Jambi, Travelling

Melayang di Bukit Khayangan

Bukit Khayangan, bagai berada di kahayangan
Bukit Khayangan, bagai berada di khayangan

Bagaimana rasanya jika berdiri di ketinggian 2000 dpl dan bersanding dengan awan putih. Mungkin inilah yang dirasakan oleh dewa dan dewi di khayangan sana. Tapi kita tidak harus ke khayangan untuk merasakan semua itu. Cukup pergi saja ke Sungai Penuh , Jambi lalu dengan sepeda motor menuju bukit Khayangan.

track jalan berliku menuju Bukit Khayangan
track jalan berliku menuju Bukit Khayangan

Bukit Khayangan merupakan salah satu wisata andalan kota Sungai Penuh. Aksesnya cukup mudah dari kota, hanya membutuhkan waktu sekitar 35 menit dengan menggunakan sepeda motor. Infrastruktur jalan yang ada sudah mampu dilalui kendaraan beroda empat.

jalan berliku menuju bukit Khayangan
jalan berliku menuju bukit Khayangan

Sebelum memasuki area ini ada sebuah portal di tengah perladangan yang dijaga oleh penduduk setempat. Pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar sepuluh ribu rupiah untuk dua pengunjung dan sepeda motor.

pemandangan Danau Kerinci
pemandangan Danau Kerinci
keindahan sawah terekam indah dari Bukit Khayangan
keindahan sawah terekam indah dari Bukit Khayangan

Pesona pemandangan dengan luas lebih lebih 180 derajat merupakan tempat untuk melihat kota Sungai Penuh secara sempurna. Dari sini kita bisa melihat gugusan Gunung Kerinci, kota Sungai Penuh serta Danau Kerinci. Garis-garis pematang sawah dengan warna padi kekuningan bersanding sempurna dengan Danau Kerinci yang berkilauan diterpa sinar mentari.

bukit hijau bagai beralaskan karpet
bukit hijau bagai beralaskan karpet

Bukit Khayangan berada di gugusan Gunung Raya berbatasan dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), tepatnya di Desa Binakarya. Beberapa fasilitas umum seperti pondok permanen dan tempat parkir sudah disediakan di tempat ini.

Bukit Khayangan tempat yang tepat untuk Landscaper
Bukit Khayangan tempat yang tepat untuk Landscaper

Bagi pecinta photography landscape atau landscaper, bukit Khayangan tempat yang tepat untuk merekam keindahan Gunung dan Danau Kerinci. Dengan leluasa kita bisa memilih objek dengan sudut pengambilan gambar yang bervariasi. Namun kabut di sini tidak terlalu ramah, membutuhkan sedikit kesabaran dan keberuntungan untuk mendapatkan langit biru jernih dengan awan bergelombang.

seekor burung elang terbang menuju awan
seekor burung elang terbang menuju awan

Rasanya kekaguman ini tidak berujung memandang keindahan alam bukit Khayangan. Apalagi tiba-tiba seekor burung elang melayang tinggi depan saya. Rasanya benar-benar melayang di atas kahayangan.

 

 

RELATED STORIES
Ikan Bakar Danau Kerinci
Si Manis Kayu Kerinci
Keramba Danau Kerinci
Makan Gulai Ikan Danau Kerinci?
Mampir di Sate Amir
Melayang di Bukit Khayangan
Hang Out Ala Sungai Penuh

Ranah Kayu Embun
Sawah, Danau dan Awan
Dendang Dendeng Batokok
Sensasi Soto Semurup
Masjid Kuno Kota Tua
Masjid Agung Pondok Tinggi
Batu Rajo
Masjid Keramat Tuo Lempur Mudik
Persawahan Lolo, Kerinci
Janji Leluhur, Danau Lingkat
Kayu Aru Runaway
Lunch Time Kayu Aru
Rainbow and Waterfall

29 tanggapan untuk “Melayang di Bukit Khayangan”

    1. kayaknya balik lagi pas festival danau seru tuh… banyak objek bagus buat di foto… kalo cuti gw lum abis berangkat dahhh… hanya 110 ribu udah bisa ngintip surga :p

      Suka

  1. festival danaunya di t4 kmrn yg penuh sampah itu … en loe mesti siapin kaki bt jalan jauh krn jalan diblokir utk kendaraan sampe beberapa meter … ^^
    **btw sok tau bayar retribusinya 10rb, acemnya kmrn dapet bisikan password gratisan dech 2x ke sono … hahahah

    Suka

    1. foto header yg mana mas, itu kan berganti2 secara random… kalo yg gerbang dua itu bandara PKU, kalo pantai2 itu rata2 kmrn saya ambil pas jalan ke Flores

      Suka

Pembaca kece selalu meninggalkan jejak berupa komentar