Lampung, Travelling

Menerawang Keindahan Bawah Laut Pahawang

Menerawang Pulau Pahawang
Menerawang Pulau Pahawang

Pelayaran pulang dari Tanjung Putus mengundang rasa penasaran. Melintasi perairan jernih Pulau Pahawang. Keindahan bawah laut menerawang  menawarkan pesona, terlalu sayang untuk dilewatkan. Namun kapal kami tidak dapat sandar di dermaga depan cottage, sedang ada perbaikan.

Satu persatu kami diturunkan di tengah laut, lalu berenang menuju utara . Berlahan menyusuri permukaan laut sambil memandang keindahan bawah laut. Sebuah tebing di dasar laut menganga dalam, beragam jenis species biota laut berenang bebas. Sekali lagi saya terpukau keindahan dunia bawah laut Lampung. Tidak menyangka tanah kelahiran saya memiliki pesona yang begitu luar biasa. Tidak kalah dengan daerah tujuan wisata di Indonesia yang sudah terkenal.

Pulau Pahawang  terletak di Teluk Lampung di kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Indonesia. Berada di perairan Teluk Lampung ombak di sini tidak terlalu besar.  Dari pelabuhan Ketapang hanya membutuhkan waktu 45 menit dengan menggunakan kapal tradisional “ketinting”.

Konon pulau dengan luas empat kilometer persegi ini didiami oleh penduduk . Namun sayang tidak sempat mampir lama di Pulau dan melakukan interaksi dengan warga lokal. Pantainya merupakan kombinasi hutan mangrove dan pasir putih.

Ternyata perahu kami telah sampai di sebalah utara, bersandar di bibir pantai berpasir putih. Berlahan kami berenang menepi, terlihat softcoral membentang luas di dasar dangkal. Bintang laut berwarna biru menempal pada sebuah karang. Meskipun di beberapa sudut terumbu karang rusak , spot ini cukup indah untuk dinikmati bagi pecinta snorkling.

Daratan pasir gosong menghubungkan pulau Pahawang Besar dan Pahawang Lunik. Sayapun berjalan menuju Pahawang Besar tempat perahu bersandar, menikmati keindahan sore sambil memandang Teluk Lampung.

keindahan bawha laut Pulau Pahawang
keindahan bawha laut Pulau Pahawang
bintang laut
bintang laut
ragam biota laut
ragam biota laut
ikan-ikan besar di laut dalam
ikan-ikan besar di laut dalam
bulu babi
bulu babi
hamparan softcoral
hamparan softcoral
gosong pasir penghubung Pahawang Balak dan Pahawang Lunik
gosong pasir penghubung Pahawang Balak dan Pahawang Lunik
perahu merapat di pantai berpasir putih Pahawang Balak
perahu merapat di pantai berpasir putih Pahawang Balak

6 tanggapan untuk “Menerawang Keindahan Bawah Laut Pahawang”

  1. pahawang memang keren ya bang. Bahkan dari atas perahu aja bisa ngelihat sampai ke bawah. Tapi dengar2 sekarang pahawang pulau nya udah banyak yang ditembok2in. Padahal gue baru tahun lalu dari sana, masih biasa aja.

    Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar