ke Batam via Kuala Tungkal…

selamat datang di kota BatamBermodalkan informasi dari internet dan modal percaya diri, hari ini saya berencana ke Batam via Pelabuhan Kuala Tungkal , Jambi. Jujur informasi yang saya dapatkan tidak begitu lengkap, berapa harga tiket dan prosedur masuk pulau Batam saya tidak tahu. Ya anggap saja perjalanan kali ini adalah blind backpacker.

pelabuhan kuala tungkalJam 6:00 pagi perjalanan dimulai dari pool ratu intan, di simpang kawat jambi. Ketika membeli tiket travel Jambi-Tungkal penjaga loket menawarkan tiket penyebrangan ke Batam seharga Rp 275.000. karena takut tidak kebagian tiket akhirnya saya membeli, jadi total uang harus saya keluarkan Rp 325.000,-. Sebetulnya agak terkejut juga dengan harga tiket penyebranga sebesar itu karena saya bandingkan dengan kapal cepat Bakauheni-Merak hanya Rp 55.000,- tapi sudahlah hitung gitung buat pengalaman. Karena saya juga ingin melihat seperti apa tampilan ibukota kabupaten Jabung Timur Kuala Tungkal

Perjalanan dari kota Jambi menuju Kuala Tungkal membutuhkan waktu 3 jam. Satu jam perjalanan pertama saya lebih banyak tidur karena masih mengantuk. Setelah mewlati pertigaan ke arah jabung saya mencoba buat menikmati pemandangan “baru” sepanjang perjalanan. Walaupun sebagian besar hanya semak belukar dan perkebunan saja. Sekitar pukul 9 kurang mobil yang kami tumpangi memasuki kota Tungkal, tampak beberapa rumah setengah tinggi dan air meluap dibeberapa sudut kota. Seorang penumpang apaka Tungkal banjir? Dan supir travel menjelaskan ini bukan banjir tapi pasang air laut yg naik ke daratan. Dan ini adalah suatu hal yang biasa. Melewati kota Tungkal saya teringat akan kota Benteng kabupaten Selayar di Sulsel. Kota ditepi pantai tidak terlalu besar namun tampak damai untuk tempat tinggal.

pembagian nasi di kapal marindoAkhirnya sampailah saya di Pelabuhan Tungkal setelah travel mengantar satu persatu penumpang lain di tujuannya. Sebelum masuk pelabuhan saya mengambil tiket kapal yang telah saya pesan di loket Ratu Intan. Memasuki pelabuhan saya disambut oleh petugas yang membawa kupon retribusi. Setelah membayar retribusi pelabuhan sebesar Rp 5000 ( padahal di kupon tertulis Rp 2000) saya masuk. Pelabuhan Tungkal ternyata tidak sebesar yang saya bayangkan, seperti pelabuhan Bakauheni atau Merak. Di ujung dermaga tampak sebuah kapal bertuliskan Marindo. Nampaknya itu kapal yang akan saya kunjungi menuju Batam. Tepat jam 10;00 kapal berangkat ,  penumpang pagi itu tidak terlalu ramai sehingga saya bisa berpindah pindah duduk.

pelabuhan tanjung batuTernyata perjalanan Tungkal Batam cukup lama, setelah melewati beberapa pelabuhan seperti Pulau Burung, Tanjung batu. tepat jam  18:00 sandar di pelabuhan Sekupang.Sebetulnya tiket peesawat Jambi Batam tidak terlalu beda dengan tiket kapal+travel sekitar Rp 400 ribu. Tapi saya memang berniat untuk ke Batam dengan kapal. Perjalanan 8 jam sebetulnya sangat membosankan, tapi banyak hal yang bisa saya jumpai di kapal. Saya sempat berbincang dengan rombongan bapak bapak yang akan menghadiri acara sebuah MLM di Batam. dan seperti dugaan saya pun manjadi prospekan MLM . Tapi not bad lah paling engga ada temen ngobrol dan dapat kenalan baru. Menjelang akan turun kapal sayapun berbincang dengan seorang ABk. Dari beliau saya mendapat banyak informasi bahwa masuk ke Batam via pelabuhan akan dikenakan deposit . saya agak khawatir juga karena saya menggunakan ktp luar Batam dan duit di dompet tidak cukup buat bayar deposit. Saya berharap ada atm di Sekupang. Sang petugas ABK memberikan tips bagaimana menghadapi petugas di batam, dia bilang pede aja n jangan panik apalagi pasang muka kriminal atau kampungan.

pelabuhan domestik sekupang batamMemasuki bangunan pelabuhan Sekupang membuat saya agak deg2an tapi berusaha buat tenang, apalgi melihat tulisan bahwa pendatang di Batam harus melapor n memiliki ijin tinggal . Duh kok dah kaya musti pake visa aja ke Batam. Setelah di dalam ternyata penumpang dikumpulkan dipintu pemeriksaan sebelah kiri. Dengan penuh percaya diri saya melewati pintu kanan yang sepertinya pintu buat petugas. Wah ternyata lewat sini tidak ada pemerikasaan , thanx God gw ga kena palak petugas. Sesampai di luar banyak taxi tapi sesuai informasi yg saya dapat dibagian luarpelabuhan ada bis damri yang bisa mengantar saya ke Batam Center dengan harga murah. Tapi setelah sampai di halte bis ternyata jam enam sore bis ke arah sana sudah tidak ada. Dengan terpaksa akhirnya saya naik taxi, untung ada bapak2 yang bersedia diajak patungan. Ke Batam Center kami masing masing membayar Rp 10.000.

kapal tanker sebelum merapat di sekupangSesampai Batam Center rekan saya sudah menunggu. Dan kamipun bergegas ke rumahnya yang ada di perumahan Hang Tuah yang jaraknya kira2 20 menit dengan menggunakan sepeda motor. Sesampainya di sana, seperti biasa ngobrol sampai malam dengan teman asal Lampung yang kebetulan satu alumni semasa kuliah.

Hari kedua di Batam sayapun berencana berencana mengunjungi satu area yang cukup terkenal, yaitu Nagoya. Dalam perjalanan kali ini saya tidak ada berencana untuk belanja. Tapi karena mendapat titipan PSP akhirnya kali ini berburu barang elektronik di Batam yang konon katanya murah. Setelah memasuki bebrapa toko ternyata harga penawaran awal tidak murah dan kita harus menawar ekstra untuk mendapatakna harga murah. Berkeliling di Nagoya terasa melelahkan, wlaupun hanya membeli barang tiitpan rasanya jalan jalan hari ini cukup menyenangkan.

nagoya lagehhhh

cuaca batam yang ekstreemDi hari ketiga ini berniat untuk jalan jalan di Jembatan Balerang yang konon katanya salah satu icon kota Batam setelah Nagoya. Tapi ternyata hari ini cuaca tidak bersahabat, seharian hujan dan mendung. Jadi seharian ini tidak kemana mana , semoga besok cuaca lebih bersahabat.

batam hujanMasuk hari keempat ternyata cuaca di Batam semakin tidak bersahabat, hujan turun dari pagi sampai malam. Dan praktis hari ini aktivitas untuk ekplore kota batam batal total. Setelah membaca beberapa artikel di internet, ternyata 2 hari ini merupakan hujan terburuk selama 10 tahun terakhir. Beberapa daerah di Batam juga banjir.

masjid agung batamMasuk hari

kelima saya benar benar merasa hopeless , karena lagi lagi batam mendung total. Tapi mau tidak mau esok hari atau hari ini saya harus pulang  ke Jambi karena lusa sudah masuk kerja. Pagi pagi saya menelpon beberapa biro travel yang menjual tiket kapal Sekupang – Kuala Tungkal. Tapi lagi lagi saya salah waktu hari ini dan besok adalah tanggal ganjil (31 Januari dan 1 Ferbuari) jadi tidak ada kapal berangkat. Jadi pilihan satu-satunya adalah pesawat, tapi lagi2 beberapa maskapai yang menyediakan penerbangan Batam – Jambi sudah fully booked. OMG.. saya baru ingat ternyata minggu ini ada libur imlek. Akhirnya setelah hunting kemana mana dapatlah tiket pesawat dengan harga lumayan tinggi. Karena hari ini , hari terakhir di Batam saya memaksa buat jalan walaupun cuaca masih mendung dan hujan rintik rintik. Spot Tujuan hari ini adalah kawasan pusat kota Batam Center. Seharian saya berputar putar di kawasan Batam Center mulai dari mall, pelabuhan Feri dan ketika hujan sedikit reda saya mencoba berjalan ke arah masjid Agung untuk hunting beberapa gambar.pelabuhan feri internasional batam
kota batam


Tepat pukul 08:00 saya bergegas ke Bandara Hang Nadim. Bukannya takut telat tapi sengaja ingin menikmati pemandangan menuju bandara, meskipun sepanjang jalan di Bandara hanya tampak beberapa perumahan dan hutan kota. Jam sembilan kurang sampau di Bandara Hang Nadim, berrarti masih ada waktu satu jam lebih buat berkeliling bandara. Sempat tergoda dengan beberapa spot dan cuaca cerah untuk mengabadikannya. Setelah lelah berkeliling serta lelah dengan tawaran tukang ojek dan  taxi, akhirnya saya memutuskan buat check in. Bandara Hang Nadim cukup besar dibandingkan bandara di Sultan Taha , Jambi atau Branti di Lampung. Rasanya perjalanan kali ini belum memuaskan saya . Ada keinginan untuk kembali ke Batam mengunjungi Jembatan Balerang dan Camp bekas Pengungsian Vietnam

batam dari atasSetelah melewati penerbangan sekitar 40 menit , akhirnya saya sampai di Jambi. Rasa kekecewaan tidak bisa menjelajah Batam agak sedikit terhibur dengan cuaca cerah hari ini. Dari pesawat saya mendapatkan beberapa gambar Batam dari udara dengan awan dan birunya langit. Selamat Tinggal Batam…. I’ll Back….

35 thoughts on “ke Batam via Kuala Tungkal…

  1. makasih banget mas, atas postingannya.
    ane tinggal di sg sekarang and mau pulang k jambi, tapi tiket pesawat mahal bnget sekarang.
    hitung2 bwt bwt latian backpack, ane rencana pulang besok. info ttg ferinya sangt membantu.

    • sama-sama mas…, emang kalo high season (liburan anak sekolah) gini tiket pesawat luar biasa mahalnya… tapi musti diinget mas jadwal kapalnya krn tidak tiap hari

  2. wah…
    Thanks bngt ne infony…
    W asli jogja, tinggl di lampung cukup lama n posi2 skr lg di jambi ad urusan krjaan..
    Rencanany ce mau ke batam itung2 ngebolang lah pngen brngkt pke via laut. Tp mental kurang lok brngkt sndri.
    U ad rencana mau kebatam age gx?
    Lok kirna ad rncana inbox fb w y..
    Brngkt ber2 kt..
    Cri aj erwan syahriel devgan, yg pny nama it cm 1 koq..
    Ok.
    W tngg lho inbokny..

  3. nice info bang.. sy punya rencana ke batam via laut. sblumnya pernah ke batam via udara. jd pengen irit juga via laut..hihi. tapi dnger ada pemeriksaan di sekupang jd ngeri juga ya,,klo di bandara kan ga ada pemeriksaan sgala…(%$#@!!$%$)

  4. kalo dari tungkal, apakah kapal berangkat setiap hari? jam berapa saja?
    trus dari batamnya ada setiap hari jg kah? maklum mw ad trip dalam wktu dekat.

  5. makasih ya,,,td nya emang rencana mau plg ke Tg,pinang( 45mnt dr batam) via tungkal, ternyata lama juga ya,, trus hrgnya gk beda jauh lg,,, untung blm nyampetungkal, gak jadi ahhhh,,,,,,, pesawat ajadeh,,,,, thank’sloh,,,,,

  6. makasih ud share pengalamannya,,,
    krna aq sempat takut naek kapal k batam,,
    tanggal 26 mau k batam via tungkal,,,
    tiketnya bli dmna y??
    ad yg langsung dr jambi ga??
    tolong infonya dunk,,,
    makasih..

  7. Bang, tq buat posting nya, kbtulan ibu bpk mau ke btam via tungkal, tau jadwalnya gk ? Trus msuk batamnya hrus blng apa klo sy jmpt, minta tips nya dong, mklm orang tua, bs bntu tolong sharing ke saya bang

    • kalo jadwal kapal saya ga tahu…
      kalo mau jemput langsung aja masuk pelabuhan nanti bilang dengan petugas mau jempuut ortu namanya sapa…
      biasanya penjemput bisa masuk

  8. Iya anak2 minta liburnya mendadak tiket pswt selangit harganya, kalo gitu mending pikir2 dl ya hehehe.kmrn sy tgl d btm lm.ternyata batam memiliki pesana luar biasa, membuat kita sll ingin kesana.mksih ya infonya :-)

  9. bro n sis.. ada lg caranya klo mo ke batam dari kuala tungkal ato tungkal ke batam yang lebih hemat…. tinggal datang aja ke pelabuhan2 di tungkal nanti numpang aja klo ada kapal barang yang mau ke batam… begitu juga sebaliknya. hemat biaya..!! klo dari batam biasanya sandar di punggur.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s