Kepulauan Riau, Kuliner

Perayaan Sederhana Tahun Kambing

Yee Sang hidangan khusus Imlek
Yee Sang hidangan khusus Imlek

Meski tadi malam suara petasan sahut menyahut menghadirkan euphoria kemeriahan tahun baru China. Hujan deras seolah menidurkan kota Batam sejenak. Jalanan tak lagi ramai, hanya satu dua pejalaan kaki lalu lalng yang didominasi pendatang. Konon  para perantau mudik mengambil kesempatan pulang kampung  jelang akhir pekan.

Saya memilih tetap dikosan menikmati sisi lain kota Batam. Mempersiapkan diri menghadiri pesta menyambut tahun kambing.

Ada keinginan berburu foto di pulau Buluh tahun ini, konon perayaan Imlek di sana sangat meriah. Namun lagi-lagi malas menghadirkan rasa enggan. Ah rasanya semangat  backpacking surut,  kembali menjinjing hermes menjadi traveller menuju Turi Beach Resort , Batam.

meramu Yeen Sang bersama-sama
meramu Yeen Sang bersama-sama

Perayaan imlek di Turi Beach jelas memanjakan lidah dan mata. Deretan masakan oriental  terbalut dalam cita rasa internasional siap  disantap. Ada Yee Sang sejenis salad ikan yang dicampur dengan irisan halus sayur seperti lobak dan wortel. Menilik rasanya kaya rempah dan kesegaran aroma jeruk, saya langsung jatuh cinta dengan rasa kayu manis menghambur.

Paling unik ketika Yee Sang diramu bersama-sama dalam wadah besar oleh beberapa orang. Potongan sayuran berhamburan di udara bersama sumpit yang mengayun.

Kue tradisional peranakan China juga hadir memenuhi meja. Mulai dari kue ranjang  kukus asli budaya negeri tirai bambu  sampai tart susu yang merupakan kuliner yang lahir dari budaya China dan Eropa.

Kue kering beraroma rempah dan buah juga hadir. Tapi yang bikin saya berbinar dan ngiler berat. Coklat berbentuk koin. Kantongin ah beberapa keping untuk buah tangan.

Berikutnya makanan berat yang bikin berat badan  terjaga. Maksudnya? Jaga-jaga biar ngga naik. Ada daging bebek beragam saus yang konon tidak terlalu berlemak. Anek ragam salad juga buah dan sayur. Tapi tetap kalau berlebih tetap bikin gendut.

Hiburan khas oriental juga hadir menyemarakan perayaan imlek di Turi Beach. Seolah menjadi sajian wajib , atraksi barongsai muncul di tengah jamuan makan malam.

Sebelum pulang saatnya bernarsis ria dengan Awang , maskot Turi Beach Reosrt . Tapi  maaf Awang saya memilih foto bersama  dengan Nona Luisa Gan penyandang gelar Miss Singapore Tourism Queen International 2014.

Ini kisah sederhana imlek ku. Bagaimana kisah imlek mu?

 

28 tanggapan untuk “Perayaan Sederhana Tahun Kambing”

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar