Aceh - Bumi Serambi Mekah Nan Elok, Travelling

Cot Panglima , Antara Bireuen-Takengon

Tebing bergaris di Cot Panglima
Tebing bergaris di Cot Panglima

Tepat di kilometer 29, tebing bergaris indah bagai ukiran alam di kawasan Cot Panglima, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen. Kondisinya berbeda dibandingkan belasan tahun lalu. Pada masa konflik Aceh lokasi ini dijadikan tempat pembuangan mayat.

Pengendara akan tergoda menyaksikan Cot Panglima
Pengendara akan tergoda mengehentikan laju kendaraan menyaksikan Cot Panglima

Selain kisah menyeramkan  ada sepenggal kisah perjuangan anak bangsa di Cot Panglima. Tempat ini  merupakan  persinggahan Panglima Divisi X, Kolonel Hussin Yusuf saat  mengangkut peralatan Radio Rimba Raya ke wilayah Aceh Tengah tahun 1945.

setelah pemengkasan tebing lebar jalan menjadi 22 meter
setelah pemengkasan tebing lebar jalan menjadi 22 meter

Jalan sempit di tepi jurang rawan kecelakaan sehingga bukit di seberang jalan harus digerus. Kebetulan dua tahun lalu ketika melewati kawasan ini menyaksikan belasan eksavator memangkas dinding tebing agar jalan menjadi lebih luas. Kini lebar jalan menjadi 22 meter.

jurang di tepi jalan indah namun tetap berbahaya tanpa pembatas
jurang di tepi jalan indah namun tetap berbahaya tanpa pembatas

Dari sisi jurang terlihat pemandangan  gunung dan hutan tropis. Indah, namun harus tetap berhati-hati, tidak ada pembatas antara jalan dan jurang. Ancaman longsor kerap terjadi di musim hujan dari sisi tebing maupun jurang di tepi jalan.

warung di Cot Panglima
warung di Cot Panglima

Meski belum terlalu aman untuk disambangi, singgahlah sejenak di Cot Panglima untuk sekedar duduk minum di beberapa kedai menghilangkan penat perjalanan.

 

14 tanggapan untuk “Cot Panglima , Antara Bireuen-Takengon”

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar