Jambi, TIps, Travelling

14 Reasons Visit Kerinci

Ranah Kayu Embun
Ranah Kayu Embun

Mendengar  Kerinci, terlintas gunung api tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl). Namun faktanya banyak banyak alasan menarik membuat anda harus menyambangi  kabupaten di propinsi Jambi.

  •  Kayu Aro – Kebun teh kualitas nomor satu terluas di dunia (3.020 hektar) dan tertinggi nomor dua di dunia (1.400-1.600 meter dpl) . Konon rasa kelatnya membuat Ratu Belanda, Betrix enggan berpaling dari teh yang diproduksi PT Perkebunan Nusantara VI.
  • Danau Gunung Tujuh – Berada di ketinggian 2.732 meter dpl dikukuhkan sebagai gunung vulkanik tertinggi di Asia Tenggara.
  • Teluh Berasap –  Air terjun pelimpahan Danau Gunung Tujuh ini memiliki keunikan spektrum pelangi  akibat pembiasan sinar matahari menembus air terjun setinggi 50 meter.
  • Makam Sutan Kamat –  Jika  berjalan di Sungai Penuh  akan tercengang melihat makam di tengah jalan  , sekilas mirip monumen dengan detail payung dan gong.
  • Masjid Warna-Warna – Ornamen ukiran warna-warni mendominasi hiasan dinding dan tiang masjid-masjid tua di Kerinci . Selain indah masjid-masjid ini memiliki keunikan  serta  sejarah masuknya Islam di Kerinci.  Masjid Agung Pondok Tinggi, Masjid Kuno Kota Tua, Masjid Keramat Lempur Mudik.
  • Aneka Danau – Tersebar danau dengan keunikan berbeda. Mulai danau tertinggi dikelilingi 7 gunung, danau Lingkat dengan cerita mistis, danau Kaca dengan airnya yang jernih, dan  danau Kerinci yang luasnya mencapai 5 hektar.
  • Taman Nasional Kerinci Seblat – Taman nasional terluas di Sumatra (13,750 km²) merupakan rumah bagi 4000 jenis species Flora, termasuk Raflesia Arnoldi. Berbatasan langsung perkebunan sayur Ranah Kayu Embun, hidden spot di Kerinci.
  • Benda Purbakala – Di Kerinci banyak ditemukan benda purbakala seperti : Dolmen Baturajo, Batu Selindrik , Menhir dan Dolmen. Terdapat
  • Naskah Melayu Tertua – Di Museum pribadi milik Iskandar  terdapat  Kitab Undang-Undang Tanjung Tanah merupakan naskah Melayu tertua dan naskah Tambo Adat Hiang tinggi yang menjabarkan silsilah keturunan suku Kerinci termasuk Gajah Mada.
  • Kuliner – Manjakan lidah dengan ragam kuliner khas Kerinci seperti: Sate Amir, Soto Semurup, dan Dendeng Batokok yang dibakar dengan arang kayu manis.
  • Kayu Manis  – Sejarah mencatat Kerinci penghasil kayu manis terbesar di Indonesia (30.000 hektar) . Sangat mudah menemukan pohon berdaun kemerahan dan beraorma khas. Sirup kayu manis oleh-oleh khas yang wajib dibawa pulang.
  • Ikan Semah – Hewan endemik Danau Kerinci ini memang lezat. Penyajiannya pun beragam bisa digulai atau dibakar. Paling pas dinikmati di pinggir danau.
  • Bukit Khayangan – Tempat paling indah menikmati keindahan gunung Kerinci , kota Sungai Penuh dan Danau Kerinci . Tepat di atasnya terdapat take off paralayang Aero Sport Flying School milik Kodim 0417/Kerinci.
  • Gunung Kerinci – Jika cuaca cerah dan tidak berkabut dari puncak gunung Kerinci terlihat ujung selatan pulau Sumatra.

Meskipun kabupaten Kerinci dibagi menjadi kabupaten dan kota Sungai penuh. Orang tetap mengenalnya sebagai  Bumi Sakti Alam Kerinci, keindahan alam terbalut budaya  bernuansa mistis. Tidak berlebihan jika ada ungkapan , jangan mati dahulu sebelum datang ke Kerinci.

Baca juga tulisan #14on14 yang lain:

  1. Titiw14 lagu Momen Untuk Traveling
  2. Ghana – 14 Objek Wisata Menarik di Kalimantan Barat
  3. Arie14 Ragam Wisata Dari Tanah Kelahiran
  4. Astin14 Motif Tenun Dari Nusaa Tenggara
  5. Danan14 Alasan Mengunjungi Kerinci
  6. Fahmi Hiu14 Tempat Wisata Menarik di Dubai
  7. Dea14 Things To Do In Paris
  8. Wisnu14 Foto Romantis di Sekitar Kepulauan Komodo
  9. Nugi14 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Semarang
  10. Yofangga 14 Film Inspirasi Perjalanan
  11. Titi – 14 Tempat Cantik untuk Natarajasana
  12. Bolang14 Senja Yang Bikin Kamu Galau
  13. Ridwan – 14 Barang Yang Sebaiknya Kamu Bawa Ketika Traveling
  14. Indri14 Tindak Tanduk Asyik di Wae Rebo
  15. Dansapar 14 Hal Yang Manis dan Murah di Inggris
  16. Lenny 14 Travel Selfies Around USA
  17. Bobby14 SEO Basic Travel Blogging ala Virus Traveling
  18. Adlien14 Alasan kenapa harus Traveling Saat Muda
  19. Bulan14 Places I want to Share with my Loved One
  20. Wira14 Tips Simpel agar Komposisi Foto makin Kece

 

90 tanggapan untuk “14 Reasons Visit Kerinci”

  1. Mas, insya Allah tahun 2015 ini saya ada niat susur Sumatera, temenin nanjak ke Kerinci/Gunung Tujuh/Marapi yaa 🙂

    Suka

  2. Selalu kageeeeet saban kemari.. disambut sama suara kak danan yang cuap2 merayuuu hahahahhaa.. Btw aku malah baru tau kak kerinci itu punya kebun teh. Sebagai pecinta teh, halaman ini wajib bukmark!

    Suka

  3. baru tahu klo buka dari laptop langsung disambut suara penyiar radio paling ngehits sejagad dunia blogger
    hihihihi
    akuuuu mau ke kebun teh kayu aro krn udah go international sejak dulu kalaaaa!

    Suka

  4. Baru kali ini speakerku nyala pas ngunjungin blogmu kak danan, suara cetar membahana ala penyiar radio heitz se metropolitan.
    Duh, mahameru aja aku gagal muncak, ini gimana lagi ya? Tapi pengen juga mblusuk kerinci

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar