Pesona Sungai Batanghari

Siapa yang tidak pernah mengenal sungai Batanghari, merupakan sungai terbesar di pulau sumatra. Walaupun IPS bukanlah pelajaran yang saya sukai ketika SD, tapi saya sempat mendengar sayup sayup (sambil tidur) informasi ini. Apalagi hampir setahun belakangan ini saya menetap yang tidak tetap (semi nomaden) di propinsi Jambi yang dilalui sungai Batanghari.

Bagi saya yang lebih banyak tinggal di daerah pantai dan pegunungan, kehidupan DAS (daerah aliran sungai) adalah sesuatu yang unik. Banyak hal yang membuat saya tercengang dan tersenyum , salah satunya adalah aktivitas masyarakat.  Di salah satu pinggir sungai Batanghari terdapat sebuah Mall dan orang orang yang ada di seberang sungai harus naik perahu jika ingin mengunjungi Mall. Rasanya aneh saja, jika di kota kota besar lain orang yang ingin mengunjungi Mall biasanya naik taksi tapi di kota ini orang yang ingin mengunjung mall naik perahu sampan atau ketek. Jadi lumrah saja jika di beberapa belakang bagian mall disediakan deramaga kecil di mana perahu kecil menunggu sang penumpang.

Ada satu spot yang menjadi salah satu icon kota Jambi. Jika di jakarta orang mengenal ancol sebagai salah satu tempat wisata yang ada di daerah pantai utara. Beda dengan halnya di Jambi, di sini Ancol adalah satu spot di daerah pinggiran sungai Batanghari. Di mana menjadi tempat wisata atau sekedar duduk menikmati indahnya sungai Batanghari dengan ditemani panganan kecil. Panganan wajib yang harus anda nikmati adalah jagung bakar dan es tebu. Rasanya tidak susah mencari dua panganan ini di Ancol karena berderet para pedagang yang menyediakan jajanan. Jika anda mengginginkan suasana yang lebih romantis, malam hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati sungai Batanghari dengan hiasan lampu kelap kelipnya.

Sunset di tepi sungai Batanghari tak kalah indahnya dengan sunset di tepi pantai atau laut. Namun anda harus pandai pandai memilih lokasi untuk melihat sang surya terbenam. Setelah mengelilingi daerah ancol dan sekitarnya, ternyata tempat yang paling indah untuk menikmati sunset berada di bagian barat WTC Batanghari. Tepatnya ke arah pasar Angso Duo.

About Danan Wahyu Sumirat

pekerja teknik yang konon tidak berjiwa teknik | pecinta seni dan hobi berceloteh di souncloud | menyukai broadcasting , jurnalistik dan fotografi | sekarang senang membuat video clip jalan-jalan indie bertajuk "jalan2cuap2"

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.102 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: