lounge ,  Da Vienna Boutique Hotel – Kain putih lebar dihamparkan di atas meja makan , menjadi alas piring putih dan gelas kaca bening. Ia bersanding padu bersama  perangkat peralatan makan logam.

gastronomi, kuliner bagai sebuah mahakarya
gastronomi, kuliner bagai sebuah mahakarya

Saya duduk di salah satu ujung meja bersiap untuk menyunting rasa. Tak ada romantis hanya penasaran terhadap rasa. Hingga akhirnya waitress menumpukan serbet di atas pangkuan saya. Dan ritual itu dimulai…

makan malam santai di Barletta Bar & Lounge
makan malam santai di Barletta Bar & Lounge
tempat kongkow maksimal di Barletta Bar & Lounge
tempat kongkow maksimal di Barletta Bar & Lounge
sajian live music di Barletta Bar & Lounge
sajian live music di Barletta Bar & Lounge
ingin menikmati ritual makan malam penuh sensasi rasa?
ingin menikmati ritual makan malam penuh sensasi rasa?
Menu malam ini. Apakah kamu siap?
Menu malam ini. Apakah kamu siap?

Carabian Chicken Salad

Potoangan ayam yang dipanggang sempurna berpadu bersama potongan paprika, tomat dan selada dalam lingkaran onion ring. Linangan saus mangga kekuningan di tepi pinggan memang pendamping yang pas. Namun jika ingin memberikan rasa kuat tuangkan cuka bersama sebongkah buah zaitun.

Tak perlu buru-buru menikmatinya. Dalam linangan saus  potongan sayuran dan daging ayam itu kini berubah menjadi sebuah kisah. Rasa yang menghadirkan nuansa Mediterania di Barletta Bar & Lounge.

Carabian Chicken Salad , sajian pembuka penuh kejutan
Carabian Chicken Salad , sajian pembuka penuh kejutan
Carabian Chicken Salad - kesembangan rasa dan tampilan
Carabian Chicken Salad – kesembangan rasa dan tampilan

Manhattan Seafood Chowder

Babak berikutnya adalah dimana imajinasi saya semakin liar. Saya tak pernah mengira bahwa potongan kecil dua kepala udang di dalam pinggan mengadirkan dentuman rasa. Membuat saya ingin tetap duduk berkali-kali di Barletta , sambil berujar kepada sang waitress ” Would yo give me more the soup?”

Manhattan Seafood Chowder - sebelum soup krim dituangkan
Manhattan Seafood Chowder – sebelum soup krim dituangkan

Sup krim kental yang dituangkan ke dalam mangkuk adalah  sup terlezat yang pernah saya rasakan selama hidup di dunia. Ini bukan lebay, tapi kamu harus mencobanya.

Bumbunya tak terlalu kuat , hanya ada sedikit semu rasa manis dan asin. Tapi linangan gurih krim dan kaldu udang, benar-benar mengguncang lidah. Setelah bulat-bulat tertelan , rasa itu seperti tak mau pergi dari ujung lidah.

Sekali lagi saya meyakinkan diri. ” Ini jatuh cinta atau ketagihan?”

Ah sudahlah lupakan semua tanya. Kembali lidah ini mengalun riuh bersama rasa yang makin meriah. Sup itu masuk ke mulu bersama potongan ikan dan brokoli.

“Alamak… Saya rela untuk setia kepadanya. Asal bisa bertemu dengan rasa ini berkali-kali seumur hidup.”

Namun kali ini saya harus menahan hasrat, diujung sendok terakhir. Ya , saya harus menahan cinta yang  berkobar, agar ia tetap hangat dan menghadirkan kerinduan.

Selamat malam Manhattan Seafood Chowder, saya yakin kita akan berjuma lagi di Barletta.

Manhattan Seafood Chowder - tidak bisa move on dari lezatntya
Manhattan Seafood Chowder – tidak bisa move on dari lezatntya

Atlantic Crispy Salmon

Sepotong salmon dimasak well-done terkapar pasrah bersama beberapa potong sayuran di atas pinggang. Ia tidak terlahir dari dalamnya laut Atlantik tapi sebuah karya dari Chef bernama Johan.

Tak perlu sang Chef berkisah saya tahu kalai salmon grilled dinikmati dengan saus yoghurt kekuningan. Ada seulas ininsial “D” di atas cawan berisi saus berwarna kuning. Konon kata sang koki ini artinya Da Vienna.

Atlantic Crispy Salmon - tuna dimasak dengan sangat baik
Atlantic Crispy Salmon – tuna dimasak dengan sangat baik

Segaris ruas daging tuna saya urai lalu  berlahan dioleskan saus berkali-kali. Bersama minyak yang keluar dari sela daging dan kulit ikan, saus yoghurt creamy terasa lebih nancap di lidah.

Atlantic Crispy Salmon menjadi sajian pamungkas penuh cita rasa menggoda. Pengalaman kuliner yang akan mengantar anganmu sedalam samudra atlantic.

Atlantic Crispy Salmon - sajian pamungkas penuh rasa
Atlantic Crispy Salmon – sajian pamungkas penuh rasa

Fruit Spaghetty

Eh mana spagehtty-nya?

Maaf ini dessert bukan main course. Spaghetty ini berasal jelly yang diberi rasa sirup melon lalu diulur panjang membentuk mie panjang bagai panganan asal Italia yang tersohor.

Uniknya ketika es krim mencair maka ia akan terserap ke dalam jelly mie. Padu padan rasa keduanya jelas nikmat untuk diulik. Geliat dingin manis beradu bersama kenyal empuk.

“Slurp…. ” Satu tarikan bibir ia akan masuk ke dalam mulut. Tapi jangan abaikan remah hazelnut di bawah es krim. Ia bagai harta karun yang harus kamu sibak berlahan lalu diaduk merata bersama es dingin. Karena ada sensasi rasa gurih yang membuat ritual makan malam penutup makin berwarna.

Potongan strobri dan semangka bukanlah garnish pemanis semata. Jika kau mau rasa yang berbeda masukan semuanya bersamaan ke dalam suapan.

“Duar!!!” Saya mati kekenyangan.

Fruit Spaghetty - penutup yang manis sekaligus meriah
Fruit Spaghetty – penutup yang manis sekaligus meriah

Pengalaman kuliner di Barletta Bar & Lounge jelas tak terbayang sebelumnya. Namun jangan pernah berpikir di sini tak ada masakan Asia apalagi kuliner nusantara. Semua sensasi gastronomi terakomodir baik di sini , ulik saja Sop Buntut, Steamed Fish Teow Cheow, Vienna Fried Rice. Dijamin kamu akan menggelinjang melayang terbuai rasa.

Fruit Spaghetty - siapa yang sanggup menolaknya meski perut terasa penuh
Fruit Spaghetty – siapa yang sanggup menolaknya meski perut terasa penuh
teman teman dinner akoeh yang kece-kece
teman teman dinner akoeh yang kece-kece

Bagi penggemar pizza kamu harus mencoba pizza home made Barletta . Quatro Mushroom Pizza, Meat Lover Pizza, Vienna Diavolla Pizza, Classic Margarita Pizza, Hawaian Pizza kudapan akhir pekan yang tepat disantap bersama teman dan keluarga.

Bagaimana dengan harganya?

Jangan takut meski cita rasa resto  hotel berbintang, harganya tak jauh berbeda dengan kafe. 😀

 

Barletta Bar & Lounge – Da Vienna Boutique Hotel.
Jl. Pembangunan, Nagoya, Batam, Indonesia.
Phone :  +62 778 422 300
Fax   : +62 778 431 900 :
Email : reservation@davienna.com
Website:  http://www.davienna.com
Buka : 15:00-23:00 (Senin-Jumat), 15:00-24:00 (Sabtu-Minggu)

25 tanggapan untuk “Da Vienna Boutique Hotel – Mahakarya Gastronomi Barletta Bar & Lounge”

  1. makanannya terlalu rapih untuk mba..kalo makan model gitu suka salah tingkah sendiri..serbet melorot lah..sendoknya berat..tapi fruit spaghetti nya menggoda banget…kapan mba ditraktir yang itu????

    Suka

  2. Tak pikir inisial D itu danan om ehehe… Duh porsinya emang seiprit-iprit gitu yak? Makan beginian kudu pake table manner ya om? Duh aku biasa makan pinggir jalan wkwwkkw…. Tapi aku penasaran sup yang rasanya super lezat itu… AH LAPAR

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar